Karya Tulis Ilmiah Dampak Penggunaan Gawai terhadap Prestasi Belajar
KARYA TULIS ILMIAH DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR
XII IPS 4
DISUSUN OLEH:
1. Fadhila Sildano
2. Nurfadilla
3. Nurul Izzah SK.
4. Rahman
5. Rini Puspita Sari
6. Risya Amanda
SMA NEGERI 12 MAKASSAR
TAHUN AJARAN
2016-2017
HALAMAN PENGESAHAN
Judul : Dampak Penggunaan Gawai terhadap Prestasi Belajar.
Disusun oleh : 1. Fadhila Sildano
Direvisi oleh : 2. Nurfadilla
3. Nurul Izzah SK.
4. Rahman
5. Rini Puspita Sari
6. Risya Amanda
NIS / NISN : 1. 149039 / 9990927908
2. 149080 / 9998709073
3. 149145 / 9997690465
4. 149054 / 9984313562
5. 149071 / 9990649818
6. 148990 / 9997599294
Asal Sekolah : SMA Negeri 12 Makassar
MENGETAHUI
Kepala SMA Negeri 12 Makassar
Mashari, S. Pd, M. Si
Nip. 19670222 199203 2 014
|
Guru Pembimbing
Dra. Hj. Kartini Noor, M. Si
Nip. 19581001 198610 2 001
|
Tanggal Pengumpulan
8 Maret 2017
ABSTRAK
Masyarakat saat ini seakan tidak bisa terlepas dari gawai atau yang kerap kita sapa dengan gadget ini, banyak di butuhkan oleh masyarakat di berbagai keperluan, salah satunya yakni kaum pelajar yang menggunakan gawai tersebut sebagai media pendidikan yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan secara luas.
Mereka meggunakan gawai karena alat tersebut memiliki multifungsi. Para pelajar dapat menggunakannya secara positif ataupun negatif tergantung pada setiap individu. Contoh positif dari penggunaan gawai adalah memanfaatkannya untuk membantu mereka dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, terdapat pula beberapa hal yang perlu dikhawatirkan dalam pemanfaatan gawai oleh para remaja seperti penggunaan tidak sesuai kondisi. Misalnya, digunakan dalam proses belajar mengajar untuk bermain game ataupun sms dan chatting. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang pengaruh pengunaan gawai (gadget) di kalangan pelajar.
Untuk menanggulangi masalah tersebut, perlu adanya kesadaran individu, pembinaan, serta pengawasan, sehingga pemakaian gawai itu di batasi dan dimanfaatkan sebaik mungkin sebagaimana mestinya.
Dalam karya ilmiah ini, menjelaskan dampak atau akibat negatif dari gawai terhadap prestasi belajar. Sehingga pelajar, dapat berfikir untuk mengendalikan diri dalam pemakaian gadget saat ini.
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Alhamdulillahhirabbil’alamin, mari kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT serta shalawat dan salam kita curahkan pada Baginda Rasulullah SAW. yang senantiasa melimpahkan hidayah dan pertolongannya, sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan, guna memenuhi salah satu tugas akhir mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 12 Makassar.
Berbagai rintangan dan hambatan yang penulis alami selama merevisi karya tulis ini, namun Alhamdulillah akhirnya dengan penuh keuletan dan kesungguhan penulis, sehingga dapat terselesaikan dengan judul, “Dampak Penggunaan Gawai terhadap Prestasi Belajar”.
Penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu kami harapkan saran dan kritik yang bersifat membangun untuk menuju ke arah penyempurnaan karya tulis ini. Terima Kasih.
Wassalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Makassar, 4 Maret 2017
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Judul...................................................................................................
|
i
|
Halaman Pengesahan.........................................................................................
|
ii
|
Abstrak..............................................................................................................
|
iii
|
Kata Pengantar..................................................................................................
|
iv
|
Daftar Isi............................................................................................................
|
v
|
BAB I PENDAHULUAN
| |
Latar Belakang..................................................................................................
|
1
|
Rumusan Masalah.............................................................................................
|
1
|
Tujuan Penelitian...............................................................................................
|
2
|
Manfaat Penelitian.............................................................................................
|
2
|
Sistematika Penulisan........................................................................................
|
2
|
BAB II LANDASAN TEORI
| |
Tinjauan Pustaka...............................................................................................
|
3
|
Kerangka Pikir...................................................................................................
|
4
|
Hipotesis............................................................................................................
|
4
|
BAB III METODE PENELITIAN
| |
Lokasi Penelitian...............................................................................................
|
5
|
Populasi dan Sampel.........................................................................................
|
5
|
Jenis dan Sumber Data......................................................................................
|
5
|
Metode Pengumpulan Data...............................................................................
|
6
|
Variabel Penelitian............................................................................................
|
6
|
Analisa Data………..........................................................................................
|
7
|
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
| |
Hasil Penelitian.................................................................................................
|
8
|
Pembahasan Hasil Penelitian............................................................................
|
10
|
BAB V PENUTUP
| |
Kesimpulan........................................................................................................
|
11
|
Saran..................................................................................................................
|
12
|
Daftar Pustaka
| |
Lampiran
| |
Biodata Perevisi
| |
Riwayat Hidup
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Zaman kini, banyak sekali kita jumpa macam rupa dan bentuk serta fungsi gawai atau gadget. Misalnya, laptop untuk membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, menambah kreatifitas otak melalui aplikasi desain yang menarik, sarana hiburan, dan lainnya. Adanya handphone untuk mengambil gambar, media hiburan, media sosial, media pengingat, dan lainnya.
Dalam bidang pendidikan, para pelajar mulai terbiasa dengan adanya fasilitas internet yang dihubungkan melalui gawai sehingga dapat menjangkau dunia luas dan bebas. Yang pada akhirnya, para pelajar menjadi tergantung pada informasi yang tersedia di dunia maya. Bahkan, beberapa pelajar pun menjadi malas karena dapat dengan mudah mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan bantuan gawai tersebut.
Di sisi lain, beberapa pelajar juga masih belum dapat mengendalikan atau mengontrol diri terhadap penggunaan/pemakaian gadget secara berlebih. Yang salah satunya bisa disebabkan karena keseruan menikmati layanan pada gawai sehingga menumbuhkan sikap malas dan kurangnya semangat dalam belajar.
B. RUMUSAN MASALAH
Dari Uraian tersebut dapat ditarik rmusan masalah sebagai berikut :
- Apakah penyebab pelajar menggunakan gawai secara berlebihan ?
- Apakah dampak bagi pelajar yang menggunakan gawai secara berlebihan?
- Bagaimana menanggulangi pelajar yang menggunakan gawai yang berlebihan?
C. TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui penyebab pelajar menggunakan gawai secara berlebihan.
- Untuk mengetahui dampak bagi pelajar yang menggunakan gawai berlebihan.
- Untuk mengetahui penanggulangan pelajar yang menggunakan gawai berlebihan.
D. MANFAAT PENELITIAN
Manfaat karya tulis ini yaitu dapat memberi pemahaman bagi pelajar agar lebih mengendalikan dan membatasi pemakaian gawai, terutama dalam proses belajar.
E. SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut.
Bab I merupakan bab pendahuluan yang mengungkapkan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II merupakan bab tinjauan pustaka dan kerangka pikir yang menguraikan tentang tinjauan pustaka dan kerangka pikir.
Bab III merupakan bab metodologi penulisan yang menjelaskan sumber data, metode pengumpulan data.
Bab IV merupakan bab pembahasan yang berisi tentang narkotika di kalangan remaja.
Bab V merupakan bab penutup yang menguraikan kesimpulan dan saran.
