Makalah Manajemen Strategi Analisis Strategi Apple.Inc

 

TUGAS MANAJEMEN STRATEGI

ANALISIS STRATEGI APPLE.INC

DISUSUN OLEH:

Kelompok I

Manajemen A

NIM

NAMA LENGKAP

 

90200114112

Khairil Anwar

90200117010

Musdayanti

90200117020

Ian Kurniawan. A

90200117028

Fadhila Sildano

90200117038

Idma Nurul Shita Idris

 

DOSEN PENGAMPU:

Dr. Hj. Rika Dwi Ayu Parmitasari, S.E, M. Comm.

 

JURUSAN MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

TAHUN AKADEMIK 2020/2021

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

            Alhamdulillahirabbil’alamin, syukur kami curahkan kepada sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Allah SWT. serta kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW. karena atas berkat rahmat, hidayah, petunjuk Nya lah sehingga kami dapat membuat, menyusun, dan menyelesaikan makalah ini dengan judul Analisis Strategi Apple.Inc.

            Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas akhir dari mata kuliah Manajemen Strategi yang berisi tentang hasil analisis dan penilaian kelompok kami terhadap strategi yang perlu dilakukan oleh perusahaan Apple.Inc. Tentu kami mengharapkan adanya manfaat dari makalah ini baik kepada penulis, pembaca, dan semua pihak yang terlibat.

            Kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Manajemen Strategi, Ibu Dr. Hj. Rika Dwi Ayu Parmitasari, S.E, M. Comm. yang telah memberikan tugas ini sebagai salah satu proses  perkuliahan tersebut sekaligus menjadi tambahan wawasan bagi kami. Terima kasih pula kepada teman-teman kelompok 1 Manajemen Strategi atas kerja samanya sehingga bisa mencapai pada titik puncak perkuliahan ini. Juga kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang  terlibat dan membantu penyelesaian makalah ini.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

                                                                                    Makassar, November 2020

 

                                                                                                 Penulis

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL……………………………………………………....

i

KATA PENGANTAR…………………………………………………….

ii

DAFTA ISI……………………………………………………..……….....

iii

BAB I PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Masalah…………………………………….……....

4

B.    Rumusan Masalah………………………………………………......

4

C.    Tujuan Penulisan…………………….……………………………..

4

BAB II GAMBARAN PERUSAHAAN

 

A.    Gambaran Umum Apple.Inc………………………………………..

5

B.    Struktur Organisasi Apple.Inc……………………….……………..

6

C.    Visi Misi Apple.Inc…………………………………………………

6

D.    Apple Era Steve Jobs Dan Tim Cook………………………………

10

E.     Kepemilika…………………………………………………………

11

F.     Produk……………………………………………………………...

12

BAB III ANALISIS MISI APPLE.INC

 

A.    Analisis Misi Apple.Inc……………………………………………

20

BAB IV ANALISIS TAHAP INPUT APPLE.INC

 

A.    Matriks EFE………………………………………………………...

23

B.    Matriks CPM……………………………………………………….

24

C.    Matrix IFE………………………………………………………….

25

BAB V ANALISIS TAHAP PENCOCOKAN APPLE.INC

 

A.    Matriks SWOT……………………………………………………..

27

B.    Matriks SPACE…………………………………………………….

31

C.    Matriks IE…………………………………………………………..

32

BAB VI ANALISIS TAHAP KEPUTUSAN APPLE.INC

 

A.    Matriks QSPM……………………………………………………...

33

BAB VII PENUTUP

 

A.    Kesimpulan…………………………………………………............

36

B.    Saran………………………………………………………………..

36

DAFTAR PUSTAKA

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Pada masa sekarang ini perkembangan telekomunikasi berkembang sangat pesat. Bahkan dimasa pandemic covid-19 telah berkembang berbagai macam fasilitas telekomunikasi agar pengguna dapat melakukan komunikasi melalui suara, data, grafik/gambar bahkan melalui video untuk melakukan pertemuan tatap muka secara virtual. Kebutuhan akan komunikasi grafik, gambar dan video memerlukan kecepatan data yang semakin tinggi sehingga harus didukung oleh system tang lebih canggih agar dapat memberikan kualitas layanan yang lebih baik.

Penggunaan perangkat seluler dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan oleh berbagai elemen masyarakat maupun dalam bidang usaha untuk berbagai kebutuhan yang disesuaikan, baik guna meningkatakan produktivitas ataupun sebagai sarana bertukar data dan akses informasi maupun sarana hiburan lainnya yang cukup lengkap. Seakan tidak dapat lepas akan kebutuhan komunikasi, seluler dan komponennya semakin berkembang dan menawaarkan berbagai macam fitur-fitur canggiih yang kadang kala bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja.

Memiliki ponsel pintar bagi sebagian kalangan orang menjadi suatu tolak ukur dalam melihat tingkat pengetahuan seseorang bahkan ada juga yang menjadikan hal tersebut sebagai pembanding kekayaan antara satu orang dengan orang yang lain. Banyak bendor gadget berlomba memasarkan produk ciptaan mereka untuk dapat menunjukkan siapa yang lebih unggul diantaranya. Salah satu perusahaan ponsel pintar yang menguasai pasar smartphone dunia itu adalah Apple.Inch dengan produk andalannya yaitu iPhone yang hadir menggunakan teknologi yang terus berkembang serta desain yang semakin mengikuti keinginan konsumen

Produk Apple ini juga telah termasuk kedalam perangkat seluler yang berkelas sehingga banyak orang yang berfikir ingin memiliki satu dar produk yang perussahaan Apple luncurkan akan tetapi banyak pula orang yang tidak mampu karena mengingat Apple mematok harga yang terbilang cukup fantastic untuk setiap produknya, walau demikian Apple pun masih mampu mengungguli pasar produksi dan penjualan smartphone di dunia dan tercatat pada tahun 2012 Apple menjadi Top Brand untuk kelas smartphome. Walaupun telah mampu menguasai pasar, tentu mereka harus mengikuti perkembangan. Terlebih jika perkembangan pesaing lebih di depan Apple.

 

B.    RUMUSAN MASALAH

1.     Apakah Misi Apple.Inc telah memenuhi komponen pernyataan misi?

2.     Bagaimana kondisi Apple.Inc secara internal dan eksternal?

3.     Bagaimana kompetisi perusahaan Apple.Inc dengan para pesaingnya?

4.     Bagaimana analisis tahap pencocokan Apple.Inc dengan menggunakan matriks SWOT, SPACE, dan IE?

5.     Apa strategi yang perlu diambil oleh Apple.Inc dalam menghadapi para pesaingnya?

 

C.    TUJUAN PENULISAN

1.     Mengetahui komponen yang telah dipenuhi dalam misi Apple.Inc.

2.     Mengetahui kondisi Apple.Inc secara internal dan eksternal.

3.     Mengetahui posisi perusahaan Apple.Inc di antara para pesaingnya.

4.     Mengetahui analisis tahap pencocokan Apple.Inc dengan menggunakan matriks SWOT, SPACE, dan IE.

5.     Mengetahui strategi yang perlu diambil oleh Apple.Inc dalam menghadapi para pesaingnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

GAMBARAN PERUSAHAAN

 

A.    GAMBARAN UMUM APPLE.INC

 

Apple Inc merupakan perusahaan teknologi yang sudah mempunyai nama besar di pasar industri di dunia. Apple Inc ini adalah perusahaan yang berbentuk multinasional berbasis di Cupertino, California, Silicon Valley yang bergerak dalam bidang merancang, mengembangkan, serta menjual barang elektronik, perangkat lunak komputer, dan juga layanan daring. Ada beberapa perangkat keras yang diproduksi oleh Apple seperti smartphone  iPhone, komputer tablet iPad, laptop Mac, pemutar media portabel iPod, Apple Watch, pemutar media digital Apple TV, dan HomePod (Pengeras suara pintar). Adapun beberapa perangkat lunak yang diproduksi oleh Apple seperti sistem operasi macOS dan iOS, pemutar media iTunes, penjelajah web Safari, dan perangkat kreativitas dan produktivitas iLife dan iWork, serta berbagai aplikasi profesional seperti Final Cut Pro, Logic Pro, dan Xcode. Sedangkan terdapat pula layanan daring seperti iTunes Store, iOS App Store dan Mac App Store, Apple Music, dan iCloud.

