Makalah Manajemen Strategi Analisis Strategi Apple.Inc
TUGAS MANAJEMEN
STRATEGI
ANALISIS STRATEGI APPLE.INC
DISUSUN OLEH:
Kelompok I
Manajemen
A
NIM |
NAMA
LENGKAP |
|
90200114112 |
Khairil Anwar |
|
90200117010 |
Musdayanti |
|
90200117020 |
Ian Kurniawan. A |
|
90200117028 |
Fadhila Sildano |
|
90200117038 |
Idma Nurul Shita Idris |
DOSEN PENGAMPU:
Dr. Hj. Rika Dwi Ayu Parmitasari, S.E, M. Comm.
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN
MAKASSAR
TAHUN AKADEMIK 2020/2021
KATA
PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahirabbil’alamin,
syukur kami curahkan kepada sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Allah SWT.
serta kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW. karena atas berkat rahmat, hidayah,
petunjuk Nya lah sehingga kami dapat membuat, menyusun, dan menyelesaikan
makalah ini dengan judul Analisis Strategi
Apple.Inc.
Makalah
ini bertujuan untuk memenuhi tugas akhir dari mata kuliah Manajemen Strategi
yang berisi tentang hasil analisis dan penilaian kelompok kami terhadap strategi
yang perlu dilakukan oleh perusahaan Apple.Inc. Tentu kami mengharapkan adanya
manfaat dari makalah ini baik kepada penulis, pembaca, dan semua pihak yang
terlibat.
Kami
mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Manajemen Strategi,
Ibu Dr. Hj. Rika Dwi Ayu Parmitasari, S.E, M. Comm. yang telah memberikan tugas
ini sebagai salah satu proses perkuliahan tersebut sekaligus menjadi
tambahan wawasan bagi kami. Terima kasih pula kepada teman-teman kelompok 1
Manajemen Strategi atas kerja samanya sehingga bisa mencapai pada titik puncak
perkuliahan ini. Juga kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan membantu penyelesaian makalah
ini.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Makassar,
November 2020
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL…………………………………………………….... |
i |
KATA PENGANTAR……………………………………………………. |
ii |
DAFTA ISI……………………………………………………..………..... |
iii |
BAB I PENDAHULUAN |
|
A. Latar
Belakang Masalah…………………………………….…….... |
4 |
B. Rumusan
Masalah………………………………………………...... |
4 |
C. Tujuan
Penulisan…………………….…………………………….. |
4 |
BAB II GAMBARAN PERUSAHAAN |
|
A. Gambaran
Umum Apple.Inc……………………………………….. |
5 |
B. Struktur
Organisasi Apple.Inc……………………….…………….. |
6 |
C. Visi
Misi Apple.Inc………………………………………………… |
6 |
D. Apple
Era Steve Jobs Dan Tim Cook……………………………… |
10 |
E. Kepemilika………………………………………………………… |
11 |
F. Produk……………………………………………………………... |
12 |
BAB III ANALISIS MISI APPLE.INC |
|
A. Analisis
Misi Apple.Inc…………………………………………… |
20 |
BAB
IV ANALISIS TAHAP INPUT APPLE.INC |
|
A. Matriks
EFE………………………………………………………... |
23 |
B. Matriks
CPM………………………………………………………. |
24 |
C. Matrix
IFE…………………………………………………………. |
25 |
BAB V ANALISIS TAHAP PENCOCOKAN
APPLE.INC |
|
A. Matriks
SWOT…………………………………………………….. |
27 |
B. Matriks
SPACE……………………………………………………. |
31 |
C. Matriks
IE………………………………………………………….. |
32 |
BAB VI ANALISIS TAHAP KEPUTUSAN
APPLE.INC |
|
A. Matriks
QSPM……………………………………………………... |
33 |
BAB VII PENUTUP |
|
A. Kesimpulan…………………………………………………............ |
36 |
B. Saran……………………………………………………………….. |
36 |
DAFTAR PUSTAKA |
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
MASALAH
Pada masa sekarang
ini perkembangan telekomunikasi berkembang sangat pesat. Bahkan dimasa pandemic
covid-19 telah berkembang berbagai macam fasilitas telekomunikasi agar pengguna
dapat melakukan komunikasi melalui suara, data, grafik/gambar bahkan melalui
video untuk melakukan pertemuan tatap muka secara virtual. Kebutuhan akan
komunikasi grafik, gambar dan video memerlukan kecepatan data yang semakin
tinggi sehingga harus didukung oleh system tang lebih canggih agar dapat
memberikan kualitas layanan yang lebih baik.
Penggunaan
perangkat seluler dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan oleh berbagai elemen
masyarakat maupun dalam bidang usaha untuk berbagai kebutuhan yang disesuaikan,
baik guna meningkatakan produktivitas ataupun sebagai sarana bertukar data dan
akses informasi maupun sarana hiburan lainnya yang cukup lengkap. Seakan tidak
dapat lepas akan kebutuhan komunikasi, seluler dan komponennya semakin
berkembang dan menawaarkan berbagai macam fitur-fitur canggiih yang kadang kala
bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja.
Memiliki ponsel
pintar bagi sebagian kalangan orang menjadi suatu tolak ukur dalam melihat
tingkat pengetahuan seseorang bahkan ada juga yang menjadikan hal tersebut
sebagai pembanding kekayaan antara satu orang dengan orang yang lain. Banyak
bendor gadget berlomba memasarkan produk ciptaan mereka untuk dapat menunjukkan
siapa yang lebih unggul diantaranya. Salah satu perusahaan ponsel pintar yang
menguasai pasar smartphone dunia itu adalah Apple.Inch dengan produk andalannya
yaitu iPhone yang hadir menggunakan teknologi yang terus berkembang serta desain
yang semakin mengikuti keinginan konsumen
Produk
Apple ini juga telah termasuk kedalam perangkat seluler yang berkelas sehingga
banyak orang yang berfikir ingin memiliki satu dar produk yang perussahaan
Apple luncurkan akan tetapi banyak pula orang yang tidak mampu karena mengingat
Apple mematok harga yang terbilang cukup fantastic untuk setiap produknya,
walau demikian Apple pun masih mampu mengungguli pasar produksi dan penjualan
smartphone di dunia dan tercatat pada tahun 2012 Apple menjadi Top Brand untuk
kelas smartphome. Walaupun telah mampu menguasai pasar, tentu mereka harus
mengikuti perkembangan. Terlebih jika perkembangan pesaing lebih di depan
Apple.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apakah Misi
Apple.Inc telah memenuhi komponen pernyataan misi?
2.
Bagaimana kondisi
Apple.Inc secara internal dan eksternal?
3.
Bagaimana
kompetisi perusahaan Apple.Inc dengan para pesaingnya?
4.
Bagaimana analisis
tahap pencocokan Apple.Inc dengan menggunakan matriks SWOT, SPACE, dan IE?
5.
Apa strategi yang
perlu diambil oleh Apple.Inc dalam menghadapi para pesaingnya?
C.
TUJUAN PENULISAN
1.
Mengetahui
komponen yang telah dipenuhi dalam misi Apple.Inc.
2.
Mengetahui kondisi
Apple.Inc secara internal dan eksternal.
3.
Mengetahui posisi
perusahaan Apple.Inc di antara para pesaingnya.
4.
Mengetahui
analisis tahap pencocokan Apple.Inc dengan menggunakan matriks SWOT, SPACE, dan
IE.
5.
Mengetahui
strategi yang perlu diambil oleh Apple.Inc dalam menghadapi para pesaingnya.
BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN
A.
GAMBARAN UMUM
APPLE.INC
Apple Inc merupakan perusahaan teknologi
yang sudah mempunyai nama besar di pasar industri di dunia. Apple Inc ini
adalah perusahaan yang berbentuk multinasional berbasis di Cupertino,
California, Silicon Valley yang bergerak dalam bidang merancang, mengembangkan,
serta menjual barang elektronik, perangkat lunak komputer, dan juga layanan
daring. Ada beberapa perangkat keras yang diproduksi oleh Apple seperti smartphone
iPhone, komputer tablet iPad, laptop
Mac, pemutar media portabel iPod, Apple Watch, pemutar media digital Apple TV,
dan HomePod (Pengeras suara pintar). Adapun beberapa perangkat lunak yang
diproduksi oleh Apple seperti sistem operasi macOS dan iOS, pemutar media
iTunes, penjelajah web Safari, dan perangkat kreativitas dan produktivitas
iLife dan iWork, serta berbagai aplikasi profesional seperti Final Cut Pro,
Logic Pro, dan Xcode. Sedangkan terdapat pula layanan daring seperti iTunes
Store, iOS App Store dan Mac App Store, Apple Music, dan iCloud.
Apple didirikan pada tahun 1976 oleh 3
(tiga) orang yang bermaksud untuk menjual serta mengembangkan komputer pribadi
(Apple I) buatan wozniak, Ketiganya yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak, dan
Ronald Wayne. Perusahaan dengan nama Apple Computer, Inc. resmi didirikan pada
bulan Januari 1977. Pada mulanya, penggunaan nama “Apple” terinspirasi dari
sebuah kisah nyata “Newton dengan sebuah apel yang jatuh di kepalanya”. Oleh
sebab itu, dalam sebuah perusahaan Apple yang merupakan logo aslinya adalah
Newton yang duduk di bawah pohon. Namun pada tahun 1977, menurut Jobs ia merasa
bahwa logo tersebut terlalu sulit untuk diingat karena bentuknya terlalu
mendetail. Karena itulah ia Kembali mendesain logo Apple menjadi sebuah apel
yang digigit dan di dalamnya diisi dengan warna Pelangi yang tidak teratur.
