Makalah Analisis Visi dan Misi Perusahaan

TUGAS KEWIRAUSAHAAN
“ ANALISIS VISI DAN MISI PERUSAHAAN”



Oleh Kelompok 9:
90200117012            Kurniah
90200117014            Nurul Asmi Asri
90200117028            Fadhila Sildano
90200117042            Yusril Dinata Kusuma

Dosen Pembimbing:
Rusdi Rapprayoga , SE., MM.

JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
TAHUN 2019/2020
KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan tuags ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “ Analisis Visi dan Misi Kewirausahaan Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan tugas.

Kami menyadari bahwa yang kami susun ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan ke depan.

            Akhir kata, kami sampaikan terima kasih. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.


                                                                                       Makassar, 1 April 2020
                                                                                                                                                            
                                                                                                                                          Penulis










DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………….
i
KATA  PENGANTAR…………………………….……………………….
ii
DAFTAR ISI…………………………………………………………..……
iii
BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang……………………………………………………………...
4
Rumusan Masalah…………………………………………………………..
4
Tujuan Penulisan……………………………………………………………
4
BAB II PEMBAHASAN

Pengertian Wirausaha/Entrepreneur………………………………………...
5
Pengertian Perusahaan………………………………………………………
5
Pengertian Visi dan Misi…………………………………………………….
6
Visi Dan Misi yang Ideal……………………………………………………
6
Contoh Visi Misi yang Ideal………………………………………………...
7
Penilaian Visi dan Misi Perusahaan…………………………………………
9
BAB III PENUTUP

Kesimpulan…………………………………………………………….........
18
Saran……………………………………………………………..................
18
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
            Ketika seseorang ingin memulai usaha, mereka perlu melakukan perencanaan yang matang. Salah satunya adalah dengan menetapkan visi, misi, dan tujuan perusahaan yang akan mereka buat. Ketiganya sangat vital bagi perusahaan karena menjadi batu loncatan agar segala kegiatan ataupun aktivitas yang di jalani berada dalam jalur yang sesuai dengan visi, misi  tujuan yang telah ditetapkan tersebut.
            Dalam penentuan visi misi, disesuaikan dengan kebutuhan. Tak sedikit perusahaan menetapkan visi misi yang kurang ideal. Padahal ada beberapa komponen yang harus di penuhi agar menciptakan visi dan misi yang ideal itu.

RUMUSAN MASALAH
1.     Bagaimana visi dan misi yang ideal?
2.     Bagaimana penilaian terhadap visi dan misi UIN Alauddin Makassar, PT. Mayora Indah, Tbk, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?

TUJUAN PENULISAN
1.     Untuk mengetahui bagaimana visi dan misi yang ideal.
2.     Untuk mengetahui penilaian terhadap visi dan misi UIN Alauddin Makassar, PT. Mayora Indah, Tbk, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


BAB II
PEMBAHASAN

PENGERTIAN WIRAUSAHA/ENTREPRENEUR
            Wirausaha (entrepreneur) atau wiraswastaberasal dari bahasa Sansekerta terdiri atas tiga suku kata “wira”, “swa”, “sta”. Wira berarti manusia unggul, teladan, tangguh, berbudi luhur, berjiwa besar, berani, pahlawan, pionir, pendekar/pejuang kemajuan, memiliki keunggulan watak. Swa berarti sendiri dan Sta berarti berdiri.

            Konsep wirausaha secara lengkap dikemukakan oleh Josep Schumpeter, yaitu sebagai orang yang mendobrak system ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

            Selain itu, definisi kewirausahaan menurut Instruksi Presiden Republik Indonesia (INPRES) No. 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Me-masyarakat-kan dan Membudayakan Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan  kemampuan seseorang dalammenangani usaha dan/atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang baik dan/atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

PENGERTIAN PERUSAHAAN
Menurut Murti Sumarni, definisi perusahaan adalah sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber daya ekonomi untuk memproduksi barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan menyediakan kebutuhan masyarakat dan mendapatkan keuntungan. Menurut Abdul Kadir Muhammad, pengertian perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.