Apple didirikan pada tahun 1976  oleh  3 (tiga) orang yang bermaksud untuk menjual serta mengembangkan komputer pribadi (Apple I) buatan wozniak, Ketiganya yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Perusahaan dengan nama Apple Computer, Inc. resmi didirikan pada bulan Januari 1977. Pada mulanya, penggunaan nama “Apple” terinspirasi dari sebuah kisah nyata “Newton dengan sebuah apel yang jatuh di kepalanya”. Oleh sebab itu, dalam sebuah perusahaan Apple yang merupakan logo aslinya adalah Newton yang duduk di bawah pohon. Namun pada tahun 1977, menurut Jobs ia merasa bahwa logo tersebut terlalu sulit untuk diingat karena bentuknya terlalu mendetail. Karena itulah ia Kembali mendesain logo Apple menjadi sebuah apel yang digigit dan di dalamnya diisi dengan warna Pelangi yang tidak teratur. Makna dalam logo baru tersebut ialah bahwa dengan gigitan dibagian kanan pada apel tersebut untuk menunjukkan bahwa apel tersebut tidak berwarna oranye saja, tetapi warna Pelangi yang melambangkan filosofi bisnis Apple yaitu “Out Of Standard Rules” yang artinya Perusahaan Apple memiliki kebebasan dan keberanian untuk terus merevolusi dan berinovasi dalam teknologi. Kemudian pada akhirnya Jobs memutuskan untuk mengganti Kembali warna logo Apple dengan lebih sederhana dan minimalis.

Pertumbuhan perusahaan ini ditandai dengan penjualan komputer-komputernya, termasuk  juga Apple II. Selanjutnya, Jobs dan Wozniak mempekerjakan berbagai perancang komputer serta memiliki lini produksi dalam kurun beberapa tahun,. Kemudian di tahun 1980 Apple akhirnya menjadi  sebuah perusahaan terbuka dan memperoleh laba yang jumlahnya sangat besar. Dan di tahun-tahun berikutnya, Apple Kembali memproduksi berbagai jenis komputer baru yang mempunyai antarmuka pengguna grafis inovatif seperti Macintosh pertama pada tahun 1984. Menariknya, ternyata iklan-iklan Apple menuai banyak pujian. Tetapi, dari segi harga produk yang mahal dan jumlah perangkat lunak yang sedikit ini yang menimbulkan perpecahan diantara para petinggi perusahaan. Wozniak memutuskan untuk keluar dari Apple Pada tahun 1985, Jobs juga mengundurkan diri dengan membawa serta Sebagian dari karyawan Apple kemudian ia mendirikan perusahaan baru di tahun berikutnya, yaitu NeXT.

Dengan berkembangnya pasar komputer pribadi, membuat angka penjualan komputer dari Apple mengalami penurunan yang diakibatkan harga produk yang lebih murah oleh para pesaingnya, terlebih lagi dengan komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Petinggi-petinggi Apple terus mengalami perombakan hingga pada tahun 1997 CEO Gil Amelio memutuskan untuk membeli NeXT serta mengajak Jobs untuk Kembali bergabung dengan Apple. Akhirnya, Jobs kembali menjadi pemimimpin Apple dan dijadikan sebagai CEO. Tak berlangsung lama, ia kemudian kembali untuk mulai membangun Apple dengan pembukaan toko ritel pada tahun 2001, ia juga mengakuisisi berbagai perusahaan perangkat lunak guna membangun portofolio perangkat lunak Apple, serta mengganti sebagian perangkat keras yang dipakai pada komputer-komputernya. Pada Januari 2007, Apple Kembali meraih kesuksesan dan memperoleh keuntungan besar. Jobs kemudian mengumumkan pergantian nama dari Apple Computer, Inc. menjadi Apple Inc. Selanjutnya, ia meluncurkan iPhone yang merupakan sebuah smartphone untuk mencerminkan peralihan fokus perusahaan ke produk elektronik konsumen yang menuai banyak pujian dan terjual laris dipasaran. Jobs mundur dari jabatannya sebagai CEO Pada Agustus 2011, dikarenakan masalah pada kesehatannya yang digantikan oleh Tim Cook. Dua bulan berjalan, Jobs dikabarkan meninggal dunia. Kematiannya menjadi awal mula era baru bagi Apple Inc.

Pada tahun fiskal 2017, pendapatan tahunan global Apple Inc mencapai $229 miliar. Menurut pendapatan dan produsen telepon genggam terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Huawei, Apple merupakan perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia. Apple menjadi perusahaan terbuka A.S. pertama pada Agustus 2018,  yang nilainya di atas dari US$1 triliun. Perusahaan ini memiliki pekerja sebanyak 123.000 orang karyawan purnawaktu serta mempunyai 504 toko ritel yang tersebar di 24 negara per 2018. Lebih dari 1,3 miliar produk Apple digunakan secara aktif per januari 2018 di seluruh dunia. Apple mengoperasikan iTunes Store, sebagai penjual music yang terbesar di dunia. Dengan berkali-kali mendapatkan gelar “Merek paling bernilai di dunia”, perusahaan ini berhasil memiliki banyak pelanggan dengan kesetiaan merek yang sangat tinggi sebagai salah satu pemicunya. Tetapi, Apple menuai berbagai kritikan atas praktik tenaga kerja dari para kontraktornya, dampak terhadap lingkungan dan praktik bisnisnya, termasuk juga sikap anti-persaingan, serta sumber bahan-bahan produknya.

 

B.    STRUKTUR ORGANISASI APPLE.INC

Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Pada Perusahaan Multi Nasional (Apple  Inc.) – #satupsikologi  

C.    VISI MISI APPLE .INC

Visi

An Apple at every desk

Ada Apel di setiap Meja

Misi

Apple ingnited the personal computer revolution in the 1970s with the Apple II and reinvented the personal computer in the 1980s with the Macintosh. Apple is committed to bringing the best personal computiing experience to students, educators, creative professionals and consumers around the world through it’s innovative hardware, software and internet offerings.

Apple memicu revolusi komputer pribadi pada 1970-an dengan Apple II dan menciptakan kembali komputer pribadi pada 1980-an dengan Macintosh. Apple berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman komputasi pribadi terbaik bagi siswa, pendidik, profesional kreatif, dan konsumen di seluruh dunia melalui penawaran perangkat keras, perangkat lunak, dan internet yang inovatif.

D.    APPLE ERA STEVE JOBS DAN TIM COOK

Steve Jobs adalah salah seorang tokoh yang paling penting dalam sejarah Apple, dan bahkan Steve Jobs termasuk dalam sejarah teknologi dunia. Yang membangun Apple bersama sahabatnya, Steve Wozniak,dan kini Apple sudah berhasil menjadi perusahaan yang besar. Dan tak heran, ketika beliau meninggal dunia pada 5 Oktober 2011, dimana seluruh orang yang berkecimpung di dunia IT turut berbela sungkawa.

Tim Cook yang didapuk sebagai penggantinya kini yang memegang pucuk kekuasaan Apple hingga sekarang. Ditunjuknya Tim Cook ini sebenarnya bukan suatu kejutan, karena Tim Cook beberapa kali menggantikan peran Jobs sebagai CEO sementara ketika Jobs sedang dalam pemulihan kesehatan.

Dan saat ini, Apple di bawahi oleh pimpinan Tim Cook yang suduah berlangsung beberapa tahun. Dan tentu saja waktu yang cukup untuk melihat perubahan apa saja yang ada pada diri Apple jika dibandingkan ketika masih ada Steve Jobs.

Ada pual yang menilai jika Cook adalah orang yang sangat tepat karena tangan dinginnya dan Jobs telah terbukti mampu menyelamatkan keuangan Apple saat krisis beberapa tahun lalu. Namun ada pula  yang mengatakan bahwa Cook telah mengkhianati Jobs, misalnya dengan mengenalkan stylus Apple Pencil, aksesori yang dibenci Jobs semasa hidup.

Ada pula sumber lain mengatakan, bahwa Tim Cookadalah tim lebih disukai daripada Jobs maka dalam hal kepemimpinan, dan pada masa Jobs memimpin banyak dari kaeyawannya yang merasa tertekan dalam bekerja, mungkin karena sifat dan karakter Jobs yang keras dan selalu menginginkan kesempurnaan dalam sebuah karya. Terdapat beberapa perbandingan Apple.Inc saat dipimpin oleh Tim Cook lebih baik dari Steve Jobs yaitu:

1.     Kunjungi pemasok komponen Apple di China

Masalah buruknya kondisi kerja di pabrik yang memasok komponen-komponen Apple di China, Foxconn, menjadi sorotan banyak pihak. Dimana Tim Cook ternyata tak mau tinggal diam. Dan tak lama setelah situs berita New York Times menerbitkan artikel yang mengekspos jumlah bayaran pekerja yang memproduksi perangkat Apple, Cook pergi ke China untuk mengunjungi pabrik tersebut. Steve Jobs dikabarkan tidak pernah menginjakkan kakinya di pabrik China.

2.     Lebih disenangi karyawan

Karyawan Apple yang dimana didalamnya berjumlah puluhan ribu orang yang mungkin tidak bisa lagi ditanyai satu persatu mengenai pendapatnya tentang pimpinan mereka. Namun ada beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa para karyawan tampak lebih bersemangat atau lebih bahagia di bawah kepemimpinan Cook daripada Steve Jobs.