Makna dalam logo baru tersebut ialah bahwa dengan gigitan dibagian kanan pada
apel tersebut untuk menunjukkan bahwa apel tersebut tidak berwarna oranye saja,
tetapi warna Pelangi yang melambangkan filosofi bisnis Apple yaitu “Out Of
Standard Rules” yang artinya Perusahaan Apple memiliki kebebasan dan keberanian
untuk terus merevolusi dan berinovasi dalam teknologi. Kemudian pada akhirnya
Jobs memutuskan untuk mengganti Kembali warna logo Apple dengan lebih sederhana
dan minimalis.
Pertumbuhan perusahaan ini ditandai dengan
penjualan komputer-komputernya, termasuk juga Apple II. Selanjutnya, Jobs dan Wozniak mempekerjakan
berbagai perancang komputer serta memiliki lini produksi dalam kurun beberapa
tahun,. Kemudian di tahun 1980 Apple akhirnya menjadi sebuah perusahaan terbuka dan memperoleh laba
yang jumlahnya sangat besar. Dan di tahun-tahun berikutnya, Apple Kembali memproduksi
berbagai jenis komputer baru yang mempunyai antarmuka pengguna grafis inovatif
seperti Macintosh pertama pada tahun 1984. Menariknya, ternyata iklan-iklan
Apple menuai banyak pujian. Tetapi, dari segi harga produk yang mahal dan jumlah
perangkat lunak yang sedikit ini yang menimbulkan perpecahan diantara para
petinggi perusahaan. Wozniak memutuskan untuk keluar dari Apple Pada tahun 1985,
Jobs juga mengundurkan diri dengan membawa serta Sebagian dari karyawan Apple kemudian
ia mendirikan perusahaan baru di tahun berikutnya, yaitu NeXT.
Dengan berkembangnya pasar komputer
pribadi, membuat angka penjualan komputer dari Apple mengalami penurunan yang
diakibatkan harga produk yang lebih murah oleh para pesaingnya, terlebih lagi
dengan komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Petinggi-petinggi
Apple terus mengalami perombakan hingga pada tahun 1997 CEO Gil Amelio memutuskan
untuk membeli NeXT serta mengajak Jobs untuk Kembali bergabung dengan Apple. Akhirnya,
Jobs kembali menjadi pemimimpin Apple dan dijadikan sebagai CEO. Tak
berlangsung lama, ia kemudian kembali untuk mulai membangun Apple dengan pembukaan
toko ritel pada tahun 2001, ia juga mengakuisisi berbagai perusahaan perangkat
lunak guna membangun portofolio perangkat lunak Apple, serta mengganti sebagian
perangkat keras yang dipakai pada komputer-komputernya. Pada Januari 2007,
Apple Kembali meraih kesuksesan dan memperoleh keuntungan besar. Jobs kemudian mengumumkan
pergantian nama dari Apple Computer, Inc. menjadi Apple Inc. Selanjutnya, ia
meluncurkan iPhone yang merupakan sebuah smartphone untuk mencerminkan
peralihan fokus perusahaan ke produk elektronik konsumen yang menuai banyak
pujian dan terjual laris dipasaran. Jobs mundur dari jabatannya sebagai CEO
Pada Agustus 2011, dikarenakan masalah pada kesehatannya yang digantikan oleh
Tim Cook. Dua bulan berjalan, Jobs dikabarkan meninggal dunia. Kematiannya
menjadi awal mula era baru bagi Apple Inc.
Pada tahun fiskal 2017, pendapatan tahunan
global Apple Inc mencapai $229 miliar. Menurut pendapatan dan produsen telepon
genggam terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Huawei, Apple merupakan perusahaan
teknologi informasi terbesar di dunia. Apple menjadi perusahaan terbuka A.S.
pertama pada Agustus 2018, yang nilainya
di atas dari US$1 triliun. Perusahaan ini memiliki pekerja sebanyak 123.000 orang
karyawan purnawaktu serta mempunyai 504 toko ritel yang tersebar di 24 negara
per 2018. Lebih dari 1,3 miliar produk Apple digunakan secara aktif per januari
2018 di seluruh dunia. Apple mengoperasikan iTunes Store, sebagai penjual music
yang terbesar di dunia. Dengan berkali-kali mendapatkan gelar “Merek paling
bernilai di dunia”, perusahaan ini berhasil memiliki banyak pelanggan dengan
kesetiaan merek yang sangat tinggi sebagai salah satu pemicunya. Tetapi, Apple menuai
berbagai kritikan atas praktik tenaga kerja dari para kontraktornya, dampak
terhadap lingkungan dan praktik bisnisnya, termasuk juga sikap anti-persaingan,
serta sumber bahan-bahan produknya.
B.
STRUKTUR
ORGANISASI APPLE.INC
C.
VISI MISI APPLE
.INC
Visi
An
Apple at every desk
Ada Apel di setiap Meja
Misi
Apple ingnited the
personal computer revolution in the 1970s with the Apple II and reinvented the
personal computer in the 1980s with the Macintosh. Apple is committed to
bringing the best personal computiing experience to students, educators,
creative professionals and consumers around the world through it’s innovative
hardware, software and internet offerings.
Apple memicu revolusi komputer pribadi
pada 1970-an dengan Apple II dan menciptakan kembali komputer pribadi pada
1980-an dengan Macintosh. Apple berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman
komputasi pribadi terbaik bagi siswa, pendidik, profesional kreatif, dan
konsumen di seluruh dunia melalui penawaran perangkat keras, perangkat lunak,
dan internet yang inovatif.
D.
APPLE ERA STEVE
JOBS DAN TIM COOK
Steve Jobs adalah salah seorang tokoh yang
paling penting dalam sejarah Apple, dan bahkan Steve Jobs termasuk dalam
sejarah teknologi dunia. Yang membangun Apple bersama sahabatnya, Steve
Wozniak,dan kini Apple sudah berhasil menjadi perusahaan yang besar. Dan tak
heran, ketika beliau meninggal dunia pada 5 Oktober 2011, dimana seluruh orang
yang berkecimpung di dunia IT turut berbela sungkawa.
Tim Cook yang didapuk sebagai penggantinya
kini yang memegang pucuk kekuasaan Apple hingga sekarang. Ditunjuknya Tim Cook
ini sebenarnya bukan suatu kejutan, karena Tim Cook beberapa kali menggantikan
peran Jobs sebagai CEO sementara ketika Jobs sedang dalam pemulihan kesehatan.
Dan saat ini, Apple di bawahi oleh
pimpinan Tim Cook yang suduah berlangsung beberapa tahun. Dan tentu saja waktu
yang cukup untuk melihat perubahan apa saja yang ada pada diri Apple jika
dibandingkan ketika masih ada Steve Jobs.
Ada pual yang menilai jika Cook adalah
orang yang sangat tepat karena tangan dinginnya dan Jobs telah terbukti mampu
menyelamatkan keuangan Apple saat krisis beberapa tahun lalu. Namun ada
pula yang mengatakan bahwa Cook telah
mengkhianati Jobs, misalnya dengan mengenalkan stylus Apple Pencil, aksesori
yang dibenci Jobs semasa hidup.
Ada pula sumber lain mengatakan, bahwa Tim
Cookadalah tim lebih disukai daripada Jobs maka dalam hal kepemimpinan, dan
pada masa Jobs memimpin banyak dari kaeyawannya yang merasa tertekan dalam
bekerja, mungkin karena sifat dan karakter Jobs yang keras dan selalu
menginginkan kesempurnaan dalam sebuah karya. Terdapat beberapa perbandingan
Apple.Inc saat dipimpin oleh Tim Cook lebih baik dari Steve Jobs yaitu:
1. Kunjungi
pemasok komponen Apple di China
Masalah
buruknya kondisi kerja di pabrik yang memasok komponen-komponen Apple di China,
Foxconn, menjadi sorotan banyak pihak. Dimana Tim Cook ternyata tak mau tinggal
diam. Dan tak lama setelah situs berita New York Times menerbitkan artikel yang
mengekspos jumlah bayaran pekerja yang memproduksi perangkat Apple, Cook pergi
ke China untuk mengunjungi pabrik tersebut. Steve Jobs dikabarkan tidak pernah
menginjakkan kakinya di pabrik China.
2. Lebih
disenangi karyawan
Karyawan
Apple yang dimana didalamnya berjumlah puluhan ribu orang yang mungkin tidak
bisa lagi ditanyai satu persatu mengenai pendapatnya tentang pimpinan mereka.
Namun ada beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa para karyawan tampak lebih
bersemangat atau lebih bahagia di bawah kepemimpinan Cook daripada Steve Jobs.
