Makalah Analisis Visi dan Misi Perusahaan
TUGAS KEWIRAUSAHAAN
“ ANALISIS VISI DAN MISI PERUSAHAAN”
Oleh Kelompok 9:
90200117012 Kurniah
90200117014 Nurul Asmi Asri
90200117028 Fadhila Sildano
90200117042 Yusril Dinata Kusuma
Dosen Pembimbing:
Rusdi
Rapprayoga , SE., MM.
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
ISLAM
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
TAHUN
2019/2020
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta
karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan tuags ini yang
alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “ Analisis Visi dan Misi
Kewirausahaan” Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
proses pembuatan tugas.
Kami menyadari bahwa yang kami susun ini masih jauh dari kata sempurna,
oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun
selalu kami harapkan demi kesempurnaan ke depan.
Akhir kata,
kami sampaikan terima kasih. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha
kita. Aamiin.
Makassar, 1 April 2020
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL……………………………………………………….
|
i
|
KATA PENGANTAR…………………………….……………………….
|
ii
|
DAFTAR ISI…………………………………………………………..……
|
iii
|
BAB I
PENDAHULUAN
|
|
Latar Belakang……………………………………………………………...
|
4
|
Rumusan Masalah…………………………………………………………..
|
4
|
Tujuan Penulisan……………………………………………………………
|
4
|
BAB II
PEMBAHASAN
|
|
Pengertian Wirausaha/Entrepreneur………………………………………...
|
5
|
Pengertian Perusahaan………………………………………………………
|
5
|
Pengertian Visi dan Misi…………………………………………………….
|
6
|
Visi Dan Misi yang Ideal……………………………………………………
|
6
|
Contoh Visi Misi yang Ideal………………………………………………...
|
7
|
Penilaian Visi dan Misi Perusahaan…………………………………………
|
9
|
BAB III
PENUTUP
|
|
Kesimpulan…………………………………………………………….........
|
18
|
Saran……………………………………………………………..................
|
18
|
DAFTAR
PUSTAKA
|
|
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR
BELAKANG
Ketika
seseorang ingin memulai usaha, mereka perlu melakukan perencanaan yang matang.
Salah satunya adalah dengan menetapkan visi, misi, dan tujuan perusahaan yang
akan mereka buat. Ketiganya sangat vital bagi perusahaan karena menjadi batu
loncatan agar segala kegiatan ataupun aktivitas yang di jalani berada dalam
jalur yang sesuai dengan visi, misi
tujuan yang telah ditetapkan tersebut.
Dalam
penentuan visi misi, disesuaikan dengan kebutuhan. Tak sedikit perusahaan
menetapkan visi misi yang kurang ideal. Padahal ada beberapa komponen yang
harus di penuhi agar menciptakan visi dan misi yang ideal itu.
RUMUSAN
MASALAH
1. Bagaimana
visi dan misi yang ideal?
2. Bagaimana
penilaian terhadap visi dan misi UIN Alauddin Makassar, PT. Mayora Indah, Tbk,
dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?
TUJUAN
PENULISAN
1. Untuk
mengetahui bagaimana visi dan misi yang ideal.
2. Untuk
mengetahui penilaian terhadap visi dan misi UIN Alauddin Makassar, PT. Mayora
Indah, Tbk, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN WIRAUSAHA/ENTREPRENEUR
Wirausaha
(entrepreneur) atau wiraswastaberasal
dari bahasa Sansekerta terdiri atas tiga suku kata “wira”, “swa”, “sta”. Wira
berarti manusia unggul, teladan, tangguh, berbudi luhur, berjiwa besar, berani,
pahlawan, pionir, pendekar/pejuang kemajuan, memiliki keunggulan watak. Swa
berarti sendiri dan Sta berarti berdiri.
Konsep
wirausaha secara lengkap dikemukakan oleh Josep Schumpeter, yaitu sebagai orang
yang mendobrak system ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa
yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku
baru.
Selain
itu, definisi kewirausahaan menurut Instruksi Presiden Republik Indonesia
(INPRES) No. 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Me-masyarakat-kan dan
Membudayakan Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalammenangani usaha
dan/atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan
cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam
rangka memberikan pelayanan yang baik dan/atau memperoleh keuntungan yang lebih
besar.
