Apa itu Ilmu Ekonomi?

MATERI KULIAH PENGANTAR ILMU EKONOMI : 

PENGENALAN ILMU EKONOMI #1

Rabu, 20 September 2017 M / 30 Dzulhijjah 1498 H

   Ilmu Ekonomi dikatakan sebagai  The Oldest Art, and The Newest Science, yakni seni yang tertua, dan ilmu yang termuda. Ilmu ekonomi ini sendiri lahir sejak manusia pertama kali diciptakan. Mengapa? Karena manusia sejak menapakkan kaki di muka bumi ini, sudah memiliki kebutuhan. Sedangkan "Ilmu Ekonomi" yang biasa kita kenal, dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya. 



   Pendapat Georg Friedrich List (1789-1846), yang merupakan ahli ekonomi asal Jerman, membagi tahap ekonomi manusia menjadi 

1. Perburuan dan Perikanan, pada masa ini manusia mulai mempertahankan hidup dengan berburu untuk memenuhi kebutuhannya pada saat itu juga. Dan manusia masih berpindah-pindah tempat dalam masa ini (nomaden)

2. Peternakan, pola pikir manusia semakin ke depan, semakin berkembang. Mereka berpikir bagaimana cara untuk mendapatkan cadangan makanan, agar mereka tak harus setiap saat berburu. Akhirnya tiap mereka berburu, sebagian hasil buruannya mereka konsumsi, dan sebagian ia ternak-kan. Hingga saat ini, mereka masih juga nomaden bahkan dengan ternak-ternak.

3. Pertanian, tiba masa ini, manusia menentukan tempat untuk pertanian mereka, dan hidup menetap. 

4. Pertanian dan Kerajinan Setempat

5. Pertanian, industri, Perniagaan Internasional, masyarakat mulai mengenal perdagangan pada masa ini, dengan menerapkan sistem barter (sesuai persetujuan/kecocokan kedua belah pihak).

Referensi :Pengantar Ilmu Ekonomi Edisi Revisi (Suherman Rosyidi).
Gambar : learniseasy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Segmentasi, Targeting, Positioning (STP)

Makalah Teori Biaya Produksi

Makalah Komunikasi Bisnis