3. Aktif
di kegiatan sosial
Steve
Jobs memang mempunyai banyak inovasi di otaknya yang brilian, namun pada
kegiatan amal tampaknya tak menjadi salah satu bagian dari Jobs. Namun seminggu
setelahTim Cook yang memimpin Apple sebagai CEO baru, dimana beliau memulai
program sumbangan amalnya yang dimana dollar-for-dollar untuk organisasi
nirlaba. Dan di bawah kepemimpinan Cook, dimana
Apple juga telah menyerahkan $ 50 juta untuk rumah sakit Stanford.
Tetapi sebaliknya, Jobs secara personal tidak punya rekaman publik apapun
mengenai kegiatan sosial.
4. Berhasil
mendongkrak nilai perusahaan
Adapun
hal yang sangat penting bagi para investor yaitu harga saham. Dalam waktu satu
tahun, yang dimana Cook berhasil membuat Apple 77% lebih kaya. Pada hari
pertama, saham Apple diperdagangkan seharga $ 376, setelah itu sempat melambung
di angka $ 667. Jobs memang kaya akan inovasi, namun Cook mampu memandu
perusahaan memiliki harga lebih tinggi.
Diluar
dari penilaian tersebut, Jobs dan Cook sebenarnya memiliki karakter
masing-masing, terutama dalam memimpin perusahaan besar.
E.
KEPEMILIKAN
Apple
Inc. adalah perusahaan
milik bersama yang terdaftar di SEC. Per
20 Juli 2018, perusahaan ini memiliki 4.829.926.000 lembar saham yang
diperdagangkan. Sebagian besar saham ini dipegang oleh investor berbentuk
lembaga.
1.
7.21% (348,468,032): The Vanguard Group,
Inc.
2.
6.62% (319,715,585): BlackRock Inc.
3.
5.22% (251,955,877): Berkshire Hathaway, Inc.
4.
4.32% (208,739,070): State Street Corporation
5.
2.52% (121,724,426): FMR, LLC
6.
2.24% (108,093,912): Vanguard Total
Stock Market Index Fund
7.
1.71% (82,373,427): Vanguard 500
Index Fund
8.
1.5% (72,476,069): T. Rowe Price Associates
Inc.
9.
1.36% (65,684,289): Northern Trust Corporation
10.
1.35% (65,251,364): SPDR S&P 500 ETF Trust
11.
1.18% (57,205,596): Vanguard Institutional
Index Fund-Institutional Index Fund
12.
1.17% (56,447,158): Geode Capital
Management, LLC
13.
1.1% (53,301,694): Bank of New York Mellon Corporation
14.
1.07% (51,621,255): JP Morgan Chase and
Co.
F.
PRODUK
1. Mac
Produksi mac yang masih ada antara lain yaitu Komputer
meja yang telah diluncurkan sejak 1998 dengan sebutan iMac; lalu pada tahun
2005 produksi Mac Mini yang merupakan komputer sub-meja; tahun 2006 Apple
meluncurkan MacBook yang merupakan laptop tipis dan MacBook Pro yang merupakan
laptop profesional, pada tahun ini Apple juga mulai memproduksi Mac Pro yang
merupakan komputer meja multi layar; MacBook Air diluncurkan tahun 2008 yang
merupakan laptop untuk konsumen dengan body yang ultra portabel dan ultra
tipis. Tak hanya itu, Apple juga menjual beberapa aksesori yang digunakan untuk
komputer Mac misalnya seperti Magic Mouse, Magic Keyboard, AirPort, dll.
2. iPod
Apple
meluncurkan pemutar musik digital iPod
pada 23 Oktober 2011. Hampir setiap tahun model baru diluncurkan. Kini iPod
menjadi perangkat pemutar musik portabel yang laris di pasar dengan lebih dari
350 juta unit terjual per bulan September 2012. Apple pun juga melakukan
kolaborasi dengan Nike+iPod Sports Kit yang
mampu memberi fitur pengawasan aktivitas pengguna melalui iTunes dan situs
web NiKE+. Dan pada tahun 2017 bulan Juli, Apple telah menutup lini produk iPod
Nano dan iPod shuffle, kemudian memproduksi iPod touch.
3. iPhone
Bulan
Januari 2007 di Macworld
Conference & Expo ,
Steve Jobs meluncurkan produk iPhone, perpaduan telepon
pintar berjaringan Internet dengan iPod. iPhone generasi pertama dirilis tanggal 29 Juni 2007
seharga $499 (4 GB) dan $599 (8 GB) bekerja sama dengan AT&T. Pada tanggal 5 Februari 2008, kapasitas
penyimpanannya diperbesar menjadi 16 GB. iPhone menggabungkan telepon
seluler GSM empat pita 2.5G dan EDGE dengan fitur-fitur perangkat
genggam. Produk ini menggunakan sistem operasi Mac
OS X Apple yang lebih ramping
(dijuluki iPhone OS, kelak diberi nama resmi iOS) lengkap dengan berbagai aplikasi
Mac OS X seperti Safari dan Mail. Produk ini juga menyertakan
aplikasi berbasis web dan Dashboard seperti Google Maps dan Weather. iPhone memiliki layar sentuh
sebesar 3,5-inci (89 mm), Bluetooth, dan Wi-Fi ("b" dan
"g").
Versi kedua, iPhone 3G, dirilis tanggal 11 Juli 2008 dengan harga yang lebih
murah, $199 untuk versi 8 GB dan $299 untuk versi 16 GB. Versi
ini dilengkapi jaringan 3G dan navigasi GPS
berpemandu. Bagian
belakang model pertama yang datar dan perak serta antena yang besar digantikan
oleh bagian belakang kaca lengkung hitam atau putih. Perangkat lunaknya
diperbarui dengan menambahkan App Store, tempat mengunduh aplikasi khusus iPhone. Pada 24 April
2009, aplikasi-aplikasi di App Store[21] telah diunduh satu miliar kali.[22] Tanggal 8 Juni 2009, Apple meluncurkan iPhone 3GS. Apple memutakhirkan telepon ini secara perlahan dengan
menambahkan komponen internal yang lebih kencang, jaringan 3G, perekaman video,
dan kendali suara.
Di Worldwide
Developers Conference (WWDC)
tanggal 7 Juni 2010, Apple meluncurkan iPhone 4 dengan bentuk yang berbeda.[23] It featured a 960 × 640 display, prosesor Apple
A4, giroskop untuk
bermain, kamera 5MP dengan kilatan LED, kamera depan VGA dan panggilan video FaceTime. Tidak lama setelah dirilis,
konsumen mengeluhkan penerimaan sinyal karena telepon ini berkerangka baja
antikarat yang juga berfungsi sebagai antena sinyal seluler dan Wi-Fi. Apple
menyelesaikan masalah ini dengan membagikan "Bumper Case" secara
gratis kepada semua pengguna selama beberapa bulan. Pada Juni 2011, Apple mengalahkan Nokia sebagai produsen telepon
pintar terbesar di dunia menurut volume penjualan.[24] Pada 4 Oktober 2011, Apple memperkenalkan iPhone 4S yang kemudian dirilis tanggal 14 Oktober 2011.[25] iPhone 4S menggunakan prosesor Apple
A5 dan teknologi asisten
suara Siri, perusahaan yang diakuisisi Apple tahun 2010.[26] Produk ini juga memiliki kamera 8 MP dengan lensa
baru. Apple memperkenalkan fitur aksesibilitas baru
bernama Made for iPhone Hearing
Aids di iPhone 4S.[27] Made for iPhone Hearing Aids memiliki fitur Live
Listen untuk membantu pengguna mendengar percakapan di ruangan yang ribut atau
mendengar orang yang berbicara di ujung ruangan.[28] Apple menjual 4 juta iPhone 4S dalam tiga hari
pertama setelah diluncurkan.
Pada tanggal 12 September 2012, Apple
meluncurkan iPhone 5.[30] Produk ini memiliki layar 4 inci, jaringan 4G LTE, dan
cip Apple
A6.[31] Dua juta iPhone terjual dalam hari pertama pemesanan
awal[32] dan
lebih dari lima juta perangkat pelengkap terjual dalam tiga hari pertama
setelah diluncurkan.[33] Setelah iPhone 5S dan iPhone
5C diluncurkan, Apple mencetak
rekor baru dalam kategori penjualan telepon pintar pekan pertama dengan angka
penjualan lebih dari sembilan juta unit dalam tiga hari pertama setelah
diluncurkan.[34] iPhone 5S dan 5C menandakan pertama kalinya Apple
meluncurkan dua model sekaligus dalam satu acara.[35]
Pada Juli
2013, Apple mengajukan paten yang mengungkapkan pengembangan sistem baterai
iPhone baru. Sistem ini menggunakan data lokasi serta kebiasaan pengguna untuk
menyesuaikan pengaturan daya perangkat. Apple sedang mengembangkan sistem
manajemen daya yang memungkinkan iPhone memperkirakan seberapa lama pengguna
tidak mengisi daya supaya penggunaan daya bisa disesuaikan. Sistem tersebut
juga memiliki fungsi pelacakan yang menyesuaikan kecepatan pengisian daya
dengan sumber listrik yang digunakan.[36]
Dalam
wawancara bulan Maret 2014, desainer Apple Jonathan Ive menjadikan iPhone sebagai bukti tradisi produk
berkualitas tinggi dan berdampak positif yang dihasilkan Apple. Ia menjelaskan
bahwa produk-produk teleponnya mahal karena penelitian dan pengembangannya
sangat intensif. Tanggal 9 September 2014, Apple meluncurkan iPhone 6 dan iPhone
6 Plus dengan
layar berukuran lebih dari 4 inci.[38] Satu tahun kemudian, Apple meluncurkan iPhone 6S dan iPhone
6S Plus dengan
teknologi sentuhan 3D baru dan peningkatan kualitas kamera belakang menjadi 12
MP dan kamera depan menjadi 5 MP.[39] Tanggal 21 Maret 2016, Apple memperkenalkan iPhone
SE dengan ukuran layar 4 inci
seperti 5S dengan perangkat keras internal yang nyaris sama dengan 6S.[40]
Pada Juli
2016, Apple mengumumkan bahwa satu miliar iPhone telah terjual. Tanggal 7 September
2016, Apple meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan sistem dan performa grafis yang lebih canggih,
kedap air, sistem kamera ganda belakang baru di 7 Plus, dan melenyapkan lubang
pelantang suara 3,5 mm.[43][44]
Pada tanggal
12 September 2017, Apple meluncurkan iPhone
8 dan iPhone
8 Plus dengan
prosesor yang lebih cepat, teknologi tampilan terbaru, sistem kamera terkini,
dan pengisian daya nirkabel.[45] Apple juga meluncurkan iPhone
X dengan perangkat lunak yang
jauh lebih mutakhir daripada model iPhone sebelumnya, mengganti tombol fisik
dengan teknologi pengenalan wajah,
dan berbentuk nyaris tanpa bezel dengan pengisian
daya nirkabel.