PENGERTIAN PERUSAHAAN
Menurut Murti Sumarni, definisi perusahaan adalah
sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber daya ekonomi untuk
memproduksi barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan menyediakan kebutuhan
masyarakat dan mendapatkan keuntungan. Menurut Abdul Kadir Muhammad, pengertian
perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua
faktor produksi.
PENGERTIAN VISI DAN MISI
Visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai
inti sebuah organisasi, perusahaan atau instansi. Visi merupakan tujuan masa
depan sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan. Visi juga adalah
pikiran-pikiran yang ada di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran tersebut adalah
gambaran tentang masa depan yang ingin dicapai.
Selain itu, visi
juga adalah pandangan mengenai arah sebuah
manajemen. Mau dibawa ke arah mana manajemen tersebut? Agar bisa membangun
kesuksesan, maka perlu ada arah jelas mengenai laju perusahaan atau instansi.
Misi Adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut.
Selain itu, misi juga merupakan deskripsi atau tujuan mengapa perusahaan,
organisasi atau instansi tersebut berada di tengah-tengah masyarakat.
Misi juga bisa dikatakan sebagai Penjabaran sebuah visi. Jika visi hanya
dituliskan dalam satu kalimat saja, maka misi akan dijabarkan dengan beberapa
kalimat yang mudah untuk dipahami pembaca atau siapa saja yang melihatnya.
VISI DAN MISI YANG IDEAL
Visi yang ideal adalah yang memenuhi 5
komponen, yaitu :
1. Singkat
2. Menarik
3. Layak
4. Bermakna
5. Dapat di ukur
Misi yang ideal menurut Fred
R. David adalah yang memenuhi memenuhi 9 komponen, yaitu :
1.
Konsumen
2.
Produk atau jasa
3.
Pasar
4.
Teknologi
5.
Fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan
profitabilitas
6.
Filosofi
7.
Konsep diri
8.
Fokus pada citra public
9.
Fokus pada karyawan
CONTOH VISI MISI YANG IDEAL
Kelompok
kami, akan memberikan contoh visi, misi yang ideal selaku perusahaan dalam
bidang ekspedisi (jasa pengiriman barang) NAFY Expedition:
NAFY EXPEDITION
VISI
Menjadi perusahaan ekspedisi dengan layanan
prima, berkualitas, dan harga kompetitif di Indonesia.
MISI
1.
Melakukan
pekerjaan secara professional untuk senantiasa menjadi yang terbaik.
2.
Membina
sumber daya manusia yang berkompeten, berintegritas tinggi
3.
Menggunakan
teknologi berkualitas untuk menciptakan efektif dan efisiensi pekerjaan
4.
Memberikan
kepuasan konsumen dengan layanan prima, aman, dan terpercaya
KESIMPULAN
Visi tersebut telah memenuhi komponen :
1. Singkat, jelas, dan padat.
2. Menarik, karena dapat menarik minat konsumen dengan layanan
prima yang di tawarkan, juga dengan harga yang kompetitif tersebut.
3. Layak untuk dipilih konsumen apalagi dengan harga yang
kompetitif, dan kualitas yang di junjung.
4. Bermakna, penting bagi konsumen untuk segera memenuhi
kebutuhan maupun keinginannya dengan layanan prima yang di tawarkan.
5. Dapat di ukur dari segi layanan yang tepat waktu, dan harga yang
kompetitif tersebut.
Misi tersebut telah memenuhi komponen :
1. Konsumen, dimana NAVY Expedition berupaya untuk memenuhi
kebutuhan pelanggan hingga terciptanya kepuasan konsumen dengan layanan prima,
aman dan terpercaya.
2. Produk atau jasa yang di tawarkan adalah jasa
ekspedisi barang.
3. Pasar yang dituju NAVY Expedition adalah dalam bidang
ekspedisi di Indonesia.
4. Teknologi yang digunakan untuk membantu pekerjaan ekspedisi
tersebut dengan komputerisasi, sehingga informasi dapat dengan mudah
tersampaikan kepada pengirim, penerima, dan NAVY Expedition itu sendiri secara
otomatis dengan menggunakan akses internet.
5. Fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan
profitabilitas. NAVY Expedition tentu berupaya membina sumber daya manusia yang
dimilikinya agar pekerjaan lebih efektif dan efisien sehingga memenuhi kebutuhan konsumen dan
menciptakan kepuasan kosumen tersebut. Tentu akan menjadikan perusahaan
ekspedisi ini senantiasa lebih baik, tumbuh, dan mendapatkan profit yang jauh
di atas rata-rata.