BAB II
LANDASAN TEORI
A. TINJAUAN PUSTAKA
1. Pengertian Gawai
Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Perbedaan gawaidengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil.
2. Pengertian Prestasi
Prestasi adalah hasil yang telah dicapai seseorang dalam melakukan kegiatan. Gagne (1985:40) menyatakan bahwa prestasi belajar dibedakan menjadi lima aspek, yaitu : kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap dan keterampilan. Menurut Bloom dalam Suharsimi Arikunto (1990:110) bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
Prestasi merupakan kecakapan atau hasil kongkrit yang dapat dicapai pada saat atau periode tertentu. Berdasarkan pendapat tersebut, prestasi dalam penelitian ini adalah hasil yang telah dicapai siswa dalam proses pembelajaran.
3. Pengertian Prestasi Belajar
Pengertian prestasi belajar ialah hasil usaha bekerja atau belajar yang menunjukan ukuran kecakapan yang dicapai dalam bentuk nilai. Sedangkan prestasi belajar hasil usaha belajat yang berupa nilai-nilai sebagai ukuran kecakapan dari usaha belajar yang telah dicapai seseorang, prestasi belajar ditunjukan dengan jumlah nilai raport atau test nilai sumatif.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan prestasi salah satunya adalah dengan memperhatikan dan mencermati gaya belajar dan cara belajar yang baik.
B. KERANGKA PIKIR
Gawai merupakan alat yang dirancang lebih canggih dan lebih praktis dibanding teknologi yang di ciptakan sebelumnya. Sehingga, banyak masyarakat yang memanfaatkan gawai ini dalam kehidupan sehari-hari karena adanya fasilitas atau layanan yang kerap dibutuhkan seperti, handphone yang digunakan sebagai alat komunikasi, media hiburan, ataupun media pembelajaran.Akan tetapi, tidak semua individu menggunakannya secara bijak.
Hubungan antara gawai dan prestasi belajar, yakni prestasi bukanlah bentuk prilaku yang di bawah sejak lahir, tetapi hasil dari usaha, karena pengertian prestasi adalah hal yang di capai oleh seseorang setelah melakukan pekerjaan. Maka dari itu, gawai juga dapat menimbulkan dampak negatif sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar apabila digunakan secara belebihan. Hal tersebut, juga dapat menjadikan sifat malas bagi para pelajar untuk belajar karena keseruan dalam penggunaan gawai. Juga penurunan semangat belajar.
C. HIPOTESIS PENELITIAN
Berdasarkan hasil tersebut dapat di tarik kesimpulan teoritas yang juga menjadi hipotesis penelitian, yakni:
Adanya pengaruh negatif dalam peggunaan gawai secara berlebihan terhadap prestasi belajar.
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Lokasi Penelitian
Dalam penulisan penelitian ini, penulis melakukan penelitian pada “Dampak Penggunaan Gawai terhadap Prestasi Belajar”. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2017 di SMA Negeri 12 Makassar.
B. Populasi dan Sampel
Populasi adalah sekelompok elemen yang lengkap. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 12 Makassar.
Sedangkan sampel yaitu himpunan bagian dari populasi yang diharapkan dapat mewakili populasi penelitian. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMAN 12 Makassar.
Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan atau insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.
C. Jenis dan Sumber Data
1. Jenis Data
- Data kuantatif yaitu data yang berbentuk pengolahan angka atau bilangan atau data numerik untuk dapat menghasilkan penafsiran yang kokoh.
- Data kualitatif yaitu data yang diperoleh berupa pernyataan atau tulisan yang dijadikan pertimbangan dalam memperoleh suatu kesimpulan untuk memperjelas pemecahan masalah berupa tanggapan responden.
2. Sumber Data
- Data Primer adalah data yang diperoleh melalui hasil penelitian langsung terhadap obyek yang diteliti. Data tersebut diperoleh melalui hasil angket dari responden. Jawaban responden kemudian diberi skor dan ditabulasikan.
D. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :
- Riset lapangan, adalah metode pengumpulan data yang dilakukan di lokasi (objek penelitian) secara langsung yang terdiri dari Angket, untuk mengetahui lebih jelas pemahaman siswa terhadap dampak penggunaangawai terhadap prestasi belajar.
E. Variabel Penelitian
Berdasarkan pokok permasalahan dan hipotesis yang telah dikemukakan, maka variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah:
- Variabel independen (variabel bebas) yang dilambangkan dengan (x) adalah faktor yang mempengaruhi variabel terikat. Variabel bebas dalam hal ini adalah Gawai atau Gadget.
- Variabel dependen (variabel terikat) yang dilambangkan dengan (Y) adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel independen. Dalam hal ini variabel dependen adalah siswa atau pelajar.
Variabel dan Defenisi Operasional
Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variable terikat. Variabel bebas yang di maksud adalah variabel yang mendahului atau yang mempengaruhi variabel terikat. Adapun variabel bebasnya adalah gawai atau gadget (x). Sedangkan variabel terikat atau variabel yang di pengaruhi adalah prestasi belajar siswa dengan symbol (y).
Untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang variabel yang di teliti, maka secara operasional variabel-variabel tersebut di berikan batasan pengertian sebagai :
- Gawai atau gadget merupakan alat, media, atau instrument yang memiliki multifungsi yang salah satunya digunakan siswa untuk mendapat informasi, sarana komunikasi, media hiburan, dalam penggunaannya yang praktis.
- Berdasarkan uraian di atas, prestasi belajar di denefisikan sebagai tingkat kemampuan ( potensi ) dan minat dalam melaksanakan proses belajar.
F. Analisa Data
Analisis data yang dipakai adalah jumlah persentase jawaban siswa dari setiap pertanyaan yang ada pada angket yang dibagikan, dari data tersebut di ambil kesimpulan akan dampak penggunaan gawai terhadap prestasi belajar.
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
- Hasil Angket / koesioner
Dengan Metode angket/lembar daftar pertanyaan dari sampel sebanyak 20 orang dari kelas XII IPS, peneliti berhasil mengumpulkan data dibawah ini:
Nomor Soal
|
Pilihan Jawaban
| |||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Tidak Setuju
|
Sangat Tidak Setuju
| |
1.
|
6
|
13
|
1
|
0
|
2.
|
1
|
4
|
13
|
2
|
3.
|
8
|
4
|
8
|
0
|
4.
|
0
|
16
|
4
|
0
|
5.
|
8
|
6
|
6
|
0
|
6.
|
6
|
8
|
5
|
1
|
7.
|
6
|
9
|
4
|
1
|
8.
|
4
|
8
|
6
|
2
|
9.
|
5
|
3
|
10
|
2
|
10.
|
5
|
11
|
4
|
0
|
11.
|
5
|
5
|
10
|
0
|
12.
|
1
|
1
|
15
|
3
|
Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa:
1. 95% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju untuk harus memiliki gawai, sedangkan 5% tidak setuju.
2. 10% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju untuk mencari materi dengan gawai daripada mendengar materi guru, sedangkan 90% tidak setuju.
3. 72% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju untuk mematikan gawai saat proses belajar berlangsung, sedangkan 28% tidak setuju.
4. 80% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju tentang peran penting gawai terhadap pelajaran, sedangkan 20% tidak setuju.
5. 84% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju bahwa gawai tidak dapat dihindari, sedangkan 16% tidak setuju.
6. 84% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju untuk menggunakan gawai dibanding belajar, saat jam pelajaran kosong, sedangkan 16% tidak setuju.
7. 90% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju untuk membaca buku saat belajar dibanding mencari materi melalui gawai, sedangkan 10% tidak setuju.
8. 72% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju karena prestasi belajar menurun karena gawai, sedangkan 28% tidak setuju.
9. 28% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju bersemangat saat belajar apabila menggunakan gawai, sedangkan 72% tidak setuju.