Pada tanggal 12 September 2018, Apple
meluncurkan iPhone
XS, iPhone
XS Max, dan iPhone
XR. iPhone XS dan iPhone XS Max
memiliki layar Super Retina, sistem kamera ganda yang lebih kencang dan canggih
dengan pemrosesan foto dan video terbaru, cip 7 nanometer — cip A12 Bionic
dengan kecerdasan buatan terbaru — pengenalan wajah (Face ID) yang lebih cepat,
jangkauan suara stereo yang lebih luas, dan SIM ganda. iPhone XR dilapisi kaca
menyeluruh dengan kerangka aluminium dan dilengkapi layar LCD Liquid retina 6,1
inci, cip A12 Bionic dengan kecerdasan buatan gerbaru, sistem kamera TrueDepth,
Face ID, dan sistem kamera canggih yang menghasilkan foto dramatis menggunakan
lensa kamera tunggal.
4. iPad
Pada tanggal
27 Januari 2010, Apple meluncurkan komputer tablet yang sangat ditunggu-tunggu publik, iPad.[50][51] iPad memiliki interaksi multisentuh dengan dukungan
format multimedia seperti koran, buku elektronik, foto, video, musik, dokumen
pemrosesan kata, permainan video, dan sebagian besar aplikasi iPhone di layar
9,7 inci.[52] Produk ini juga menggunakan Safari untuk penjelajahan web dan
dilengkapi App Store, iTunes Library, iBookstore, Contacts, dan
Notes. Isi perangkat dapat diunduh melalui Wi-Fi dan jaringan 3G atau disinkronisasi dengan
komputer pengguna.[53] Saat itu, AT&T menjadi penyedia jaringan 3G tunggal untuk iPad di
Amerika Serikat.[54]
Pada tanggal
2 Maret 2011, Apple memperkenalkan iPad 2 dengan prosesor yang lebih kencang dan kamera di depan
dan belakang. Produk ini juga mendukung jaringan 3G dari Verizon dan AT&T.[55] Ketersediaan iPad 2 awalnya dibatasi akibat gempa bumi dan tsunami di
Jepang bulan Maret 2011.[56]
iPad
generasi ketiga dirilis tanggal 7 Maret 2012 dengan julukan "the
new iPad". iPad
versi ini dapat menerima jaringan LTE dari AT&T atau Verizon,
prosesor A5X terbaru, dan layar Retina.
Dimensi dan faktor bentuknya cenderung tidak berubah, tetapi sedikit lebih
tebal dan berat daripada versi sebelumnya dengan sedikit perubahan posisi.[57]
Pada tanggal 23 Oktober 2012, iPad
generasi keempat diluncurkan dan diberi julukan "iPad
with Retina display".
iPad ini mengandung prosesor A6X terbaru dan mengganti lubang
kabel 30-pin dengan kabel
penghubung Lightning.[58] iPad
Mini juga diperkenalkan dengan
layar 7,9 inci dan spesifikasi internal yang kurang lebih sama seperti iPad 2.[59]
Tanggal 22
Oktober 2013, Apple memperkenalkan iPad
Air dan iPad Mini dengan Retina
Display dan prosesor Apple A7 64-bit baru.[60] iPad
Air 2 diluncurkan
tanggal 16 Oktober 2014 dengan pemrosesan pusat dan grafis baru dan mode
multifoto serentak (burst mode). iPad
Mini 3 juga
diluncurkan pada hari yang sama.[60]
Sejak
diluncurkan, pengguna iPad telah mengunduh lebih dari tiga miliar aplikasi. Per
Juni 2015, aplikasi di App Store telah diunduh lebih dari 100 miliar
kali.[61] Pada
tanggal 9 September 2015, Apple memperkenalkan iPad
Pro, iPad dengan layar 12,9 inci
dilengkapi dua aksesori baru, Smart
Keyboard dan Apple
Pencil.[62] iPad
Mini 4 versi
terbaru juga diluncurkan pada hari itu.[63] iPad Pro 9,7 inci diluncurkan tanggal 21 Maret 2016.[64] Tanggal 5 Juni 2017, Apple mengumumkan iPad Pro baru
dengan layar 10,5 inci sebagai pengganti model 9,7 inci dan memperbarui model
12,9 inci.[65]
5. Apple
Watch
Apple Watch menjadi perangkat
melekat (wearable) terlaris dengan angka penjualan
11,4 juta unit pada paruh pertama 2015, menurut Canalys. Jam
pintar Apple
Watch versi pertama diumumkan oleh Tim Cook pada tanggal 9 September 2014
sebagai produk kesehatan dan perekam olahraga.[67][68] Produk ini diluncurkan pada 24 April 2015.
Apple Watch
generasi kedua, Apple
Watch Series 2,
diluncurkan bulan September 2016 dengan kekedapan air yang lebih baik, prosesor
yang lebih kencang, dan layar yang lebih cerah. Tanggal 12 September 2017,
Apple meluncurkan Apple
Watch Series 3 dengan
jaringan seluluer LTE sehingga pengguna tidak perlu
bergantung pada iPhone[73] kecuali untuk sinkronisasi. Tanggal 12 September 2018,
Apple meluncurkan Apple
Watch Series 4 dengan
layar baru, elektrokardiogram, dan pendeteksi jatuh
6. Apple
TV
Dalam konferensi Macworld tahun
2007, Jobs mendemonstrasikan Apple TV (sebelumnya bernama iTV),[76] perangkat video set-top untuk menjembatani penjualan
konten dari iTunes dengan televisi berdefinisi tinggi. Perangkat ini terhubung
dengan TV pengguna dan melakukan sinkronisasi lewat Wi-Fi atau kabel dengan
pustaka iTunes di komputer dan menyalurkan konten dari empat penyedia konten
lain. Apple TV awalnya dilengkapi penyimpanan berkapasitas 40 GB, termasuk
lubang kabel HDMI dan video
komponen, dan
memutar video beresolusi maksimal 720p.[77] Pada 30 Mei 2007, kapasitas penyimpanannya diperbesar
menjadi 160 GB.[78] Pemutakhiran perangkat lunak dirilis tanggal 15
Januari 2008 sehingga konten media bisa dibeli langsung dari Apple TV.
Pada
September 2009, Apple menghentikan produksi Apple TV 40 GB dan melanjutkan
produksi Apple TV 160 GB. Pada 1 September 2010, Apple merilis Apple TV dengan
desain baru. Perangkat baru ini berukuran seperempat versi aslinya, lebih
tenang, dan menggantikan penyimpanan fisik dengan pemutaran media mengalir dari
pustaka iTunes dengan memori cepat 8 GB]]
untuk menyimpan singgahan media yang
diunduh. Seperti iPad dan iPhone, Apple TV menggunakan prosesor A4. Memorinya
sebesar 256 MB, separuh memori iPhone 4 dan sama seperti iPad, iPhone 3GS, iPod Touch generasi ketiga dan keempat.
Sumber
keluaran (output) satu-satunya adalah HDMI. Apple TV dilengkapi iTunes
Store untuk menyewa film dan acara TV (tidak bisa membeli), pemutaran mengalir
dari penyedia video internet seperti YouTube dan Netflix, dan pemutaran media mengalir dari pustaka iTunes. Apple
juga menurunkan harganya menjadi $99. Apple TV generasi ketiga diperkenalkan
tanggal 7 Maret 2012 dengan fitur-fitur baru seperti resolusi yang lebih tinggi
(1080p) dan antarmuka pengguna baru.
Pada 9
September 2015, Apple meluncurkan Apple TV yang jauh berbeda dengan sistem
operasi tvOS dan penyimpanan NAND Flash
berkapasitas 32GB atau 64GB untuk menyimpan permainan, program, dan singgahan
media yang sedang diputar. Peluncuran produk ini juga bertepatan dengan
peluncuran Apple TV App Store dan Siri
Remote dengan papan sentuh, giroskop,
dan mikrofon.