6. Filosofi, dengan pelayanan yang diberikan dan tepat waktu dapat
membentuk keyakinan bagi perusahaan dan konsumen yang menjadi nilai lebih
perusahaan itu.
7. Konsep diri, bersaing dengan harga kompetitif di Indonesia pada
perusahaan sejenis.
8. Fokus pada citra public, dengan
menunjukkan bahwa perusahaan ekspedisi mereke mampu mencapai visi dengan
professional.
9. Fokus pada karyawan, melalui pembinaan sumber daya
manusia untuk lebih berkompeten dan berintegritas tinggi.
PENILAIAN VISI DAN MISI PERUSAHAAN
I.
UIN ALAUDDIN
MAKASSAR
VISI
Pusat
Pencerahan dan Transformasi Ipteks Berbasis Peradaban Islam.
MISI
Sedangkan
misinya adalah untuk:
- Menciptakan
atmosfir akademik yang representative bagi peningkatan mutu Perguruan
Tinggi dan kualitas kehidupan bermasyarakat.
- Menyelenggarakan
kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang
merefleksikan kemampuan integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks).
- Mewujudkan
universitas yang mandiri, berkarakter, bertatakelola baik, dan berdaya
saing menuju universal riset dengan mengembangkan nilai spiritual dan
traadisi keilmuan.
RINGKASAN ANALISIS VISI dan MISI
No
|
Visi
|
Komponen Visi
|
Hasil Analisis
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Pusat Pencerahan dan
Transformasi Ipteks Berbasis Peradaban Islam.
|
✔
|
✔
|
✔
|
✔
|
✖
|
Visi yang di
tetapkan belum memenuhi komponen “dapat di ukur” baik dari segi waktu, harga,
atau output”
|
Keterangan :
✔: Memenuhi komponen
✖
: Tidak memenuhi komponen
1.
singkat
2.
menarik
3.
layak
4.
bermakna
5.
dapat di ukur
No
|
Misi
|
Komponen Misi
|
Hasil Analisis
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|||
1
|
Menciptakan atmosfir akademik yang
representative bagi peningkatan mutu Perguruan Tinggi dan kualitas kehidupan
bermasyarakat.
|
✔
|
✔
|
✖
|
✔
|
✔
|
✖
|
✔
|
✔
|
✖
|
1.
konsumen
2.
produk/jasa
4.
teknologi
5.
fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profit
7.
konsep diri
8.
fokus citra publik
|
2
|
Menyelenggarakan kegiatan pendidikan,
penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merefleksikan kemampuan
integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan
seni (Ipteks).
|
✔
|
✔
|
✖
|
✔
|
✔
|
✔
|
✔
|
✔
|
✖
|
1.
konsumen
2.
produk/jasa
4.teknologi
5.fokus
kelangsungan hidup, pertumbuhan, profit
6.filosofi
7.
konsep diri
8.fokus
citra publik
|
3
|
Mewujudkan universitas yang mandiri,
berkarakter, bertatakelola baik, dan berdaya saing menuju universal riset
dengan mengembangkan nilai spiritual dan traadisi keilmuan.
|
✖
|
✔
|
✖
|
✖
|
✔
|
✔
|
✔
|
✔
|
✖
|
2.
produk/jasa
5.
fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profit
6.
filosofi
7.
konsep diri
8.
fokus citra publik
|
Keterangan :
✔ : Memenuhi
komponen
✖
: Tidak memenuhi komponen
1.
konsumen
2.
produk atau jasa
3.
pasar
4.
teknologi
5.
focus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profitabilitas
6.
filosofi
7.
konsep diri
8.
focus pada citra public
9.
focus pada karyawan
KESIMPULAN
UIN Alauddin sebagai lembaga pendidikan yang menjadi
pusat pencerahan dan tranformasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki
corak islami, sebagai penyelenggara pendidikan,penelitian dan pengabdian
masyarakat yang bergerak secara mandiri,dengan mengedepankan Karakter dan
pengelolaan yang baik,untuk menghasilkan output yang berdaya saing meskipun
belum memenuhi komponen ke 5 yang dapat
diukur dengan jelas.