PENGERTIAN VISI DAN MISI
Visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah organisasi, perusahaan atau instansi. Visi merupakan tujuan masa depan sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan. Visi juga adalah pikiran-pikiran yang ada di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran tersebut adalah gambaran tentang masa depan yang ingin dicapai.

Selain itu, visi juga adalah pandangan mengenai arah sebuah manajemen. Mau dibawa ke arah mana manajemen tersebut? Agar bisa membangun kesuksesan, maka perlu ada arah jelas mengenai laju perusahaan atau instansi.

Misi Adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai visi tersebut. Selain itu, misi juga merupakan deskripsi atau tujuan mengapa perusahaan, organisasi atau instansi tersebut berada di tengah-tengah masyarakat.

Misi juga bisa dikatakan sebagai Penjabaran sebuah visi. Jika visi hanya dituliskan dalam satu kalimat saja, maka misi akan dijabarkan dengan beberapa kalimat yang mudah untuk dipahami pembaca atau siapa saja yang melihatnya.

VISI DAN MISI YANG IDEAL
Visi yang ideal adalah yang memenuhi 5 komponen, yaitu :
1.     Singkat
2.     Menarik
3.     Layak
4.     Bermakna
5.     Dapat di ukur

Misi yang ideal menurut Fred R. David adalah yang memenuhi memenuhi 9 komponen, yaitu :
1.     Konsumen
2.     Produk atau jasa
3.     Pasar
4.     Teknologi
5.     Fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan profitabilitas
6.     Filosofi
7.     Konsep diri
8.     Fokus pada citra public
9.     Fokus pada karyawan

CONTOH VISI MISI YANG IDEAL
            Kelompok kami, akan memberikan contoh visi, misi yang ideal selaku perusahaan dalam bidang ekspedisi (jasa pengiriman barang) NAFY Expedition:

NAFY EXPEDITION
VISI
Menjadi perusahaan ekspedisi dengan layanan prima, berkualitas, dan harga kompetitif di Indonesia.
MISI
1.     Melakukan pekerjaan secara professional untuk senantiasa menjadi yang  terbaik. 
2.     Membina sumber daya manusia yang berkompeten, berintegritas tinggi
3.     Menggunakan teknologi berkualitas untuk menciptakan efektif dan efisiensi pekerjaan
4.     Memberikan kepuasan konsumen dengan layanan prima, aman, dan terpercaya

KESIMPULAN
  Visi tersebut telah memenuhi komponen :
1.     Singkat, jelas, dan padat.
2.  Menarik, karena dapat menarik minat konsumen dengan layanan prima yang di tawarkan, juga dengan harga yang kompetitif tersebut.
3.     Layak untuk dipilih konsumen apalagi dengan harga yang kompetitif, dan kualitas yang di junjung.
4.     Bermakna, penting bagi konsumen untuk segera memenuhi kebutuhan maupun keinginannya dengan layanan prima yang di tawarkan.
5.     Dapat di ukur dari segi layanan yang tepat waktu, dan harga yang kompetitif tersebut.