Pada tanggal
12 September 2017, Apple merilis Apple TV 4K dengan faktor bentuk yang sama seperti model generasi
keempat. Model 4K diperkuat A10X SoC buatan sendiri yang juga
terdapat di iPad Pro generasi kedua. Model 4K mendukung video jangkauan
dinamis tinggi (HDR).
7. HomePod
Pengeras suara pintar pertama
Apple, HomePod,
diluncurkan tanggal 9 Februari 2018 setelah tertunda dua bulan (Desember 2017).
Produk ini memiliki 7 tweeter di dasarnya, woofer empat inci di atas, dan enam
mikrofon untuk kendali suara dan memaksimalkan akustik[81][82][83] Tanggal 12 September 2018, Apple mengumumkan bahwa
HomePod akan dilengkapi fitur-fitur baru—pencarian lirik, multi hitung mundur,
panggilan telepon, Find My iPhone, Siri Shortcut—dan Siri dalam berbagai bahasa
8. Perangkat
Lunak
Apple Worldwide Developers Conference diadakan
setiap tahun oleh Apple untuk memamerkan perangkat lunak dan teknologi
terbarunya untuk kalangan pengembang perangkat lunak.
Apple mengembangkan sistem
operasinya sendiri untuk semua perangkatnya, termasuk macOS untuk
komputer pribadi Mac,[85] iOS untuk
telepon pintar dan tablet iPhone, iPad dan iPod Touch,[86] watchOS untuk jam
pintar Apple Watch,[87] dan tvOS untuk pemutar media digital
Apple TV.[88]
Untuk iOS
dan macOS, Apple juga mengembangkan perangkat lunaknya sendiri, termasuk Pages untuk menulis, Numbers untuk pemrosesan angka, dan Keynote untuk presentasi, sebagai bagian dari produk
produktivitas iWork.[89] Untuk macOS, Apple juga menyediakan iMovie dan Final
Cut Pro X untuk
penyuntingan video,[90] dan GarageBand dan Logic
Pro X untuk
membuat musik.[91]
Lini
perangkat lunak server Apple meliputi sistem operasi macOS
Server;[92] Apple
Remote Desktop,
aplikasi manajemen sistem jarak jauh;[93] dan Xsan, sistem berkas jaringan
wilayah penyimpanan.[92]
Apple juga
menawarkan layanan penyimpanan daring bernama iCloud. iCloud menyediakan penyimpanan
daring dan sinkronisasi data pengguna seperti dokumen, foto,
musik, cadangan perangkat, dan data aplikasi.[94] Apple juga memiliki Apple
Music, layanan
pemutaran mengalir (streaming) musik dan video.
9. Kendaraan
Listrik
Menurut Sydney Morning
Herald, Apple
ingin memproduksi mobil listrik dengan kemampuan kendara otonom pada
tahun 2020. Apple telah merekrut teknisi pengembangan baterai dan teknisi mobil
listrik dari A123
Systems, LG
Chem, Samsung Electronics, Panasonic, Toshiba, Johnson Controls, dan Tesla Motors
10. Apple
Energy
Apple
Energy, LLC adalah anak perusahaan Apple Inc. yang menjual energi surya.
Per 6 Juni 2016, pembangkit listrik surya Apple di California dan Nevada
memiliki kapasitas pembangkitan listrik sebesar 217,9 megawatt.[97][98] Selain produksi energi surya, Apple telah mendapat
lampu hijau dari pemerintah untuk membangun pembangkit listrik tenaga
sampah di North Carolina. Apple akan memanfaatkan emisi metana untuk
membangkitkan listrik.[99] Pusat data Apple di North Carolina sepenuhnya
bertenaga terbarukan.
BAB III
ANALISIS MISI APPLE.INC
A.
ANALISIS MISI APPLE.INC
Visi Misi Apple.Inc
Visi
An
Apple at every desk
Ada Apel di setiap Meja
Misi
Apple ingnited the
personal computer revolution in the 1970s with the Apple II and reinvented the
personal computer in the 1980s with the Macintosh. Apple is committed to
bringing the best personal computiing experience to students, educators,
creative professionals and consumers around the world through it’s innovative
hardware, software and internet offerings.
Apple memicu revolusi komputer pribadi
pada 1970-an dengan Apple II dan menciptakan kembali komputer pribadi pada
1980-an dengan Macintosh. Apple berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman
komputasi pribadi terbaik bagi siswa, pendidik, profesional kreatif, dan
konsumen di seluruh dunia melalui penawaran perangkat keras, perangkat lunak,
dan internet yang inovatif.
Analisis Komponen
Misi Apple.Inc
- Customers
Siapa konsumen
perusahaan?
Berdasarkan misi tersebut, konsumen Apple.Inc yaitu
siswa, pendidik, profesional kreatif, serta pemakai lainnya yang ditunjukkan
pada kalimat “…bagi siswa, pendidik,
profesional kreatif, dan konsumen…”.
- Products or services
Apa produk atau jasa utama perusahaan?
Produk atau jasa dari Apple.Inc
yaitu komputer pribadi yang dapat dilihat pada kalimat “Apple memicu revolusi komputer pribadi pada 1970-an dengan Apple II dan
menciptakan kembali komputer pribadi pada 1980-an dengan Macintosh…”.
- Markets
Secara geografis, dimana
perusahaan bersaing?
“…dan konsumen
di seluruh dunia...” kalimat pada misi tersebut menunjukkan bahwa
perusahaan bersaing pada skala global di seluruh dunia.
- Technology
Apakah perusahaan menggunakan teknologi terkini?
“Apple
memicu revolusi komputer pribadi pada 1970-an dengan Apple II dan menciptakan
kembali komputer pribadi pada 1980-an dengan Macintosh…” dan “…penawaran perangkat keras, perangkat lunak,
dan internet yang inovatif.”, sehingga dapat dikatakan bahwa Apple.Inc
terus berupaya melakukan inovasi, pengembangan, dan pembaruan teknologi mereka.
- Concern for survival, growth and
profitability
Apakah perusahaan mempunyai komitmen untuk berkembang dan
keuangan yang baik?
“…Apple
berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman komputasi pribadi terbaik…melalui
penawaran perangkat keras, perangkat lunak, dan internet yang inovatif.”
Pada kalimat misi tersebut, komitmen untuk memberi yang terbaik dan inovasi
adalah langkah perusahaan untuk tetap tumbuh, berkembang, bersaing, dan
bertahan hidup, sehingga konsumen pun juga akan merasa puas dan tentu dapat memengaruhi
profitabilitas mereka.
- Philosophy
Apa dasar keyakinan, nilai, apirasi dan prioritas etika
dalam perusahaan?
Filosofi misi Apple.Inc yaitu
revolusi komputer pribadi dan keyakinan dalam menciptakan pengalaman komputasi
pribadi terbaik yang dapat dilihat pada kalimat “Apple memicu revolusi komputer pribadi pada 1970-an dengan Apple II dan
menciptakan kembali komputer pribadi pada 1980-an dengan Macintosh. Apple
berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman komputasi pribadi terbaik…”
- Self concept
Apa kompetensi unik perusahaaan atau keunggulan
kompetitifnya?
Apple.Inc memiliki keunggulan
kompetitif dari inovasi produk terlihat
pada kalimat “…penawaran perangkat
keras, perangkat lunak, dan internet yang inovatif.”
- Concern for public image
Apakah perusahaan mempunyai respon atau perhatian
terhadap sosial, komunitas dan lingkungan?
Apple.Inc tidak memiliki komponen
concern for public image pada misinya.
- Concern for employees
Apakah karyawannya dianggap sebagai aset yang berharga?
Misi
Apple.Inc tidak mengandung komponen concern of employees.
Berdasarkan analisis kelompok kami dapat disimpulkan
bahwa Misi Apple.Inc telah memenuhi 7 dari 9 komponen pernyataan misi antara
lain yaitu komponen customers; products or services; markets; technology; concern
for survival, growth and profitability; philosophy; dan self concept. Sedangkan
untuk komponen concern for public image; dan concern for employees tidak
terdapat pada misi Apple.Inc.
BAB IV
ANALISIS TAHAP INPUT APPLE.INC
A.