10. 80% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju apabila kegiatan belajar terganggu jika teman asyik menggunakan gawai, sedangkan 20% tidak setuju.
11. 50% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju lebih aktif dalam diskusi belajar apabila menggunakan gawai, sedangkan 50% tidak setuju.
12. 10% menyatakan bahwa siswa kelas XII IPS setuju bahwa prestasi belajar meningkat karena gawai saja, sedangkan 90% tidak setuju.
B. Pembahasan Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian tersebut, dapat kita ketahui bahwa gawai dapat berpengaruh kepada setiap orang, tergantung penggunaannya. Dibalik dampak negatif gawai, seperti dapat menurunkan prestasi belajar, gawai juga memberikan dampak positif terhadap siswa, yakni masih berperan penting pada pendidikan. Gawai juga menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang, akan tetapi hal tersebut akan lebih baik jika para siswa belajar. Sehingga, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Para siswa, ternyata masih banyak mengandalkan buku sebagai acuan belajar dibandingkan dengan mencari materi melalui gawai. Hal tersebut, terjadi karena beberapa alasan individu seperti tidak memiliki paket internet, ataupun alasan umum seperti kkurang lengkapnya materi yang ada pada internet.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A .Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut.
- Gadget harus dimiliki oleh siswa, karena masih berperan penting terhadap prestasi belajar.
- Dampak negatif gawai yakni, memberikan kepuasan dan hiburan bagi siswa, sehingga menjadikan siswa kurang berinisiatif untuk mengisi waktu luang untuk belajar yang bahkan memberikan dampak positif kepada siswa tersebut dalam peningkatan prestasi belajar.
- Adapun dampak positif gawai terhadap siswa, yakni dapat menjadi alat untuk mencari materi diluar dari referensi buku yang tersedia dan memajukan ilmu pengetahuan serta teknologi.
- Penyebab siswa menggunakan gawai secara berlebihan, karena efek kepuasan dari gawai itu sendiri.
- Pengaruh gawai terhadap prestasi belajar, bergantung pada individu. Akan tetapi, banyak siswa yang prestasi nya turun karena faktor penggunaan gawai.
- Gawai hanya salah satu faktor kecil terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.
- Penanggulangan sikap tersebut dapat melalui kontrol diri.
B. Saran
- Sebaiknya, siswa dapat mengendalikan dirinya akan penggunaan gadget agar tidak memengaruhi penurunan prestasi belajarnya.
- Siswa lebih baik belajar untuk mengisi waktu luang, dibanding bermain dengan gawai.
- Lebih menggunakan gawai untuk hal hal yang berhubungan tentang pelajaran dibanding sarana hiburan yan berlebihan.
- Siswa tidak boleh menyalahgunakan gawai terhadap peningkatan prestasi.
DAFTAR PUSTAKA
Dikunjungi tanggal 4 Maret 2017.
Dikunjungi tanggal 4 Maret 2017
Dikunjungi tanggal 4 Maret 2017
Dikunjungi tanggal 4 Maret 2017
Dikunjungi tanggal 4 Maret 2017
Dikunjungi tanggal 4 maret 2017
Dikunjungi tanggal 5 Maret 2017
LAMPIRAN ANGKET PENELITIAN
DAMPAK PENGUNAAN GAWAI
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Nama Responden :
Kelas :
PETUNJUK
- Berilah tanda silang (X) pada pilihan a, b, c, atau d dari jawaban yang dianggap
sesuai pada diri Anda dalam keadaan yang sebenarnya. SS menyatakan Sangat Setuju, S menyatakan Setuju, TS menyatakan Tidak Setuju, STS menyatakan Sangat Tidak Setuju!
- Isilah biodata Anda !
Isilah angket di bawah ini!