Visi UIN Alauddin
hanya memenuhi 4 komponen yakni singkat, menarik, layak, bermakna. Pada
misi UIN Alauddin hanya memenuhi 7 komponen ideal, dalam hal ini ia tidak
memenuhi komponen ke 5 yaitu pasar, dan komponen ke 9 yaitu fokus pada
karyawan. Universitas ini lebih condong dan fokus kepada akademik yang menyesuaikan
dengan perkembangan zaman dengan ciri khas Islam.
II.
PT. MAYORA
INDAH,TBK.
VISI
Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas
dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan
menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
MISI
1.
Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata
industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders
Perseroan.
2.
Dapat memberikan kontribusi positif terhadap
lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.
RINGKASAN ANALISIS VISI DAN MISI
No.
|
Visi
|
Komponen Visi
|
Hasil Analisis
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Menjadi produsen makanan dan minuman
yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun
internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk
sejenis.
|
✖
|
✔
|
✔
|
✔
|
✔
|
Visi Mayora belum memenuhi komponen
“singkat” , karena memiliki kalimat yang cukup panjang dan cukup sulit di
ingat.
|
Keterangan :
✔ : Memenuhi
komponen
✖
: Tidak memenuhi komponen
1.
singkat
2.
menarik
3.
layak
4.
bermakna
5.
dapat di ukur
No.
|
Misi
|
Komponen
Misi
|
Hasil
Analisis
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|||
1
|
Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata
rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders
Perseroan.
|
✔
|
✔
|
✔
|
✖
|
✔
|
✖
|
✖
|
✔
|
✖
|
1.
konsumen
2.
produk/jasa
3.pasar
5.fokus
kelangsunga hidup, pertumbuhen, profit
8.
fokus citra publik
|
2
|
Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara
dimana Perseroan berada.
|
✔
|
✔
|
✔
|
✖
|
✔
|
✖
|
✖
|
✔
|
✖
|
1.
konsumen
2.
produk/jasa
3.pasar
5.fokus
kelangsunga hidup, pertumbuhen, profit
8.
fokus citra publik
|
Keterangan :
✔ : Memenuhi
komponen
✖
: Tidak memenuhi komponen
1.
konsumen
2.
produk atau jasa
3.
pasar
4.
teknologi
5.
focus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profitabilitas
6.
filosofi
7.
konsep diri
8.
focus pada citra public
9.
focus pada karyawan
KESIMPULAN :
PT. Mayora Indah, Tbk. Menjadi
produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan berambisi menjadi perusahaan
terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan ingin
menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk yang
sejenis,memiliki tujuan untuk memperoleh laba diatas rata-rata dan ingin
memberikan kontribusi yang positif terhadap lingkungan sekitarnya.
Visi PT. Mayora Indah hampir
memenuhi 5 komponen tersebut, namun visinya tidak dapat dibilang singkat, jadi
hanya memenuhi 4 komponen yakni menarik, layak, bermakna, dan dapat di ukur.
Misi tersebut hanya memenuhi 5
komponen antara lain konsumen,
produk/jasa, pasar, fokus kelangsunga hidup, pertumbuhen, profit, dan fokus citra publik. Namun tidak memenuhi
komponen teknologi, filosofi, konsep diri, dan fokus pada karyawan.
III.
OTORITAS JASA
KEUANGAN (OJK)
VISI
Visi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
adalah menjadi lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya,
melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, dan mampu mewujudkan industri
jasa keuangan menjadi pilar perekonomian nasional yang berdaya saing global
serta dapat memajukan kesejahteraan umum.
MISI
Misi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
adalah:
1. Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam
sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;
2.
Mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara
berkelanjutan dan stabil;
3.
Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.
RINGKASAN ANALISIS VISI DAN MISI
No.
|
Visi
|
Komponen Visi
|
Hasil Analisis
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Visi Otoritas Jasa Keuangan
(OJK) adalah menjadi lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya,
melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, dan mampu mewujudkan industri
jasa keuangan menjadi pilar perekonomian nasional yang berdaya saing global
serta dapat memajukan kesejahteraan umum.
|
✖
|
✔
|
✔
|
✔
|
✖
|
Visi ini tidak
memenuhi komponen “singkat” dan “dapat diukur”
|
Keterangan : ✔ : Memenuhi
komponen ✖
: Tidak memenuhi komponen
1.
singkat
2.
menarik
3.
layak
4.
bermakna
5.
dapat di ukur
No.