MATRIKS EFE (The External Factor Evaluation Matrix)
Peluang |
||||
No. |
Peluang |
Weight |
Rating |
Wtd Score |
1 |
Ekspansi jaringan
distribusi |
0.03 |
3 |
0.09 |
2 |
Peningkatan permintaan |
0.06 |
3 |
0.18 |
3 |
Kolaborasi produk |
0.02 |
2 |
0.04 |
4 |
Pertumbuhan pengguna
internet |
0.06 |
4 |
0.24 |
5 |
Penurunan pajak |
0.02 |
1 |
0.02 |
6 |
Modernisasi |
0.05 |
4 |
0.20 |
7 |
Pertumbuhan angka
kelahiran |
0.04 |
3 |
0.12 |
8 |
Hedonisme |
0.05 |
4 |
0.20 |
Ancaman |
||||
No. |
Ancaman |
Weight |
Rating |
Wtd Score |
1 |
Fluktuasi ekonomi |
0.07 |
3 |
0.21 |
2 |
Persaingan intens
industri |
0.08 |
4 |
0.32 |
3 |
Produk imitasi |
0.06 |
3 |
0.18 |
4 |
Gangguan stabilitas
keamanan |
0.04 |
2 |
0.08 |
5 |
Pembajakan teknologi |
0.05 |
2 |
0.10 |
6 |
Gangguan worm dan
virus |
0.03 |
1 |
0.03 |
7 |
Persaingan dengan
unduhan musik |
0.05 |
4 |
0.20 |
8 |
Samsung dan Xiaomi
adalah saingan utama |
0.09 |
4 |
0.36 |
9 |
Persaingan harga |
0.07 |
3 |
0.21 |
10 |
Perubahan regulasi,
perizinan, dan kebijakan pemerintah |
0.04 |
2 |
0.08 |
11 |
Efek subtitusi produk
tinggi di pasar yang semakin inovatif dan kompetitif |
0.06 |
3 |
0.18 |
12 |
Pertumbuhan angka
kematian |
0.03 |
2 |
0.06 |
TOTAL |
1 |
|
3.1 |
Berdasarkan The
External Factor Evaluation (EFE) Matrix menunjukkan bahwa total nilai bobotnya yaitu sebesar 3.1, melihat bahwa
total nilai bobot rata-rata sebesar 2.5
maka dapat dikatakan bahwa Apple.Inc menanggapi pemanfaatan peluang dan
menghindari ancaman perusahaan dengan baik dan menunjukkan posisi eksternal
yang kuat.
B.
MATRIKS CPM (Competitive Profile Matrix)
No. |
CSF’s |
Wt |
Apple |
Samsung |
Xiaomi |
|||
Rating |
Wtd Score |
Rating |
Wtd Score |
Rating |
Wtd Score |
|||
1 |
Pangsa pasar |
0.05 |
3 |
0.15 |
3 |
0.15 |
2 |
0.10 |
2 |
Posisi keuangan |
0.03 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
3 |
Kualitas produk |
0.06 |
4 |
0.24 |
3 |
0.18 |
3 |
0.18 |
4 |
Loyalitas konsumen |
0.05 |
4 |
0.20 |
4 |
0.20 |
3 |
0.15 |
5 |
Distribusi penjualan |
0.03 |
3 |
0.09 |
4 |
0.12 |
3 |
0.09 |
6 |
Ekspansi global |
0.03 |
3 |
0.09 |
4 |
0.12 |
3 |
0.09 |
7 |
Struktur organisasi |
0.02 |
3 |
0.06 |
2 |
0.04 |
2 |
0.04 |
8 |
Kapasitas produk |
0.03 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
9 |
E-commerce |
0.03 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
10 |
Layanan konsumen |
0.04 |
3 |
0.12 |
4 |
0.16 |
3 |
0.12 |
11 |
Harga kompetitif |
0.03 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
4 |
0.12 |
12 |
Manajemen |
0.03 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
13 |
Peningkatan nilai
saham |
0.04 |
3 |
0.12 |
3 |
0.12 |
3 |
0.12 |
14 |
Keunggulan produk yang
unik |
0.04 |
4 |
0.16 |
3 |
0.12 |
4 |
0.16 |
15 |
Desain produk |
0.04 |
4 |
0.16 |
3 |
0.12 |
3 |
0.12 |
16 |
Penekanan biaya
produksi |
0.02 |
3 |
0.06 |
3 |
0.06 |
3 |
0.06 |
17 |
Pengiriman tepat waktu |
0.03 |
3 |
0.09 |
2 |
0.06 |
3 |
0.09 |
18 |
Reputasi brand |
0.05 |
4 |
0.20 |
4 |
0.20 |
2 |
0.10 |
19 |
Retensi pelanggan |
0.04 |
4 |
0.16 |
3 |
0.12 |
2 |
0.08 |
20 |
Kekuasaan atas pemasok |
0.02 |
3 |
0.06 |
3 |
0.06 |
3 |
0.06 |
21 |
Tenaga kerja terampil |
0.03 |
3 |
0.09 |
4 |
0.12 |
3 |
0.09 |
22 |
Kepuasan pelanggan |
0.05 |
4 |
0.20 |
3 |
0.15 |
3 |
0.15 |
23 |
Variasi produk |
0.04 |
3 |
0.12 |
3 |
0.12 |
3 |
0.12 |
24 |
Inovasi produk dan
layanan |
0.04 |
4 |
0.16 |
3 |
0.12 |
3 |
0.12 |
25 |
Perputaran persediaan |
0.03 |
3 |
0.09 |
4 |
0.12 |
3 |
0.09 |
26 |
Kemampuan pemasaran
yang unggul |
0.04 |
3 |
0.12 |
3 |
0.12 |
3 |
0.12 |
27 |
Produksi yang efisien |
0.03 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
3 |
0.09 |
28 |
Retensi karyawan |
0.03 |
3 |
0.09 |
4 |
0.12 |
3 |
0.09 |
TOTAL |
1 |
|
3.37 |
|
3.24 |
|
2.91 |
Pada Competitive Profile
Matrix (CPM) dilakukan
perbandingan posisi strategis antara brand Apple dengan pesaing utamanya yaitu
Samsung dan Xiaomi. Dapat dilihat bahwa total bobot pada brand Apple
menunjukkan angka yang paling tinggi yaitu 3.37, disusul oleh brand Samsung
yaitu sebesar 3.24, dan posisi terakhir adalah brand Xiaomi sebesar 2.91.
Artinya bahwa kompetisi antara ketiga brand tersebut Apple dikatakan sebagai
brand yang paling unggul.
C.
MATRIKS IFE (The Internal Factor Evaluation Matrix)
Kekuatan: |
||||
No. |
Kekuatan |
Weight |
Rating |
Wtd Score |
1 |
Kualitas produk |
0.090 |
4 |
0.36 |
2 |
Keunggulan fitur
produk |
0.085 |
3 |
0.26 |
3 |
Keamanan dan privasi
yang terjamin |
0.088 |
4 |
0.35 |
4 |
Stabilitas harga |
0.083 |
3 |
0.25 |
5 |
Strategi branding |
0.085 |
3 |
0.26 |
6 |
Mengikat dan membangun
loyalitas konsumen |
0.070 |
3 |
0.21 |
7 |
Layanan pengguna yang
sangat baik |
0.075 |
3 |
0.23 |
8 |
Sistem operasi yang
orisinal |
0.090 |
4 |
0.36 |
Kelemahan |
||||
No. |
Kelemahan |
Weight |
Rating |
Wtd Score |
1 |
Harga yang lebih mahal |
0.072 |
2 |
0.14 |
2 |
Sistem operasi yang
monoton |
0.060 |
1 |
0.06 |
3 |
Kapasitas baterai yang
kecil |
0.071 |
2 |
0.14 |
4 |
Keterbatasan dan
kerumitan saat membagi data |
0.066 |
2 |
0.13 |
5 |
Tidak mendukung
penyimpanan memori eksternal |
0.060 |
1 |
0.06 |
TOTAL |
1.00 |
|
2.80 |
Pada kekuatan Apple.Inc menunjukkan skor bobot
tertinggi sebesar 0.36 pada faktor kualitas produk dan sistem operasi yang
orisinal, dan bobot terendah berada pada angka 0.21, dan rangking tertinggi 4,
terendah 3. Sedangkan untuk kelemahannya menunjukkan skor bobot tertinggi
sebesar 0.14, dan angka terendah yaitu 0.06 dengan rangking tertinggi yaitu 2
dan terendah 1. Berdasarkan The
Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix menunjukkan bahwa total nilai bobot perusahaan tersebut adalah sebesar
2.80 hal itu berarti bahwa Apple.Inc merupakan perusahaan yang kuat secara
internal karena nilai tersebut lebih besar dari 2.5.
BAB V
ANALISIS TAHAP PENCOCOKAN APPLE.INC
A.
MATRIKS SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunity, Threats Matrix)
|
Kekuatan
(Strength) |
Kelemahan
(Weaknesses) |
1.
Kualitas produk |
1.
Harga yang lebih mahal |
|
2.
Keunggulan fitur produk |
2.
Sistem operasi yang monoton |
|
3.
Keamanan dan privasi yang terjamin |
3.
Kapasitas baterai yang kecil |
|
4.
Stabilitas harga |
4.
Keterbatasan dan kerumitan saat membagi data |
|
5.
Strategi branding |
5.
Tidak mendukung penyimpanan memori eksternal |
|
6.
Mengikat dan membangun loyalitas konsumen |
|
|
7.
Layanan pengguna yang sangat baik |
||
8.
Sistem operasi yang orisinal |
||
|
|
|
Peluang
(Opportunity) |
Strategi SO |
Strategi WO |
1.
Ekspansi jaringan distribusi |
Memperketat
keamanan produk (S3, O4, O6) |
Menggunakan
baterai yang dapat bertahan lebih lama (W3, O4, O6) |
2.
Peningkatan permintaan |
Meningkatkan
fokus konsumen (S6, S7, O1, O2, O7) |
Meningkatkan
pemasaran hard drive eksternal Apple (W5, O6) |
3.
Kolaborasi produk |
Memperkuat
strategi branding (S5, O1, O2, O6, O8) |
Inovasi
sistem operasi perangkat (W2, O6) |
4.