1. Tiap siswa harus memiliki gawai (gadget; handphone, laptop, tablet)
a. SS b. S c. TS d. STS
2. Lebih menggunakan gawai untuk mencari materi daripada mendengar materi guru
a. SS b. S c. TS d. STS
3. Mematikan gawai saat proses belajar berlangsung
a. SS b. S c. TS d. STS
4. Gawai berperan penting terhadap pelajaran atau kegiatan belajar
a. SS b. S c. TS d. STS
5. Gawai tidak dapat dihindari
a. SS b. S c. TS d. STS
6. Menggunakan gawai dibanding belajar, saat jam pelajaran kosong/tak ada guru
a. SS b. S c. TS d. STS
7. Saya lebih suka membaca buku untuk belajar dibanding mencari materi melalui gawai
a. SS b. S c. TS d. STS
8. Prestasi belajar saya menurun karena gawai
a. SS b. S c. TS d. STS
9. Saya bersemangat saat belajar menggunakan gawai
a. SS b. S c. TS d. STS
10. Proses kegiatan belajar dapat terganggu karena teman asyik mengunakan gawai
a. SS b. S c. TS d. STS
11. Saya lebih aktif dalam diskusi belajar apabila menggunakan gawai
a. SS b. S c. TS d. STS
12. Prestasi belajar saya meningkat karena gawai saja
a. SS b. S c. TS d. STS
BIODATA PENULIS
Nama lengkap : Fadhila Sildano
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 2 Juli 1999
Agama : Islam
NIS / NISN : 149039 / 9990927908
Asal Sekolah : SMA Negeri 12 Makassar
Kelas : XII IPS 4
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat Rumah : Bukit Baruga Antang Jalan Klabat Nomor 29
Alamat Sekolah : Jl. Moha Lasuloro No. 57 Antang Makassar
Nomor Telepon Sekolah : (0411) 492942
Makassar, 5 Maret 2017
Tanda Tangan
Fadhila Sildano
NISN. 999 0927 908
Nama lengkap : Nurul Izzah SK.
Tempat, Tanggal Lahir : Ujung Pandang, 9 Desember 1999
Agama : Islam
NIS / NISN : 149145 / 9997690465
Asal Sekolah : SMA Negeri 12 Makassar
Kelas : XII IPS 4
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat Rumah : Bukit Baruga Antang Jalan Tanjung Pinang II No.10
Alamat Sekolah : Jl. Moha Lasuloro No. 57 Antang Makassar
Nomor Telepon Sekolah : (0411) 492942
Makassar, 5 Maret 2017
Tanda Tangan
Nurul Izzah SK.
NISN. 9997690465
Nama lengkap :Rini Puspita Sari
Tempat, Tanggal Lahir : Ujung Pandang, 4 Oktober 1999
Agama : Islam
NIS / NISN : 149071 / 9990649818
Asal Sekolah : SMA Negeri 12 Makassar
Kelas : XII IPS 4
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat Rumah : Jalan Antang Raya
Alamat Sekolah : Jl. Moha Lasuloro No. 57 Antang Makassar
Nomor Telepon Sekolah : (0411) 492942
Makassar, 5 Maret 2017
Tanda Tangan
Rini Puspita Sari
NISN. 9990649818
Nama lengkap :Rahman
Tempat, Tanggal Lahir : Ujung Pandang, 1 Januari 1998
Agama : Islam
NIS / NISN : 149054 / 9984313562
Asal Sekolah : SMA Negeri 12 Makassar
Kelas : XII IPS 4
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat Rumah : Jalan Borong Raya Nomor 3
Alamat Sekolah : Jl. Moha Lasuloro No. 57 Antang Makassar
Nomor Telepon Sekolah : (0411) 492942
Makassar, 5 Maret 2017
Tanda Tangan
Rahman
NISN. 9984313562
Nama lengkap :Nurfadilla
Tempat, Tanggal Lahir : Ujung Pandang, 30 September 1999
Agama : Islam
NIS / NISN : 149080 / 9998709073
Asal Sekolah : SMA Negeri 12 Makassar
Kelas : XII IPS 4
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat Rumah : Jalan Tamangapa raya III