3.     Aktif di kegiatan sosial

Steve Jobs memang mempunyai banyak inovasi di otaknya yang brilian, namun pada kegiatan amal tampaknya tak menjadi salah satu bagian dari Jobs. Namun seminggu setelahTim Cook yang memimpin Apple sebagai CEO baru, dimana beliau memulai program sumbangan amalnya yang dimana dollar-for-dollar untuk organisasi nirlaba. Dan di bawah kepemimpinan Cook, dimana  Apple juga telah menyerahkan $ 50 juta untuk rumah sakit Stanford. Tetapi sebaliknya, Jobs secara personal tidak punya rekaman publik apapun mengenai kegiatan sosial.

4.     Berhasil mendongkrak nilai perusahaan

Adapun hal yang sangat penting bagi para investor yaitu harga saham. Dalam waktu satu tahun, yang dimana Cook berhasil membuat Apple 77% lebih kaya. Pada hari pertama, saham Apple diperdagangkan seharga $ 376, setelah itu sempat melambung di angka $ 667. Jobs memang kaya akan inovasi, namun Cook mampu memandu perusahaan memiliki harga lebih tinggi.

Diluar dari penilaian tersebut, Jobs dan Cook sebenarnya memiliki karakter masing-masing, terutama dalam memimpin perusahaan besar.

 

E.    KEPEMILIKAN

Apple Inc. adalah perusahaan milik bersama yang terdaftar di SEC. Per 20 Juli 2018, perusahaan ini memiliki 4.829.926.000 lembar saham yang diperdagangkan. Sebagian besar saham ini dipegang oleh investor berbentuk lembaga.

1.      7.21% (348,468,032): The Vanguard Group, Inc.

2.      6.62% (319,715,585): BlackRock Inc.

3.      5.22% (251,955,877): Berkshire Hathaway, Inc.

4.      4.32% (208,739,070): State Street Corporation

5.      2.52% (121,724,426): FMR, LLC

6.      2.24% (108,093,912): Vanguard Total Stock Market Index Fund

7.      1.71% (82,373,427): Vanguard 500 Index Fund

8.      1.5% (72,476,069): T. Rowe Price Associates Inc.

9.      1.36% (65,684,289): Northern Trust Corporation

10.   1.35% (65,251,364): SPDR S&P 500 ETF Trust

11.   1.18% (57,205,596): Vanguard Institutional Index Fund-Institutional Index Fund

12.   1.17% (56,447,158): Geode Capital Management, LLC

13.   1.1% (53,301,694): Bank of New York Mellon Corporation

14.   1.07% (51,621,255): JP Morgan Chase and Co.

 

F.     PRODUK

1.     Mac

Produksi mac yang masih ada antara lain yaitu Komputer meja yang telah diluncurkan sejak 1998 dengan sebutan iMac; lalu pada tahun 2005 produksi Mac Mini yang merupakan komputer sub-meja; tahun 2006 Apple meluncurkan MacBook yang merupakan laptop tipis dan MacBook Pro yang merupakan laptop profesional, pada tahun ini Apple juga mulai memproduksi Mac Pro yang merupakan komputer meja multi layar; MacBook Air diluncurkan tahun 2008 yang merupakan laptop untuk konsumen dengan body yang ultra portabel dan ultra tipis. Tak hanya itu, Apple juga menjual beberapa aksesori yang digunakan untuk komputer Mac misalnya seperti Magic Mouse, Magic Keyboard, AirPort, dll.

2.     iPod

Apple meluncurkan pemutar musik digital iPod pada 23 Oktober 2011. Hampir setiap tahun model baru diluncurkan. Kini iPod menjadi perangkat pemutar musik portabel yang laris di pasar dengan lebih dari 350 juta unit terjual per bulan September 2012. Apple pun juga melakukan kolaborasi dengan Nike+iPod Sports Kit yang  mampu memberi fitur pengawasan aktivitas pengguna melalui iTunes dan situs web NiKE+. Dan pada tahun 2017 bulan Juli, Apple telah menutup lini produk iPod Nano dan iPod shuffle, kemudian memproduksi iPod touch.

 

3.     iPhone

Bulan Januari 2007 di Macworld Conference & Expo , Steve Jobs meluncurkan produk iPhone, perpaduan telepon pintar berjaringan Internet dengan iPod. iPhone generasi pertama dirilis tanggal 29 Juni 2007 seharga $499 (4 GB) dan $599 (8 GB) bekerja sama dengan AT&T. Pada tanggal 5 Februari 2008, kapasitas penyimpanannya diperbesar menjadi 16 GB. iPhone menggabungkan telepon seluler GSM empat pita 2.5G dan EDGE dengan fitur-fitur perangkat genggam. Produk ini menggunakan sistem operasi Mac OS X Apple yang lebih ramping (dijuluki iPhone OS, kelak diberi nama resmi iOS) lengkap dengan berbagai aplikasi Mac OS X seperti Safari dan Mail. Produk ini juga menyertakan aplikasi berbasis web dan Dashboard seperti Google Maps dan Weather. iPhone memiliki layar sentuh sebesar 3,5-inci (89 mm), Bluetooth, dan Wi-Fi ("b" dan "g").

Versi kedua, iPhone 3G, dirilis tanggal 11 Juli 2008 dengan harga yang lebih murah, $199 untuk versi 8 GB dan $299 untuk versi 16 GB. Versi ini dilengkapi jaringan 3G dan navigasi GPS berpemandu. Bagian belakang model pertama yang datar dan perak serta antena yang besar digantikan oleh bagian belakang kaca lengkung hitam atau putih. Perangkat lunaknya diperbarui dengan menambahkan App Store, tempat mengunduh aplikasi khusus iPhone. Pada 24 April 2009, aplikasi-aplikasi di App Store[21] telah diunduh satu miliar kali.[22] Tanggal 8 Juni 2009, Apple meluncurkan iPhone 3GS. Apple memutakhirkan telepon ini secara perlahan dengan menambahkan komponen internal yang lebih kencang, jaringan 3G, perekaman video, dan kendali suara.

Di Worldwide Developers Conference (WWDC) tanggal 7 Juni 2010, Apple meluncurkan iPhone 4 dengan bentuk yang berbeda.[23] It featured a 960 × 640 display, prosesor Apple A4giroskop untuk bermain, kamera 5MP dengan kilatan LED, kamera depan VGA dan panggilan video FaceTime. Tidak lama setelah dirilis, konsumen mengeluhkan penerimaan sinyal karena telepon ini berkerangka baja antikarat yang juga berfungsi sebagai antena sinyal seluler dan Wi-Fi. Apple menyelesaikan masalah ini dengan membagikan "Bumper Case" secara gratis kepada semua pengguna selama beberapa bulan. Pada Juni 2011, Apple mengalahkan Nokia sebagai produsen telepon pintar terbesar di dunia menurut volume penjualan.[24] Pada 4 Oktober 2011, Apple memperkenalkan iPhone 4S yang kemudian dirilis tanggal 14 Oktober 2011.[25] iPhone 4S menggunakan prosesor Apple A5 dan teknologi asisten suara Siri, perusahaan yang diakuisisi Apple tahun 2010.[26] Produk ini juga memiliki kamera 8 MP dengan lensa baru. Apple memperkenalkan fitur aksesibilitas baru bernama Made for iPhone Hearing Aids di iPhone 4S.[27] Made for iPhone Hearing Aids memiliki fitur Live Listen untuk membantu pengguna mendengar percakapan di ruangan yang ribut atau mendengar orang yang berbicara di ujung ruangan.[28] Apple menjual 4 juta iPhone 4S dalam tiga hari pertama setelah diluncurkan.