|
Misi
|
Komponen
Misi
|
Hasil
Analisis
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|||
1
|
Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di
dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;
|
✔
|
✔
|
✔
|
✔
|
✔
|
✔
|
✖
|
✔
|
✔
|
1. konsumen
2. produk/jasa
3. pasar
4. teknologi
5. fokus kelangsungan
hidup, pertumbuhan, profit
8. fokus citra public
9. fokus karyawan
|
2
|
Mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan
stabil;
|
✖
|
✔
|
✔
|
✔
|
✔
|
✖
|
✔
|
✔
|
✖
|
2. produk/jasa
3. pasar
4. teknologi
5. fokus kelangsungan
hidup, pertumbuhan, profit
7. konsep diri
8. fokus citra public
|
3
|
Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat
|
✔
|
✔
|
✔
|
✖
|
✔
|
✖
|
✔
|
✔
|
✖
|
1. konsumen
2. produk/jasa
3. pasar
5. fokus kelangsungan
hidup, pertumbuhan, profit
7. konsep diri
8. fokus citra public
|
Keterangan :
✔ : Memenuhi
komponen
✖
: Tidak memenuhi komponen
1.
konsumen
2.
produk atau jasa
3.
pasar
4.
teknologi
5.
focus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profitabilitas
6.
filosofi
7.
konsep diri
8.
focus pada citra public
9.
focus pada karyawan
KESIMPULAN :
Jadi otoritas jasa keuangan menjadi
lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya, melindungi kepentingan
konsumen dan masyarakat, dan mampu mewujudkan industri jasa keuangan menjadi
dasar perekonomian nasional yang berdaya saing global serta dapat memajukan
kesejahteraan umum
Visi Otoritas
Jasa Keuangan tidak memenuhi komponen
singkat dan dapat diukur, hanya memenuhi 3 komponen yakni menarik, layak, dan
bermakna. Sedangkan misi, telah memenuhi 9 komponen yaitu konsumen, produk atau
jasa, pasar, teknologi, focus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profitabilitas,
filosofi, konsep diri, focus pada citra public, focus pada karyawan.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
1. Jadi, visi misi
yang ideal harus memenuhi komponen berikut ini:
Visi
yang ideal adalah yang memenuhi 5 komponen, yaitu Singkat, Menarik,
Layak, Bermakna, Dapat di ukur
Misi yang ideal menurut Fred
R. David adalah yang memenuhi memenuhi 9 komponen, yaitu :
a.
Konsumen
b.
Produk atau jasa
c.
Pasar
d.
Teknologi
e.
Fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan
profitabilitas
f.
Filosofi
g.
Konsep diri
h.
Fokus pada citra public
i.
Fokus pada karyawan
2.
Untuk penilaian visi dan misi kelompok kami (kelompok
9) terhadap ketiga perusahaan yakni UIN Alauddin Makassar, PT. Mayora Indah,
Tbk., dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghasilkan penilaian yang berbeda. Ada
yang memenuhi beberapa komponen saja, ada yang memenuhi semua komponen. Semua
didasarkan pada penilaian individu kami yang disimpulkan menjadi penilaian yang
telah disajikan dalam makalah ini.
SARAN
Dalam penyusunan makalah ini penulis mencoba membuat makalah dengan baik,
namun kami menyadari masih banyak kekurangan dan kekeliruan, agar
semakin lengkap dan sempurnanya, kami menerima saran dan kritik yang membangun
agar menambah ilmu pengetahuan kita dan demi perbaikan ke depannya.
DAFTAR PUSTAKA
Dharmawati,
Made. 2016. Kewirausahaan. Jakarta.
Rajawali Pers.
http://www.Mayoraindah.co.id/profil/visi-dan-misi/
diakses pada Hari Rabu, 1 April 2020 pukul
16.21 WITA
https://salamadian.com/pengertian-contoh-perbedaan-visi-dan-misi/
diakses pada Hari Kamis, 2 April 2020 pukul
21.25 WITA
https://uin-alauddin.ac.id/profil/visi-misi-dan-tujuan
diakses pada Hari Rabu, 1 April 2020 pukul
16.08 WITA
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-perusahaan.html
diakses pada Hari Kamis, 2 April 2020 pukul
21.22 WITA
https://www.ojk.go.id/id/tentang-ojk/Pages/Visi-Misi.aspx diakses pada Hari Rabu, 1 April 2020
pukul 16.28 WITA
Komentar
Posting Komentar