Misi tersebut telah memenuhi komponen :
1.  Konsumen, dimana NAVY Expedition berupaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan hingga terciptanya kepuasan konsumen dengan layanan prima, aman dan terpercaya.
2.     Produk atau jasa yang di tawarkan adalah jasa ekspedisi barang.
3.     Pasar yang dituju NAVY Expedition adalah dalam bidang ekspedisi di Indonesia.
4.  Teknologi yang digunakan untuk membantu pekerjaan ekspedisi tersebut dengan komputerisasi, sehingga informasi dapat dengan mudah tersampaikan kepada pengirim, penerima, dan NAVY Expedition itu sendiri secara otomatis dengan menggunakan akses internet.
5.    Fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan profitabilitas. NAVY Expedition tentu berupaya membina sumber daya manusia yang dimilikinya agar pekerjaan lebih efektif dan efisien  sehingga memenuhi kebutuhan konsumen dan menciptakan kepuasan kosumen tersebut. Tentu akan menjadikan perusahaan ekspedisi ini senantiasa lebih baik, tumbuh, dan mendapatkan profit yang jauh di atas rata-rata.
6.  Filosofi, dengan pelayanan yang diberikan dan tepat waktu dapat membentuk keyakinan bagi perusahaan dan konsumen yang menjadi nilai lebih perusahaan itu.
7.     Konsep diri, bersaing dengan harga kompetitif di Indonesia pada perusahaan sejenis.
8.  Fokus pada citra public, dengan menunjukkan bahwa perusahaan ekspedisi mereke mampu mencapai visi dengan professional.
9.   Fokus pada karyawan, melalui pembinaan sumber daya manusia untuk lebih berkompeten dan berintegritas tinggi.


PENILAIAN VISI DAN MISI PERUSAHAAN
  I.         UIN ALAUDDIN MAKASSAR
VISI
Pusat Pencerahan dan Transformasi Ipteks Berbasis Peradaban Islam.
MISI
Sedangkan misinya adalah untuk:
  1. Menciptakan atmosfir akademik yang representative bagi peningkatan mutu Perguruan Tinggi dan kualitas kehidupan bermasyarakat.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merefleksikan kemampuan integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks).
  3. Mewujudkan universitas yang mandiri, berkarakter, bertatakelola baik, dan berdaya saing menuju universal riset dengan mengembangkan nilai spiritual dan traadisi keilmuan.

RINGKASAN ANALISIS VISI dan  MISI
No
Visi
Komponen Visi
Hasil Analisis
1
2
3
4
5
1
Pusat Pencerahan dan Transformasi Ipteks Berbasis Peradaban Islam.
 
 Visi yang di tetapkan belum memenuhi komponen “dapat di ukur” baik dari segi waktu, harga, atau output”
Keterangan :


: Memenuhi komponen
: Tidak memenuhi komponen


1.     singkat
2.     menarik
3.     layak
4.     bermakna
5.     dapat di ukur





No
Misi
Komponen Misi
Hasil Analisis
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
Menciptakan atmosfir akademik yang representative bagi peningkatan mutu Perguruan Tinggi dan kualitas kehidupan bermasyarakat.
 
 
 
 
 
 
 
1. konsumen
2. produk/jasa
4. teknologi
5. fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profit
7. konsep diri
8. fokus citra publik
2
Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merefleksikan kemampuan integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
1. konsumen
2. produk/jasa
4.teknologi
5.fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profit
6.filosofi
7. konsep diri
8.fokus citra publik
3
Mewujudkan universitas yang mandiri, berkarakter, bertatakelola baik, dan berdaya saing menuju universal riset dengan mengembangkan nilai spiritual dan traadisi keilmuan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
2. produk/jasa
5. fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profit
6. filosofi
7. konsep diri
8. fokus citra publik


Keterangan :
: Memenuhi komponen
: Tidak memenuhi komponen   


1.     konsumen
2.     produk atau jasa
3.     pasar
4.     teknologi
5.     focus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profitabilitas
6.     filosofi
7.     konsep diri
8.     focus pada citra public
9.     focus pada karyawan



KESIMPULAN
UIN Alauddin sebagai lembaga pendidikan yang menjadi pusat pencerahan dan tranformasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memiliki corak islami, sebagai penyelenggara pendidikan,penelitian dan pengabdian masyarakat yang bergerak secara mandiri,dengan mengedepankan Karakter dan pengelolaan yang baik,untuk menghasilkan output yang berdaya saing meskipun belum memenuhi komponen  ke 5 yang dapat diukur dengan jelas.