 Pada tanggal 12 September 2012, Apple meluncurkan iPhone 5.[30] Produk ini memiliki layar 4 inci, jaringan 4G LTE, dan cip Apple A6.[31] Dua juta iPhone terjual dalam hari pertama pemesanan awal[32] dan lebih dari lima juta perangkat pelengkap terjual dalam tiga hari pertama setelah diluncurkan.[33] Setelah iPhone 5S dan iPhone 5C diluncurkan, Apple mencetak rekor baru dalam kategori penjualan telepon pintar pekan pertama dengan angka penjualan lebih dari sembilan juta unit dalam tiga hari pertama setelah diluncurkan.[34] iPhone 5S dan 5C menandakan pertama kalinya Apple meluncurkan dua model sekaligus dalam satu acara.[35]

Pada Juli 2013, Apple mengajukan paten yang mengungkapkan pengembangan sistem baterai iPhone baru. Sistem ini menggunakan data lokasi serta kebiasaan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan daya perangkat. Apple sedang mengembangkan sistem manajemen daya yang memungkinkan iPhone memperkirakan seberapa lama pengguna tidak mengisi daya supaya penggunaan daya bisa disesuaikan. Sistem tersebut juga memiliki fungsi pelacakan yang menyesuaikan kecepatan pengisian daya dengan sumber listrik yang digunakan.[36]

Dalam wawancara bulan Maret 2014, desainer Apple Jonathan Ive menjadikan iPhone sebagai bukti tradisi produk berkualitas tinggi dan berdampak positif yang dihasilkan Apple. Ia menjelaskan bahwa produk-produk teleponnya mahal karena penelitian dan pengembangannya sangat intensif. Tanggal 9 September 2014, Apple meluncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dengan layar berukuran lebih dari 4 inci.[38] Satu tahun kemudian, Apple meluncurkan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus dengan teknologi sentuhan 3D baru dan peningkatan kualitas kamera belakang menjadi 12 MP dan kamera depan menjadi 5 MP.[39] Tanggal 21 Maret 2016, Apple memperkenalkan iPhone SE dengan ukuran layar 4 inci seperti 5S dengan perangkat keras internal yang nyaris sama dengan 6S.[40]

Pada Juli 2016, Apple mengumumkan bahwa satu miliar iPhone telah terjual. Tanggal 7 September 2016, Apple meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan sistem dan performa grafis yang lebih canggih, kedap air, sistem kamera ganda belakang baru di 7 Plus, dan melenyapkan lubang pelantang suara 3,5 mm.[43][44]

Pada tanggal 12 September 2017, Apple meluncurkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dengan prosesor yang lebih cepat, teknologi tampilan terbaru, sistem kamera terkini, dan pengisian daya nirkabel.[45] Apple juga meluncurkan iPhone X dengan perangkat lunak yang jauh lebih mutakhir daripada model iPhone sebelumnya, mengganti tombol fisik dengan teknologi pengenalan wajah, dan berbentuk nyaris tanpa bezel dengan pengisian daya nirkabel.

 Pada tanggal 12 September 2018, Apple meluncurkan iPhone XSiPhone XS Max, dan iPhone XR. iPhone XS dan iPhone XS Max memiliki layar Super Retina, sistem kamera ganda yang lebih kencang dan canggih dengan pemrosesan foto dan video terbaru, cip 7 nanometer — cip A12 Bionic dengan kecerdasan buatan terbaru — pengenalan wajah (Face ID) yang lebih cepat, jangkauan suara stereo yang lebih luas, dan SIM ganda. iPhone XR dilapisi kaca menyeluruh dengan kerangka aluminium dan dilengkapi layar LCD Liquid retina 6,1 inci, cip A12 Bionic dengan kecerdasan buatan gerbaru, sistem kamera TrueDepth, Face ID, dan sistem kamera canggih yang menghasilkan foto dramatis menggunakan lensa kamera tunggal.

 

4.     iPad

Pada tanggal 27 Januari 2010, Apple meluncurkan komputer tablet yang sangat ditunggu-tunggu publik, iPad.[50][51] iPad memiliki interaksi multisentuh dengan dukungan format multimedia seperti koran, buku elektronik, foto, video, musik, dokumen pemrosesan kata, permainan video, dan sebagian besar aplikasi iPhone di layar 9,7 inci.[52] Produk ini juga menggunakan Safari untuk penjelajahan web dan dilengkapi App Store, iTunes Library, iBookstore, Contacts, dan Notes. Isi perangkat dapat diunduh melalui Wi-Fi dan jaringan 3G atau disinkronisasi dengan komputer pengguna.[53] Saat itu, AT&T menjadi penyedia jaringan 3G tunggal untuk iPad di Amerika Serikat.[54]

Pada tanggal 2 Maret 2011, Apple memperkenalkan iPad 2 dengan prosesor yang lebih kencang dan kamera di depan dan belakang. Produk ini juga mendukung jaringan 3G dari Verizon dan AT&T.[55] Ketersediaan iPad 2 awalnya dibatasi akibat gempa bumi dan tsunami di Jepang bulan Maret 2011.[56]

iPad generasi ketiga dirilis tanggal 7 Maret 2012 dengan julukan "the new iPad". iPad versi ini dapat menerima jaringan LTE dari AT&T atau Verizon, prosesor A5X terbaru, dan layar Retina. Dimensi dan faktor bentuknya cenderung tidak berubah, tetapi sedikit lebih tebal dan berat daripada versi sebelumnya dengan sedikit perubahan posisi.[57]

Pada tanggal 23 Oktober 2012, iPad generasi keempat diluncurkan dan diberi julukan "iPad with Retina display". iPad ini mengandung prosesor A6X terbaru dan mengganti lubang kabel 30-pin dengan kabel penghubung Lightning.[58] iPad Mini juga diperkenalkan dengan layar 7,9 inci dan spesifikasi internal yang kurang lebih sama seperti iPad 2.[59]

Tanggal 22 Oktober 2013, Apple memperkenalkan iPad Air dan iPad Mini dengan Retina Display dan prosesor Apple A7 64-bit baru.[60] iPad Air 2 diluncurkan tanggal 16 Oktober 2014 dengan pemrosesan pusat dan grafis baru dan mode multifoto serentak (burst mode). iPad Mini 3 juga diluncurkan pada hari yang sama.[60]

Sejak diluncurkan, pengguna iPad telah mengunduh lebih dari tiga miliar aplikasi. Per Juni 2015, aplikasi di App Store telah diunduh lebih dari 100 miliar kali.[61] Pada tanggal 9 September 2015, Apple memperkenalkan iPad Pro, iPad dengan layar 12,9 inci dilengkapi dua aksesori baru, Smart Keyboard dan Apple Pencil.[62] iPad Mini 4 versi terbaru juga diluncurkan pada hari itu.[63] iPad Pro 9,7 inci diluncurkan tanggal 21 Maret 2016.[64] Tanggal 5 Juni 2017, Apple mengumumkan iPad Pro baru dengan layar 10,5 inci sebagai pengganti model 9,7 inci dan memperbarui model 12,9 inci.[65]

 

5.     Apple Watch

Apple Watch menjadi perangkat melekat (wearable) terlaris dengan angka penjualan 11,4 juta unit pada paruh pertama 2015, menurut Canalys.  Jam pintar Apple Watch versi pertama diumumkan oleh Tim Cook pada tanggal 9 September 2014 sebagai produk kesehatan dan perekam olahraga.[67][68] Produk ini diluncurkan pada 24 April 2015.

Apple Watch generasi kedua, Apple Watch Series 2, diluncurkan bulan September 2016 dengan kekedapan air yang lebih baik, prosesor yang lebih kencang, dan layar yang lebih cerah. Tanggal 12 September 2017, Apple meluncurkan Apple Watch Series 3 dengan jaringan seluluer LTE sehingga pengguna tidak perlu bergantung pada iPhone[73] kecuali untuk sinkronisasi. Tanggal 12 September 2018, Apple meluncurkan Apple Watch Series 4 dengan layar baru, elektrokardiogram, dan pendeteksi jatuh

 

6.     Apple TV

            Dalam konferensi Macworld tahun 2007, Jobs mendemonstrasikan Apple TV (sebelumnya bernama iTV),[76] perangkat video set-top untuk menjembatani penjualan konten dari iTunes dengan televisi berdefinisi tinggi. Perangkat ini terhubung dengan TV pengguna dan melakukan sinkronisasi lewat Wi-Fi atau kabel dengan pustaka iTunes di komputer dan menyalurkan konten dari empat penyedia konten lain. Apple TV awalnya dilengkapi penyimpanan berkapasitas 40 GB, termasuk lubang kabel HDMI dan video komponen, dan memutar video beresolusi maksimal 720p.[77] Pada 30 Mei 2007, kapasitas penyimpanannya diperbesar menjadi 160 GB.[78] Pemutakhiran perangkat lunak dirilis tanggal 15 Januari 2008 sehingga konten media bisa dibeli langsung dari Apple TV.

Pada September 2009, Apple menghentikan produksi Apple TV 40 GB dan melanjutkan produksi Apple TV 160 GB. Pada 1 September 2010, Apple merilis Apple TV dengan desain baru. Perangkat baru ini berukuran seperempat versi aslinya, lebih tenang, dan menggantikan penyimpanan fisik dengan pemutaran media mengalir dari pustaka iTunes dengan memori cepat 8 GB]] untuk menyimpan singgahan media yang diunduh. Seperti iPad dan iPhone, Apple TV menggunakan prosesor A4. Memorinya sebesar 256 MB, separuh memori iPhone 4 dan sama seperti iPad, iPhone 3GS, iPod Touch generasi ketiga dan keempat.