Pertumbuhan pengguna internet |
Inovasi
produk terdepan (S1, S2, S3, O2, O6, 08) |
Promo
bonus paket internet saat pembelian produk (W1, O1 O3, O4, 05) |
5.
Penurunan pajak |
|
|
6.
Modernisasi |
||
7.
Pertumbuhan angka kelahiran |
||
8.
Hedonisme |
||
|
||
Ancaman
(Threats) |
Strategi ST |
Strategi WT |
1.
Fluktuasi ekonomi |
Mempekerjakan
manajemen yang ahli dan berpengalaman (S4, T1, T2, T8, T9, T11) |
Meningkatkan
kapasitas baterai yang lebih tinggi (W3, T2, T8) |
2.
Persaingan intens industri |
Memerhatikan
celah keamanan software produk (S3, T6) |
Memberi
variasi tema operasi sistem (W2, T8) |
3.
Produk imitasi |
HaKI
dan penuntutan (S1, S2, S3, S5, S8,
T3, T4, T5) |
|
4.
Gangguan stabilitas keamanan |
|
|
5.
Pembajakan teknologi |
||
6.
Gangguan worm dan virus |
||
7.
Persaingan dengan unduhan musik |
||
8.
Samsung dan Xiaomi adalah saingan utama |
||
9.
Persaingan harga |
||
10.
Perubahan regulasi, perizinan, dan kebijakan pemerintah |
||
11.
Efek subtitusi produk tinggi di pasar yang semakin inovatif dan kompetitif |
||
12.
Pertumbuhan angka kematian |
B.
MATRIKS SPACE (Strategic Position and Action Evaluation Matrix)
Posisi Strategis Internal |
Posisi Strategi Eksternal |
Kekuatan Finansial (FP) |
Stabilitas Lingkungan (SP) |
1. Apple memiliki penjualan yang tinggi dibandingkan kompetitornya 2. Rasio Keuangan yang
baik |
1. Banyaknya kompetitor apple yang menawarkan kemudahan,
harga yang lebih murah serta fasilitas yang lebih menarik 2. penurunan tingkat
penjualan iphone karena konsumen cenderung memilih merek lain |
Keunggulan
Kompetitif (CP) |
Kekuatan
Industri (IP) |
1. layanan purna jual terbaik 2. apple menawarkan
berbagai macam produk 3. apple memiliki teknologi yang inovatif dan unik maka iOS
dinilai lebih baik di bandingkan android 4.Apple memiliki kecepatan software yang stabil. |
1. Mereka menguasai
tingkat tinggi kostomisasi 2. apple memasarkan
produknya dengan cara membuka toko ritel sendiri, online di pasarkan ke UKM
beserta perusahaan pemerintah 3. perusahaan yang
didirikan apple memiliki dan memastikan karyawan yang kompeten di bidangnya 4.Apple menyediakan teknologi dan sistem operasi tersendiri yaitu iOS |
Kekuatan Finansial (FP) |
Peringkat |
1. Apple memiliki penjualan yang tinggi di bandingkan
kompetitornya 2. Rasio Keuangan yang baik |
5,0 4,0 9,0 |
Kekuatan Industri (IP) |
|
1. Mereka menguasai
tingkat tinggi kostomisasi 2. apple memasarkan
produknya dengan cara membuka toko ritel sendiri, online di pasarkan ke UKM
beserta perusahaan pemerintah 3. perusahaan yang
didirikan apple memiliki dan memastikan karyawan yang kompeten di bidangnya 4.Apple menyediakan teknologi dan sistem operasi tersendiri yaitu iOS |
3,0 4,0 5,0 4,0 16,0 |
Stabilitas Lingkungan
(SP) |
|
1. Banyaknya kompetitor apple yang menawarkan kemudahan, harga yang lebih
murah serta fasilitas yang
lebih menarik 2. penurunan tingkat
penjualan iphone karena konsumen cenderung memilih merek lain |
-3,0 -3,0 -6,0 |
Keunggulan kompetitif (CP) |
|
1. layanan purna jual yang tersebar luas 2. apple menawarkan
berbagai macam produk 3. apple memiliki teknologi yang inovatif dan unik maka iOS
dinilai lebih seperior di bandingkan android 4.Apple memiliki kecepatan software yang stabil. |
-2,0 -2,0 -2,0 -2,0 -8,0 |
Rata rata SP adalah -6,0
/ 2 = -3 Rata rata IP
adalah 16,0 / 4 = 4
Rata rata CP adalah -8,0
/ 4 = -2 Rata rata FP adalah 9,0 / 2 = 4,5
Koordinat arah vector : Sumbu X : -3 + (+4,5) = 1,5
Sumbu Y : -2 + (+4) =
2
Berdasarkan
garis koordinat dibawah ini, maka dengan SPACE Matrix, Apple harus menjalankan strategi agresif
(Y)
FS
Konservatif Agresif
(1.5 ; 2)
CA IS (X)
Defensif Kompetitif
ES
C.
: 2,8
MATRIKS IE (Internal External Matrix)
: 3,1
Berdasarkan
IE Matrix di atas terlihat bahwa titik pertemuan antara total bobot dari IFE
(2,8) dan EFE (3,1) adalah berada pada
kolom II. Kolom I, II dan IV mengacu pada menumbuhkan dan
membangun serta menggunakan strategi intensif.
BAB VI
ANALISIS TAHAP KEPUTUSAN APPLE.INC
A. MATRIKS QSPM (Quantitative
Strategic Planning Matrix)
Key Factor |
Weight |
Alternatif Strategi |
|||||
Meningkatkan
fitur kapasitas dan ketahanan baterai |
Mengganti
fitur port USB menjadi tipe C |
Meningkatkan
fitur kamera |
|||||
AS |
TAS |
AS |
TAS |
AS |
TAS |
||
Peluang/Opportunities |
|
|
|||||
1.
Ekspansi jaringan distribusi |
0.03 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
2.
Peningkatan permintaan |
0.06 |
4 |
0.24 |
3 |
0.18 |
3 |
0.18 |
3.
Kolaborasi produk |
0.02 |
3 |
0.06 |
1 |
0.02 |
1 |
0.02 |
4.
Pertumbuhan pengguna internet |
0.06 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
5. Penurunan pajak |
0.02 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
6.
Modernisasi |
0.05 |
1 |
0.05 |
2 |
0.1 |
3 |
0.15 |
7.
Pertumbuhan angka kelahiran |
0.04 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
8.
Hedonisme |
0.05 |
0 |
0 |
0 |
0 |
1 |
0.05 |
Ancaman/Threats |
|
|
|||||
1.
Fluktuasi ekonomi |
0.07 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
2.
Persaingan intens industri |
0.08 |
3 |
0.24 |
3 |
0.24 |
4 |
0.32 |
3.
Produk imitasi |
0.06 |
2 |
0.12 |
3 |
0.18 |
0 |
0 |
4.
Gangguan stabilitas keamanan |
0.04 |
0 |
0 |
0 |
0 |
1 |
0.04 |
5.
Pembajakan teknologi |
0.05 |
1 |
0.05 |
0 |
0 |
1 |
0.05 |
6.
Gangguan worm dan virus |
0.03 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
7.
Persaingan dengan unduhan musik |
0.05 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
8.
Samsung dan Xiaomi adalah saingan utama |
0.09 |
4 |
0.36 |
1 |
0.09 |
3 |
0.27 |
9.
Persaingan harga |
0.07 |
2 |
0.14 |
1 |
0.07 |
2 |
0.14 |
10. Perubahan
regulasi, perizinan, dan kebijakan pemerintah |
0.04 |
0 |
0 |
0 |
0 |
1 |
0.04 |
11. Efek
subtitusi produk tinggi di pasar yang semakin inovatif dan kompetitif |
0.06 |
4 |
0.24 |
2 |
0.12 |
4 |
0.24 |
12. Pertumbuhan
angka kematian |
0.03 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
Kekuatan/Strengths |
|
|
|||||
1.
Kualitas produk |
0.09 |
4 |
0.36 |
2 |
0.18 |
3 |
0.27 |
2.
Keunggulan fitur produk |
0.085 |
3 |
0.255 |
2 |
0.17 |
4 |
0.34 |
3.
Keamanan dan privasi yang terjamin |
0.088 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
4.
Stabilitas harga |
0.083 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
5.
Strategi branding |
0.085 |
2 |
0.17 |
1 |
0.085 |
2 |
0.17 |
6.
Mengikat dan membangun loyalitas konsumen |
0.07 |
0 |
0 |
0 |
0 |
1 |
0.07 |
7.
Layanan pengguna yang sangat baik |
0.075 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
8.
Sistem operasi yang orisinal |
0.09 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
Kelemahan/Weaknesses |
|
|
|||||
1.
Harga yang lebih mahal |
0.072 |
4 |
0.288 |
1 |
0.072 |
3 |
0.216 |
2.
Sistem operasi yang monoton |
0.06 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
3.
Kapasitas baterai yang kecil |
0.071 |
4 |
0.284 |
0 |
0 |
0 |
0 |
4.
Keterbatasan dan kerumitan saat membagi data |
0.066 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
5.