Alamat Sekolah : Jl. Moha Lasuloro No. 57 Antang Makassar
Nomor Telepon Sekolah : (0411) 492942
Makassar, 5 Maret 2017
Tanda Tangan
Nurfadilla
NISN. 9998709073
Nama lengkap :Risya Amanda
Tempat, Tanggal Lahir : Ujung Pandang, 3 Desember 1999
Agama : Islam
NIS / NISN : 148990 / 9997599294
Asal Sekolah : SMA Negeri 12 Makassar
Kelas : XII IPS 4
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat Rumah : Jalan Antang Raya
Alamat Sekolah : Jl. Moha Lasuloro No. 57 Antang Makassar
Nomor Telepon Sekolah : (0411) 492942
Makassar, 5 Maret 2017
Tanda Tangan
Risya Amanda
NISN. 9997599294
RIWAYAT HIDUP
Fadhila Sildano adalah anak ketiga dari pasangan Silih bambang Pujianto dan Nur Wachidah. Lahir di Semarang, 2 juli 1999. Beliau bertempat tinggal di Bukit Baruga Antang Jalan Klabat Nomor 29. Ia memulai pendidikannya di TK Islam Athirah bukit Baruga Makassar dan melanjutkan sekolahnya di SD Islam Athirah Bukit Baruga Makassar. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 23 Makassar dan sekarang sedang menjalankan studinya di SMA Negeri 12 Makassar.
Nurul Izzah SK adalah anak keempat dari pasangan Sjaiful Kasim dan Musdawati. Lahir di Ujung Pandang, 9 Desember 1999. Beliau bertempat tinggal di Bukit Baruga Antang Jalan Tanjung Pinang II Nomor 10. Ia memulai pendidikannya di TK Kartini Makassar dan melanjutkan sekolahnya di SD Inpres Tello Baru 1 dan 2 Makassar. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 8 Makassar dan sekarang sedang menjalankan studinya di SMA Negeri 12 Makassar.
Rini Puspita Sari adalah anak kedua dari pasangan Usman Gunanti dan Hj. Nurhaena. Lahir di Ujung Pandang, 4 Oktober 1999. Beliau bertempat tinggal di Jalan Antang Raya. Ia memulai pendidikannya di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Makassar dan melanjutkan sekolahnya di SD Inpres Antang II Makassar. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 17 Makassar dan sekarang sedang menjalankan studinya di SMA Negeri 12 Makassar.
Rahman adalah anak ketiga dari pasangan Dg. Naba dan Jamintang . Lahir di Ujung Pandang, 1 Januari 1998. Beliau bertempat tinggal di Jalan Borong Raya Nomor 3. Ia memulai pendidikannya di SD Inpres Borong Makassar. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 17 Makassar dan sekarang sedang menjalankan studinya di SMA Negeri 12 Makassar.
Nurfadilla adalah anak ketiga dari pasangan Abbas Dg Naba dan. Mantasia Lahir di Ujung Pandang, 30 September1999. Beliau bertempat tinggal di Jalan Tamangapa Raya III. Ia memulai pendidikannya di TK Al-Ansar dan melanjutkan sekolahnya SD Inpres Bangkala III Makassar. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 19 Makassar dan sekarang sedang menjalankan studinya di SMA Negeri 12 Makassar.
Risya Amanda adalah anak pertama dari pasangan Syamsir Rizal dan Riska Wati. Lahir di Ujung Pandang, 3 Desember 1999. Beliau bertempat tinggal di Jalan Antang Raya. Ia memulai pendidikannya di TK BLKI Makassar dan melanjutkan sekolahnya di SD Bayangkari Makassar. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Wahyu Makassar dan sekarang sedang menjalankan studinya di SMA Negeri 12 Makassar.
Komentar
Posting Komentar