Sumber keluaran (output) satu-satunya adalah HDMI. Apple TV dilengkapi iTunes Store untuk menyewa film dan acara TV (tidak bisa membeli), pemutaran mengalir dari penyedia video internet seperti YouTube dan Netflix, dan pemutaran media mengalir dari pustaka iTunes. Apple juga menurunkan harganya menjadi $99. Apple TV generasi ketiga diperkenalkan tanggal 7 Maret 2012 dengan fitur-fitur baru seperti resolusi yang lebih tinggi (1080p) dan antarmuka pengguna baru.

Pada 9 September 2015, Apple meluncurkan Apple TV yang jauh berbeda dengan sistem operasi tvOS dan penyimpanan NAND Flash berkapasitas 32GB atau 64GB untuk menyimpan permainan, program, dan singgahan media yang sedang diputar. Peluncuran produk ini juga bertepatan dengan peluncuran Apple TV App Store dan Siri Remote dengan papan sentuhgiroskop, dan mikrofon.

Pada tanggal 12 September 2017, Apple merilis Apple TV 4K dengan faktor bentuk yang sama seperti model generasi keempat. Model 4K diperkuat A10X SoC buatan sendiri yang juga terdapat di iPad Pro generasi kedua. Model 4K mendukung video jangkauan dinamis tinggi (HDR).

 

7.     HomePod

Pengeras suara pintar pertama Apple, HomePod, diluncurkan tanggal 9 Februari 2018 setelah tertunda dua bulan (Desember 2017). Produk ini memiliki 7 tweeter di dasarnya, woofer empat inci di atas, dan enam mikrofon untuk kendali suara dan memaksimalkan akustik[81][82][83] Tanggal 12 September 2018, Apple mengumumkan bahwa HomePod akan dilengkapi fitur-fitur baru—pencarian lirik, multi hitung mundur, panggilan telepon, Find My iPhone, Siri Shortcut—dan Siri dalam berbagai bahasa

 

8.     Perangkat Lunak

Apple Worldwide Developers Conference diadakan setiap tahun oleh Apple untuk memamerkan perangkat lunak dan teknologi terbarunya untuk kalangan pengembang perangkat lunak.

Apple mengembangkan sistem operasinya sendiri untuk semua perangkatnya, termasuk macOS untuk komputer pribadi Mac,[85] iOS untuk telepon pintar dan tablet iPhone, iPad dan iPod Touch,[86] watchOS untuk jam pintar Apple Watch,[87] dan tvOS untuk pemutar media digital Apple TV.[88]

Untuk iOS dan macOS, Apple juga mengembangkan perangkat lunaknya sendiri, termasuk Pages untuk menulis, Numbers untuk pemrosesan angka, dan Keynote untuk presentasi, sebagai bagian dari produk produktivitas iWork.[89] Untuk macOS, Apple juga menyediakan iMovie dan Final Cut Pro X untuk penyuntingan video,[90] dan GarageBand dan Logic Pro X untuk membuat musik.[91]

Lini perangkat lunak server Apple meliputi sistem operasi macOS Server;[92] Apple Remote Desktop, aplikasi manajemen sistem jarak jauh;[93] dan Xsan, sistem berkas jaringan wilayah penyimpanan.[92]

Apple juga menawarkan layanan penyimpanan daring bernama iCloud. iCloud menyediakan penyimpanan daring dan sinkronisasi data pengguna seperti dokumen, foto, musik, cadangan perangkat, dan data aplikasi.[94] Apple juga memiliki Apple Musiclayanan pemutaran mengalir (streaming) musik dan video.

 

9.     Kendaraan Listrik

Menurut Sydney Morning Herald, Apple ingin memproduksi mobil listrik dengan kemampuan kendara otonom pada tahun 2020. Apple telah merekrut teknisi pengembangan baterai dan teknisi mobil listrik dari A123 SystemsLG ChemSamsung ElectronicsPanasonicToshibaJohnson Controls, dan Tesla Motors

 

10.  Apple Energy

Apple Energy, LLC adalah anak perusahaan Apple Inc. yang menjual energi surya. Per 6 Juni 2016, pembangkit listrik surya Apple di California dan Nevada memiliki kapasitas pembangkitan listrik sebesar 217,9 megawatt.[97][98] Selain produksi energi surya, Apple telah mendapat lampu hijau dari pemerintah untuk membangun pembangkit listrik tenaga sampah di North Carolina. Apple akan memanfaatkan emisi metana untuk membangkitkan listrik.[99] Pusat data Apple di North Carolina sepenuhnya bertenaga terbarukan.

 

 

 

 

 

BAB III

ANALISIS MISI APPLE.INC

 

A.    ANALISIS MISI APPLE.INC

Visi Misi Apple.Inc

Visi

An Apple at every desk

Ada Apel di setiap Meja

Misi

Apple ingnited the personal computer revolution in the 1970s with the Apple II and reinvented the personal computer in the 1980s with the Macintosh. Apple is committed to bringing the best personal computiing experience to students, educators, creative professionals and consumers around the world through it’s innovative hardware, software and internet offerings.

Apple memicu revolusi komputer pribadi pada 1970-an dengan Apple II dan menciptakan kembali komputer pribadi pada 1980-an dengan Macintosh. Apple berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman komputasi pribadi terbaik bagi siswa, pendidik, profesional kreatif, dan konsumen di seluruh dunia melalui penawaran perangkat keras, perangkat lunak, dan internet yang inovatif.

Analisis Komponen Misi Apple.Inc

  1. Customers

Siapa konsumen perusahaan?

Berdasarkan misi tersebut, konsumen Apple.Inc yaitu siswa, pendidik, profesional kreatif, serta pemakai lainnya yang ditunjukkan pada kalimat “…bagi siswa, pendidik, profesional kreatif, dan konsumen…”.

  1. Products or services

Apa produk atau jasa utama perusahaan?

            Produk atau jasa dari Apple.Inc yaitu komputer pribadi yang dapat dilihat pada kalimat “Apple memicu revolusi komputer pribadi pada 1970-an dengan Apple II dan menciptakan kembali komputer pribadi pada 1980-an dengan Macintosh…”.

  1. Markets

Secara geografis, dimana perusahaan bersaing?

“…dan konsumen di seluruh dunia...” kalimat pada misi tersebut menunjukkan bahwa perusahaan bersaing pada skala global di seluruh dunia.

  1. Technology

Apakah perusahaan menggunakan teknologi terkini?

            Apple memicu revolusi komputer pribadi pada 1970-an dengan Apple II dan menciptakan kembali komputer pribadi pada 1980-an dengan Macintosh…” dan “…penawaran perangkat keras, perangkat lunak, dan internet yang inovatif.”, sehingga dapat dikatakan bahwa Apple.Inc terus berupaya melakukan inovasi, pengembangan, dan pembaruan teknologi mereka.

  1. Concern for survival, growth and profitability

Apakah perusahaan mempunyai komitmen untuk berkembang dan keuangan yang baik?

“…Apple berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman komputasi pribadi terbaik…melalui penawaran perangkat keras, perangkat lunak, dan internet yang inovatif.” Pada kalimat misi tersebut, komitmen untuk memberi yang terbaik dan inovasi adalah langkah perusahaan untuk tetap tumbuh, berkembang, bersaing, dan bertahan hidup, sehingga konsumen pun juga akan merasa puas dan tentu dapat memengaruhi profitabilitas mereka.

  1. Philosophy

Apa dasar keyakinan, nilai, apirasi dan prioritas etika dalam perusahaan?

            Filosofi misi Apple.Inc yaitu revolusi komputer pribadi dan keyakinan dalam menciptakan pengalaman komputasi pribadi terbaik yang dapat dilihat pada kalimat “Apple memicu revolusi komputer pribadi pada 1970-an dengan Apple II dan menciptakan kembali komputer pribadi pada 1980-an dengan Macintosh. Apple berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman komputasi pribadi terbaik…

  1. Self concept

Apa kompetensi unik perusahaaan atau keunggulan kompetitifnya?

            Apple.Inc memiliki keunggulan kompetitif dari inovasi produk terlihat  pada kalimat “…penawaran perangkat keras, perangkat lunak, dan internet yang inovatif.

  1. Concern for public image

Apakah perusahaan mempunyai respon atau perhatian terhadap sosial, komunitas dan lingkungan?

            Apple.Inc tidak memiliki komponen concern for public image pada misinya.

  1. Concern for employees

Apakah karyawannya dianggap sebagai aset yang berharga?

            Misi Apple.Inc tidak mengandung komponen concern of employees.