Tidak mendukung penyimpanan memori eksternal |
0.06 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
Total |
|
|
2.857 |
|
1.507 |
|
2.566 |
Pada Metode QSPM, Apple ditekankan untuk melakukan
inovasi fitur produknya, apakah dengan meningkatkan fitur kapasitas dan ketahanan
baterai (strategi 1), mengganti fitur port USB menjadi tipe C (strategi 2),
ataukah meningkatkan fitur kamera yang menjadi keunggulan produk iphone
(strategi 3)? Berdasarkan QSPM Matrix diatas, strategi 1 menghasilkan total
bobot sebesar 2,8; strategi 2 sebesar 1,5; dan strategi 3 sebesar 2,5.
Oleh karena itu, perusahaan
Apple perlu meningkatkan fitur kualitas baterainya dari segi kapasitas dan
ketahanan agar mampu mengejar pesaing yang kini menawarkan fitur baterai dengan
kapasitas tinggi dan mampu memberi daya
baterai lebih tahan lama. Terlebih perkembangan software yang semakin
membutuhkan penggunaan baterai yang tinggi juga merupakan salah satu alasan
mengapa fitur ini perlu diperhatikan kembali.
BAB VII
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan dalam makalah ini, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa:
1.
Misi Apple.Inc
telah memenuhi 7 dari 9 komponen pernyataan misi antara lain yaitu komponen
customers; products or services; markets; technology; concern for survival,
growth and profitability; philosophy; dan self concept. Sedangkan untuk
komponen concern for public image; dan concern for employees tidak terdapat
pada misi Apple.Inc.
2.
Berdasarkan The External Factor
Evaluation (EFE) Matrix
menunjukkan bahwa total nilai bobotnya yaitu sebesar 3.1, melihat bahwa total
nilai bobot rata-rata sebesar 2.5 maka
dapat dikatakan bahwa Apple.Inc menanggapi pemanfaatan peluang dan menghindari
ancaman perusahaan dengan baik dan menunjukkan posisi eksternal yang kuat..
Berdasarkan The
Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix menunjukkan bahwa total nilai bobot perusahaan tersebut adalah sebesar
2.80 hal itu berarti bahwa Apple.Inc merupakan perusahaan yang kuat secara
internal karena nilai tersebut lebih besar dari 2.5.
3.
Pada Competitive
Profile Matrix (CPM) dilakukan
perbandingan posisi strategis antara brand Apple dengan pesaing utamanya yaitu
Samsung dan Xiaomi. Dapat dilihat bahwa total bobot pada brand Apple
menunjukkan angka yang paling tinggi yaitu 3.37, disusul oleh brand Samsung
yaitu sebesar 3.24, dan posisi terakhir adalah brand Xiaomi sebesar 2.91.
Artinya bahwa kompetisi antara ketiga brand tersebut Apple dikatakan sebagai brand
yang paling unggul.
4.
Pada analisis
tahap pencocokan Apple.Inc dengan menggunakan matriks SWOT, SPACE, dan IE
menunjukkan bahwa perusahaan tersebu tharus menjalankan
strategi agresif dan strategi intensif.
5.
Strategi yang
dapat dilakukan oleh Apple.Inc dalam bersaing dengan para kompetitornya adalah
lebih meningkatkan inovasi fitur produk khususnya pada fitur kapasitas baterai
yang lebih tinggi dan ketahanan baterai yang lebih lama. Mengingat bahwa adanya
pengembangan fungsi fitur produk apple seperti kamera, layar, aplikasi dsb
semakin meningkat sehingga membutuhkan penggunaan baterai pada hardware dan
software semakin besar pula. Melihat kompetitornya juga semakin lebih di depan
Apple dari segi fitur baterai dalam hal kapasitas dan ketahanannya
B. SARAN
Pembahasan materi dalam makalah ini cukup
terbatas, untuk itu penulis menyarankan kepada pembaca untuk mendapatkan
referensi tambahan melalui buku, jurnal, karya tulis ilmiah lainnya, atau
internet yang relevan dan mendukung demi kesempurnaan makalah ini dengan
memberi kritik ataupun saran terkait.
DAFTAR PUSTAKA
http://fajarrsantoso.blogspot.com/2018/10/manajemen-pemasaran-global-apple-inc.html?m=1 diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020
pukul 18.13 WITA.
https://hpsultan.com/kelebihan-iphone-dan-kekurangannya/amp/ diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020
pukul 18.07 WITA.
https://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc.#:~:text=Apple%20Inc.%20adalah%20perusahaan%20teknologi,lunak%20komputer%2C%20dan%20layanan%20daring.&text=Apple%20menjadi%20perusahaan%20terbuka%20pada,meraup%20laba%20yang%20sangat%20besar.
diakses pada Hari Senin, 10 November
2020 pukul 19.40 WITA.
https://imamsuburwidadi.wordpress.com/2017/01/13/kepemimpinan-dan-budaya-organisasi-pada-perusahaan-multi-nasional-apple-inc/ diakses pada Hari Senin, 10 November 2020 pukul 20.17WITA.
https://kabarlumajang.pikiran-rakyat.com/iptek/amp/pr-42575489/10-alasan-kenapa-apple-menjadi-brand-yang-unggul-dan-diminati-orang?page=5 diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020
pukul 18.12 WITA.
https://m.bukalapak.com/amp/review/gadget/7-perbedaan-smartphone-android-dan-iphone-mana-yang-kamu-pilih-1707 diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020
pukul 18.09 WITA.
https://marketing.co.id/inilah-5-rahasia-kesuksesan-apple-menjadi-merek-terkuat-di-muka-bumi/ diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul
20.30 WITA.
https://neilpatel.com/blog/7-key-strategies-that-you-must-learn-from-apples-marketing/ diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul
21.01WITA.
https://neilpatel.com/blog/7-key-strategies-that-you-must-learn-from-apples-marketing/ diakses pada Hari Kamis, 24 September 2020 pukul
16.13 WITA.
https://rizheka.wordpress.com/ diakses pada Hari Kamis, 1 Oktober 2020 pukul 16.53
WITA.
https://strategicmanagementinsight.com/swot-analyses/apple-swot-analysis.html diakses
pada Hari Rabu, 30 September 2020 pukul 06.48 WITA.
https://strategicmanagementinsight.com/tools/competitive-profile-matrix-cpm.html diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul
20.39 WITA.
https://tekno.tempo.co/amp/439356/apple-waspadai-sejumlah-ancaman-bisnis diakses
pada Hari Kamis, 24 September 2020 pukul 16.12 WITA.
https://visimisi95.blogspot.com/2018/02/visi-misi-perusahaan-apple-inc.html diakses pada Hari Ahad, 20 September 2020 pukul 19.05
WITA.
https://www.bartleby.com/essay/The-Success-Of-Apple-The-Major-Critical-P3H42BQXG38X diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul
20.34 WITA.
https://www.chegg.com/homework-help/questions-and-answers/apple-inc-critical-success-factors-csf-financial-performance-category-balanced-scorecard-1-q28315628 diakses pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul
20.31 WITA.
https://www.dewaweb.com/blog/android-vs-ios-mana-yang-lebih-baik/ diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020 pukul
18.10 WITA.
https://www.dictio.id/t/apakah-perbedaan-kepemimpinan-steve-jobs-dam-tim-cook-dalam-memimpin-apple/605 diakses
pada Hari Senin, 23 November 2020 pukul 15.32 WITA.
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://tekno.tempo.co/amp/439356/apple-waspadai-sejumlah-ancaman-bisnis&ved=2ahUKEwjOovXiqP_rAhXMb30KHUGHAtsQFjADegQIBBAB&usg=AOvVaw3DE5t9wd_CWXmC_vzwXb6_&cf=1 diakses
pada Hari Rabu, 23 September 2020 pukul 20.57 WITA.
https://www.idntimes.com/tech/gadget/izza-namira-1/kelebihan-iphone-yang-tidak-dimiliki-android/10 diakses pada Hari Kamis, 1 Oktober 2020 pukul 16.31
WITA.
https://www.indoworx.com/kelemahan-iphone/ diakses pada Hari Selasa, 29 September 2020
pukul 18.10 WITA.
https://www.liputan6.com/tekno/read/2092535/mengungkap-8-kelemahan-iphone diakses
pada Hari Kamis, 1 Oktober 2020 pukul 16.25 WITA.
https://www.merdeka.com/jatim/5-kelebihan-iphone-dibanding-android-punya-gaya-yang-khas-kln.html?page=7 diakses pada Hari Kamis, 1 Oktober 2020 pukul 16.34
WITA.
https://www.paper.id/blog/tips-dan-nasihat-umkm/diferensiasi-produk-cara-apple-tetap-unggul-di-pasar/amp/ diakses pada Hari Kamis, 24 September 2020 pukul
16.10 WITA.
https://yoursay.suara.com/news/2019/12/17/180621/cara-apple-menjaga-kekuatan-brand-value?page=2 diakses pada Hari Rabu, 30 September 2020
pukul 06.45 WITA.
Best Gaming Laptop Under $2500 USA
BalasHapusCLEAR PLUGIN CACHE WORDPRESS
BalasHapusNice ArticleMan, Keep Sharig these Useful Content! How Much Storage Do you need for a Gaming PC USA 2021
BalasHapusyour post is helpful thankyou
BalasHapusmolecular lab in mumbai Inda
luxury furniture
BalasHapus