 

Berdasarkan analisis kelompok kami dapat disimpulkan bahwa Misi Apple.Inc telah memenuhi 7 dari 9 komponen pernyataan misi antara lain yaitu komponen customers; products or services; markets; technology; concern for survival, growth and profitability; philosophy; dan self concept. Sedangkan untuk komponen concern for public image; dan concern for employees tidak terdapat pada misi Apple.Inc.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

ANALISIS TAHAP INPUT APPLE.INC

 

A.    MATRIKS EFE (The External Factor Evaluation Matrix)

Peluang

No.

Peluang

Weight

Rating

Wtd Score

1

Ekspansi jaringan distribusi

0.03

3

0.09

2

Peningkatan permintaan

0.06

3

0.18

3

Kolaborasi produk

0.02

2

0.04

4

Pertumbuhan pengguna internet

0.06

4

0.24

5

Penurunan pajak

0.02

1

0.02

6

Modernisasi

0.05

4

0.20

7

Pertumbuhan angka kelahiran

0.04

3

0.12

8

Hedonisme

0.05

4

0.20

Ancaman

No.

Ancaman

Weight

Rating

Wtd Score

1

Fluktuasi ekonomi

0.07

3

0.21

2

Persaingan intens industri

0.08

4

0.32

3

Produk imitasi

0.06

3

0.18

4

Gangguan stabilitas keamanan

0.04

2

0.08

5

Pembajakan teknologi

0.05

2

0.10

6

Gangguan worm dan virus

0.03

1

0.03

7

Persaingan dengan unduhan musik

0.05

4

0.20

8

Samsung dan Xiaomi adalah saingan utama

0.09

4

0.36

9

Persaingan harga

0.07

3

0.21

10

Perubahan regulasi, perizinan, dan kebijakan pemerintah

0.04

2

0.08

11

Efek subtitusi produk tinggi di pasar yang semakin inovatif dan kompetitif

0.06

3

0.18

12

Pertumbuhan angka kematian

0.03

2

0.06

TOTAL

1

 

3.1

Berdasarkan The External Factor Evaluation (EFE) Matrix menunjukkan bahwa total nilai bobotnya yaitu sebesar 3.1, melihat bahwa total nilai bobot rata-rata sebesar 2.5  maka dapat dikatakan bahwa Apple.Inc menanggapi pemanfaatan peluang dan menghindari ancaman perusahaan dengan baik dan menunjukkan posisi eksternal yang kuat.

 

B.    MATRIKS CPM (Competitive Profile Matrix)

No.

CSF’s

Wt

Apple

Samsung

Xiaomi

Rating

Wtd Score

Rating

Wtd Score

Rating

Wtd Score

1

Pangsa pasar

0.05

3

0.15

3

0.15

2

0.10

2

Posisi keuangan

0.03

3

0.09

3

0.09

3

0.09

3

Kualitas produk

0.06

4

0.24

3

0.18

3

0.18

4

Loyalitas konsumen

0.05

4

0.20

4

0.20

3

0.15

5

Distribusi penjualan

0.03

3

0.09

4

0.12

3

0.09

6

Ekspansi global

0.03

3

0.09

4

0.12

3

0.09

7

Struktur organisasi

0.02

3

0.06

2

0.04

2

0.04

8

Kapasitas produk

0.03

3

0.09

3

0.09

3

0.09

9

E-commerce

0.03

3

0.09

3

0.09

3

0.09

10

Layanan konsumen

0.04

3

0.12

4

0.16

3

0.12

11

Harga kompetitif

0.03

3

0.09

3

0.09

4

0.12

12

Manajemen

0.03

3

0.09

3

0.09

3

0.09

13

Peningkatan nilai saham

0.04

3

0.12

3

0.12

3

0.12

14

Keunggulan produk yang unik

0.04

4

0.16

3

0.12

4

0.16

15

Desain produk

0.04

4

0.16

3

0.12

3

0.12

16

Penekanan biaya produksi

0.02

3

0.06

3

0.06

3

0.06

17

Pengiriman tepat waktu

0.03

3

0.09

2

0.06

3

0.09

18

Reputasi brand

0.05

4

0.20

4

0.20

2

0.10

19

Retensi pelanggan

0.04

4

0.16

3

0.12

2

0.08

20

Kekuasaan atas pemasok

0.02

3

0.06

3

0.06

3

0.06

21

Tenaga kerja terampil

0.03

3

0.09

4

0.12

3

0.09

22

Kepuasan pelanggan

0.05

4

0.20

3

0.15

3

0.15

23

Variasi produk

0.04

3

0.12

3

0.12

3

0.12

24

Inovasi produk dan layanan

0.04

4

0.16

3

0.12

3

0.12

25

Perputaran persediaan

0.03

3

0.09

4

0.12

3

0.09

26

Kemampuan pemasaran yang unggul

0.04

3

0.12

3

0.12

3

0.12

27

Produksi yang efisien

0.03

3

0.09

3

0.09

3

0.09

28

Retensi karyawan

0.03

3

0.09

4

0.12

3

0.09

TOTAL

1

 

3.37

 

3.24

 

2.91

 

Pada  Competitive Profile Matrix (CPM) dilakukan perbandingan posisi strategis antara brand Apple dengan pesaing utamanya yaitu Samsung dan Xiaomi. Dapat dilihat bahwa total bobot pada brand Apple menunjukkan angka yang paling tinggi yaitu 3.37, disusul oleh brand Samsung yaitu sebesar 3.24, dan posisi terakhir adalah brand Xiaomi sebesar 2.91. Artinya bahwa kompetisi antara ketiga brand tersebut Apple dikatakan sebagai brand yang paling unggul.

C.    MATRIKS IFE (The Internal Factor Evaluation Matrix)

Kekuatan:

No.

Kekuatan

Weight

Rating

Wtd Score

1

Kualitas produk

0.090

4

0.36

2

Keunggulan fitur produk

0.085

3

0.26

3

Keamanan dan privasi yang terjamin

0.088

4

0.35

4

Stabilitas harga

0.083

3

0.25

5

Strategi branding

0.085

3

0.26

6

Mengikat dan membangun loyalitas konsumen

0.070

3

0.21

7

Layanan pengguna yang sangat baik

0.075

3

0.23

8

Sistem operasi yang orisinal

0.090

4

0.36

Kelemahan

No.

Kelemahan

Weight

Rating

Wtd Score

1

Harga yang lebih mahal

0.072

2

0.14

2

Sistem operasi yang monoton

0.060

1

0.06

3

Kapasitas baterai yang kecil

0.071

2

0.14

4

Keterbatasan dan kerumitan saat membagi data

0.066

2

0.13

5

Tidak mendukung penyimpanan memori eksternal

0.060

1

0.06

TOTAL

1.00

 

2.80

                                                                                  

Pada kekuatan Apple.Inc menunjukkan skor bobot tertinggi sebesar 0.36 pada faktor kualitas produk dan sistem operasi yang orisinal, dan bobot terendah berada pada angka 0.21, dan rangking tertinggi 4, terendah 3. Sedangkan untuk kelemahannya menunjukkan skor bobot tertinggi sebesar 0.14, dan angka terendah yaitu 0.06 dengan rangking tertinggi yaitu 2 dan terendah 1. Berdasarkan The Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix menunjukkan bahwa total nilai bobot perusahaan tersebut adalah sebesar 2.80 hal itu berarti bahwa Apple.Inc merupakan perusahaan yang kuat secara internal karena nilai tersebut lebih besar dari 2.5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

ANALISIS TAHAP PENCOCOKAN APPLE.INC

 

A.    MATRIKS SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunity, Threats Matrix)

 

Kekuatan (Strength)

Kelemahan (Weaknesses)

1.     Kualitas produk

1.     Harga yang lebih mahal

2.     Keunggulan fitur produk

2.     Sistem operasi yang monoton

3.     Keamanan dan privasi yang terjamin

3.     Kapasitas baterai yang kecil

4.     Stabilitas harga

4.     Keterbatasan dan kerumitan saat membagi data

5.     Strategi branding

5.     Tidak mendukung penyimpanan memori eksternal

6.     Mengikat dan membangun loyalitas konsumen

 

7.     Layanan pengguna yang sangat baik

8.     Sistem operasi yang orisinal

 

 

Peluang (Opportunity)

Strategi SO

Strategi WO

1.     Ekspansi jaringan distribusi

Memperketat keamanan produk (S3, O4, O6)

Menggunakan baterai yang dapat bertahan lebih lama (W3, O4, O6)

2.     Peningkatan permintaan

Meningkatkan fokus konsumen (S6, S7, O1, O2, O7)

Meningkatkan pemasaran hard drive eksternal Apple (W5, O6)

3.     Kolaborasi produk

Memperkuat strategi branding (S5, O1, O2, O6, O8)

Inovasi sistem operasi perangkat (W2, O6)

4.     Pertumbuhan pengguna internet

Inovasi produk terdepan (S1, S2, S3, O2, O6, 08)

Promo bonus paket internet saat pembelian produk (W1, O1 O3, O4, 05)

5.     Penurunan pajak

 

 

6.     Modernisasi

7.     Pertumbuhan angka kelahiran

8.     Hedonisme

 

Ancaman (Threats)

Strategi ST

Strategi WT

1.     Fluktuasi ekonomi

Mempekerjakan manajemen yang ahli dan berpengalaman (S4, T1, T2, T8, T9, T11)

Meningkatkan kapasitas baterai yang lebih tinggi (W3, T2, T8)

2.     Persaingan intens industri

Memerhatikan celah keamanan software produk (S3, T6)

Memberi variasi tema operasi sistem (W2, T8)

3.     Produk imitasi

HaKI dan penuntutan (S1, S2, S3, S5, S8,  T3, T4, T5)

 

4.     Gangguan stabilitas keamanan

 

5.     Pembajakan teknologi

6.     Gangguan worm dan virus

7.     Persaingan dengan unduhan musik

8.     Samsung dan Xiaomi adalah saingan utama

9.     Persaingan harga

10.  Perubahan regulasi, perizinan, dan kebijakan pemerintah

11.  Efek subtitusi produk tinggi di pasar yang semakin inovatif dan kompetitif

12.  Pertumbuhan angka kematian

 

 

 

 

B.    MATRIKS SPACE (Strategic Position and Action Evaluation Matrix)

Posisi Strategis Internal

Posisi Strategi Eksternal

Kekuatan Finansial (FP)

Stabilitas Lingkungan (SP)

1. Apple memiliki penjualan yang tinggi dibandingkan kompetitornya

2. Rasio Keuangan yang baik

 

1. Banyaknya kompetitor apple yang menawarkan kemudahan, harga yang lebih murah serta fasilitas yang lebih menarik

2. penurunan tingkat penjualan iphone karena konsumen cenderung memilih merek lain

Keunggulan Kompetitif (CP)

Kekuatan Industri (IP)

1. layanan purna jual terbaik

2. apple menawarkan berbagai macam produk

3. apple memiliki teknologi yang inovatif dan unik maka iOS dinilai lebih baik di bandingkan android

4.Apple memiliki kecepatan software yang stabil.

1. Mereka menguasai tingkat tinggi kostomisasi

2. apple memasarkan produknya dengan cara membuka toko ritel sendiri, online di pasarkan ke UKM beserta perusahaan pemerintah

3. perusahaan yang didirikan apple memiliki dan memastikan karyawan yang kompeten di bidangnya

4.Apple menyediakan teknologi dan sistem operasi tersendiri yaitu iOS

 

 

 

 

 

 

Kekuatan Finansial (FP)

 

Peringkat

 

1. Apple memiliki penjualan yang tinggi di bandingkan kompetitornya

2. Rasio Keuangan yang baik

 

 

     5,0

     4,0

     9,0

Kekuatan Industri (IP)

 

 

1. Mereka menguasai tingkat tinggi kostomisasi

2. apple memasarkan produknya dengan cara membuka toko ritel sendiri, online di pasarkan ke UKM beserta perusahaan pemerintah

3. perusahaan yang didirikan apple memiliki dan memastikan karyawan yang kompeten di bidangnya

4.Apple menyediakan teknologi dan sistem operasi tersendiri yaitu iOS

 

 

     3,0

 

     4,0

     5,0

 

     4,0

    16,0

Stabilitas Lingkungan (SP)

 

 

1. Banyaknya kompetitor apple yang menawarkan kemudahan, harga yang lebih murah serta fasilitas yang lebih menarik

2. penurunan tingkat penjualan iphone karena konsumen cenderung memilih merek lain

 

 

 

    -3,0

 

    -3,0

 

 

    -6,0

Keunggulan kompetitif (CP)

 

 1. layanan purna jual yang tersebar luas

2. apple menawarkan berbagai macam produk

3. apple memiliki teknologi yang inovatif dan unik maka iOS dinilai lebih seperior di bandingkan android

4.Apple memiliki kecepatan software yang stabil.

    -2,0

    -2,0

    -2,0

 

    -2,0

 

   -8,0

 

 

Rata rata SP adalah -6,0 / 2 = -3                     Rata rata IP adalah 16,0 / 4 = 4

Rata rata CP adalah -8,0 / 4 = -2                    Rata rata FP adalah 9,0 / 2 = 4,5

Koordinat arah vector :           Sumbu X : -3 + (+4,5) = 1,5

                                                Sumbu Y : -2 + (+4) = 2

Berdasarkan garis koordinat dibawah ini, maka dengan SPACE Matrix, Apple  harus menjalankan strategi agresif

                                             (Y)

                                                FS

Konservatif

 

Agresif

 
 


      (1.5 ; 2)

                       

                     CA                                                                           IS     (X)

Defensif

 

Kompetitif

 
 

 

 


                                                              ES

C.   

: 2,8

 
MATRIKS IE (Internal External Matrix)

: 3,1

 

Berdasarkan IE Matrix di atas terlihat bahwa titik pertemuan antara total bobot dari IFE (2,8) dan EFE (3,1) adalah  berada pada kolom II. Kolom I, II dan IV mengacu pada menumbuhkan dan membangun serta menggunakan strategi intensif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB VI

ANALISIS TAHAP KEPUTUSAN APPLE.INC

 

A.    MATRIKS QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)

Key Factor

Weight

Alternatif Strategi

Meningkatkan fitur kapasitas dan ketahanan baterai

Mengganti fitur port USB menjadi tipe C

Meningkatkan fitur kamera

AS

TAS

AS

TAS

AS

TAS

Peluang/Opportunities

 

 

1.     Ekspansi jaringan distribusi

0.03

0

0

0

0

0

0

2.     Peningkatan permintaan

0.06

4

0.24

3

0.18

3

0.18

3.     Kolaborasi produk

0.02

3

0.06

1

0.02

1

0.02

4.     Pertumbuhan pengguna internet

0.06

0

0

0

0

0

0

5.      Penurunan pajak

0.02

0

0

0

0

0

0

6.     Modernisasi

0.05

1

0.05

2

0.1

3

0.15

7.     Pertumbuhan angka kelahiran

0.04

0

0

0

0

0

0

8.     Hedonisme

0.05

0

0

0

0

1

0.05

Ancaman/Threats

 

 

1.     Fluktuasi ekonomi

0.07

0

0

0

0

0

0

2.     Persaingan intens industri

0.08

3

0.24

3

0.24

4

0.32

3.     Produk imitasi

0.06

2

0.12

3

0.18

0

0

4.     Gangguan stabilitas keamanan

0.04

0

0

0

0

1

0.04

5.     Pembajakan teknologi

0.05

1

0.05

0

0

1

0.05

6.     Gangguan worm dan virus

0.03

0

0

0

0

0

0

7.     Persaingan dengan unduhan musik

0.05

0

0

0

0

0

0

8.     Samsung dan Xiaomi adalah saingan utama

0.09

4

0.36

1

0.09

3

0.27

9.     Persaingan harga

0.07

2

0.14

1

0.07

2

0.14

10.  Perubahan regulasi, perizinan, dan kebijakan pemerintah

0.04

0

0

0

0

1

0.04

11.  Efek subtitusi produk tinggi di pasar yang semakin inovatif dan kompetitif

0.06

4

0.24

2

0.12

4

0.24

12.  Pertumbuhan angka kematian

0.03

0

0

0

0

0

0

Kekuatan/Strengths

 

 

1.     Kualitas produk

0.09

4

0.36

2

0.18

3

0.27

2.     Keunggulan fitur produk

0.085

3

0.255

2

0.17

4

0.34

3.     Keamanan dan privasi yang terjamin

0.088

0

0

0

0

0

0

4.     Stabilitas harga

0.083

0

0

0

0

0

0

5.     Strategi branding

0.085

2

0.17

1

0.085

2

0.17

6.     Mengikat dan membangun loyalitas konsumen

0.07

0

0

0

0

1

0.07

7.     Layanan pengguna yang sangat baik

0.075

0

0

0

0

0

0

8.     Sistem operasi yang orisinal

0.09

0

0

0

0

0

0

Kelemahan/Weaknesses

 

 

1.     Harga yang lebih mahal

0.072

4

0.288

1

0.072

3

0.216

2.     Sistem operasi yang monoton

0.06

0

0

0

0

0

0

3.     Kapasitas baterai yang kecil

0.071

4

0.284

0

0

0

0

4.     Keterbatasan dan kerumitan saat membagi data

0.066

0

0

0

0

0

0

5.     Tidak mendukung penyimpanan memori eksternal

0.06

0

0

0

0

0

0

Total

 

 

2.857

 

1.507

 

2.566

 

Pada Metode QSPM, Apple ditekankan untuk melakukan inovasi fitur produknya, apakah dengan meningkatkan fitur kapasitas dan ketahanan baterai (strategi 1), mengganti fitur port USB menjadi tipe C (strategi 2), ataukah meningkatkan fitur kamera yang menjadi keunggulan produk iphone (strategi 3)? Berdasarkan QSPM Matrix diatas, strategi 1 menghasilkan total bobot sebesar 2,8; strategi 2 sebesar 1,5; dan strategi 3 sebesar 2,5.

Oleh karena itu, perusahaan Apple perlu meningkatkan fitur kualitas baterainya dari segi kapasitas dan ketahanan agar mampu mengejar pesaing yang kini menawarkan fitur baterai dengan kapasitas tinggi dan mampu memberi daya  baterai lebih tahan lama. Terlebih perkembangan software yang semakin membutuhkan penggunaan baterai yang tinggi juga merupakan salah satu alasan mengapa fitur ini perlu diperhatikan kembali.

 

 

 

 

 

 

BAB VII

PENUTUP

 

 

A.    KESIMPULAN

Berdasarkan pembahasan dalam makalah ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:

1.     Misi Apple.Inc telah memenuhi 7 dari 9 komponen pernyataan misi antara lain yaitu komponen customers; products or services; markets; technology; concern for survival, growth and profitability; philosophy; dan self concept. Sedangkan untuk komponen concern for public image; dan concern for employees tidak terdapat pada misi Apple.Inc.

2.     Berdasarkan The External Factor Evaluation (EFE) Matrix menunjukkan bahwa total nilai bobotnya yaitu sebesar 3.1, melihat bahwa total nilai bobot rata-rata sebesar 2.5  maka dapat dikatakan bahwa Apple.Inc menanggapi pemanfaatan peluang dan menghindari ancaman perusahaan dengan baik dan menunjukkan posisi eksternal yang kuat.. Berdasarkan The Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix menunjukkan bahwa total nilai bobot perusahaan tersebut adalah sebesar 2.80 hal itu berarti bahwa Apple.Inc merupakan perusahaan yang kuat secara internal karena nilai tersebut lebih besar dari 2.5.

3.     Pada  Competitive Profile Matrix (CPM) dilakukan perbandingan posisi strategis antara brand Apple dengan pesaing utamanya yaitu Samsung dan Xiaomi. Dapat dilihat bahwa total bobot pada brand Apple menunjukkan angka yang paling tinggi yaitu 3.37, disusul oleh brand Samsung yaitu sebesar 3.24, dan posisi terakhir adalah brand Xiaomi sebesar 2.91. Artinya bahwa kompetisi antara ketiga brand tersebut Apple dikatakan sebagai brand yang paling unggul.

4.     Pada analisis tahap pencocokan Apple.Inc dengan menggunakan matriks SWOT, SPACE, dan IE menunjukkan bahwa perusahaan tersebu tharus menjalankan strategi agresif dan strategi intensif.

5.     Strategi yang dapat dilakukan oleh Apple.Inc dalam bersaing dengan para kompetitornya adalah lebih meningkatkan inovasi fitur produk khususnya pada fitur kapasitas baterai yang lebih tinggi dan ketahanan baterai yang lebih lama. Mengingat bahwa adanya pengembangan fungsi fitur produk apple seperti kamera, layar, aplikasi dsb semakin meningkat sehingga membutuhkan penggunaan baterai pada hardware dan software semakin besar pula. Melihat kompetitornya juga semakin lebih di depan Apple dari segi fitur baterai dalam hal kapasitas dan ketahanannya

 

B.    SARAN

Pembahasan materi dalam makalah ini cukup terbatas, untuk itu penulis menyarankan kepada pembaca untuk mendapatkan referensi tambahan melalui buku, jurnal, karya tulis ilmiah lainnya, atau internet yang relevan dan mendukung demi kesempurnaan makalah ini dengan memberi kritik ataupun saran terkait.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://fajarrsantoso.blogspot.com/2018/10/manajemen-pemasaran-global-apple-inc.html?m=1 diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020 pukul 18.13 WITA.

https://hpsultan.com/kelebihan-iphone-dan-kekurangannya/amp/  diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020 pukul 18.07 WITA.

https://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc.#:~:text=Apple%20Inc.%20adalah%20perusahaan%20teknologi,lunak%20komputer%2C%20dan%20layanan%20daring.&text=Apple%20menjadi%20perusahaan%20terbuka%20pada,meraup%20laba%20yang%20sangat%20besar. diakses pada Hari Senin, 10 November 2020 pukul 19.40 WITA.

https://imamsuburwidadi.wordpress.com/2017/01/13/kepemimpinan-dan-budaya-organisasi-pada-perusahaan-multi-nasional-apple-inc/ diakses pada Hari Senin, 10 November 2020 pukul 20.17WITA.

https://kabarlumajang.pikiran-rakyat.com/iptek/amp/pr-42575489/10-alasan-kenapa-apple-menjadi-brand-yang-unggul-dan-diminati-orang?page=5 diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020 pukul 18.12 WITA.

https://m.bukalapak.com/amp/review/gadget/7-perbedaan-smartphone-android-dan-iphone-mana-yang-kamu-pilih-1707 diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020 pukul 18.09 WITA.

https://marketing.co.id/inilah-5-rahasia-kesuksesan-apple-menjadi-merek-terkuat-di-muka-bumi/ diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul 20.30 WITA.

https://neilpatel.com/blog/7-key-strategies-that-you-must-learn-from-apples-marketing/ diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul 21.01WITA.

https://neilpatel.com/blog/7-key-strategies-that-you-must-learn-from-apples-marketing/ diakses pada Hari Kamis, 24 September 2020 pukul 16.13 WITA.

https://rizheka.wordpress.com/ diakses pada Hari Kamis, 1 Oktober 2020 pukul 16.53 WITA.

https://strategicmanagementinsight.com/swot-analyses/apple-swot-analysis.html diakses pada Hari Rabu, 30 September 2020 pukul 06.48 WITA.

https://strategicmanagementinsight.com/tools/competitive-profile-matrix-cpm.html diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul 20.39 WITA.

https://tekno.tempo.co/amp/439356/apple-waspadai-sejumlah-ancaman-bisnis diakses pada Hari Kamis, 24 September 2020 pukul 16.12 WITA.

https://visimisi95.blogspot.com/2018/02/visi-misi-perusahaan-apple-inc.html diakses pada Hari Ahad, 20 September 2020 pukul 19.05 WITA.

https://www.bartleby.com/essay/The-Success-Of-Apple-The-Major-Critical-P3H42BQXG38X diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul 20.34 WITA.

https://www.chegg.com/homework-help/questions-and-answers/apple-inc-critical-success-factors-csf-financial-performance-category-balanced-scorecard-1-q28315628 diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul 20.31 WITA.

https://www.dewaweb.com/blog/android-vs-ios-mana-yang-lebih-baik/ diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020 pukul 18.10 WITA.

https://www.dictio.id/t/apakah-perbedaan-kepemimpinan-steve-jobs-dam-tim-cook-dalam-memimpin-apple/605 diakses pada Hari Senin, 23 November 2020 pukul 15.32 WITA.

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://tekno.tempo.co/amp/439356/apple-waspadai-sejumlah-ancaman-bisnis&ved=2ahUKEwjOovXiqP_rAhXMb30KHUGHAtsQFjADegQIBBAB&usg=AOvVaw3DE5t9wd_CWXmC_vzwXb6_&ampcf=1 diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul 20.57 WITA.

https://www.idntimes.com/tech/gadget/izza-namira-1/kelebihan-iphone-yang-tidak-dimiliki-android/10 diakses pada Hari Kamis, 1 Oktober 2020 pukul 16.31 WITA.

https://www.indoworx.com/kelemahan-iphone/ diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020 pukul 18.10 WITA.

https://www.liputan6.com/tekno/read/2092535/mengungkap-8-kelemahan-iphone diakses pada Hari Kamis, 1 Oktober 2020 pukul 16.25 WITA.

https://www.merdeka.com/jatim/5-kelebihan-iphone-dibanding-android-punya-gaya-yang-khas-kln.html?page=7 diakses pada Hari Kamis, 1 Oktober 2020 pukul 16.34 WITA.

https://www.paper.id/blog/tips-dan-nasihat-umkm/diferensiasi-produk-cara-apple-tetap-unggul-di-pasar/amp/ diakses pada Hari Kamis, 24 September 2020 pukul 16.10 WITA.

https://yoursay.suara.com/news/2019/12/17/180621/cara-apple-menjaga-kekuatan-brand-value?page=2 diakses pada Hari Rabu, 30 September 2020 pukul 06.45 WITA.

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Segmentasi, Targeting, Positioning (STP)

Makalah Teori Biaya Produksi

Makalah Komunikasi Bisnis