Visi UIN Alauddin  hanya memenuhi 4 komponen yakni singkat, menarik, layak, bermakna. Pada misi UIN Alauddin hanya memenuhi 7 komponen ideal, dalam hal ini ia tidak memenuhi komponen ke 5 yaitu pasar, dan komponen ke 9 yaitu fokus pada karyawan. Universitas ini lebih condong dan fokus kepada akademik yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman dengan ciri khas Islam.


           II.         PT. MAYORA INDAH,TBK.
VISI
Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
MISI 
1.   Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan. 
2.   Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.

RINGKASAN ANALISIS VISI DAN MISI
No.
Visi
Komponen Visi
Hasil Analisis
1
2
3
4
5
1
Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
Visi Mayora belum memenuhi komponen “singkat” , karena memiliki kalimat yang cukup panjang dan cukup sulit di ingat.
Keterangan :
: Memenuhi komponen
: Tidak memenuhi komponen 


1.     singkat
2.     menarik
3.     layak
4.     bermakna
5.     dapat di ukur



No.
Misi
Komponen Misi
Hasil Analisis
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan. 
 
 
 
 
 
 
 
 
1. konsumen
2. produk/jasa
3.pasar
5.fokus kelangsunga hidup, pertumbuhen, profit
8.  fokus citra publik
2
Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
1. konsumen
2. produk/jasa
3.pasar
5.fokus kelangsunga hidup, pertumbuhen, profit
8.  fokus citra publik
Keterangan :
: Memenuhi komponen
: Tidak memenuhi komponen   


1.     konsumen
2.     produk atau jasa
3.     pasar
4.     teknologi
5.     focus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profitabilitas
6.     filosofi
7.     konsep diri
8.     focus pada citra public
9.     focus pada karyawan



KESIMPULAN :
PT. Mayora Indah, Tbk. Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan berambisi menjadi perusahaan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan ingin menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk yang sejenis,memiliki tujuan untuk memperoleh laba diatas rata-rata dan ingin memberikan kontribusi yang positif terhadap lingkungan sekitarnya.

Visi PT. Mayora Indah hampir memenuhi 5 komponen tersebut, namun visinya tidak dapat dibilang singkat, jadi hanya memenuhi 4 komponen yakni menarik, layak, bermakna, dan dapat di ukur.

Misi tersebut hanya memenuhi 5 komponen antara lain konsumen, produk/jasa, pasar, fokus kelangsunga hidup, pertumbuhen, profit, dan  fokus citra publik. Namun tidak memenuhi komponen teknologi, filosofi, konsep diri, dan fokus pada karyawan.

            III.         OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK)
VISI
Visi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah menjadi lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya, melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, dan mampu mewujudkan industri jasa keuangan menjadi pilar perekonomian nasional yang berdaya saing global serta dapat memajukan kesejahteraan umum.

MISI
Misi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah:
1.  Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;
2.     Mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil;
3.     Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

RINGKASAN ANALISIS VISI DAN MISI
No.
Visi
Komponen Visi
Hasil Analisis
1
2
3
4
5
1
Visi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah menjadi lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya, melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, dan mampu mewujudkan industri jasa keuangan menjadi pilar perekonomian nasional yang berdaya saing global serta dapat memajukan kesejahteraan umum.
 Visi ini tidak memenuhi komponen “singkat” dan “dapat diukur”
Keterangan :                : Memenuhi komponen         : Tidak memenuhi komponen


1.     singkat
2.     menarik
3.     layak
4.     bermakna
5.     dapat di ukur



No.
Misi
Komponen Misi
Hasil Analisis
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel;
 
 
 
 
 
1. konsumen
2. produk/jasa
3. pasar
4. teknologi
5. fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profit
8. fokus citra public
9. fokus karyawan 
2
Mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil;
 
 
 
 
 
 
 
 
2. produk/jasa
3. pasar
4. teknologi
5. fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profit
7. konsep diri
8. fokus citra public
3
Melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat
 
 
 
 
 
 
 
 
 
1. konsumen
2. produk/jasa
3. pasar
5. fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profit
7. konsep diri
8. fokus citra public
Keterangan :
: Memenuhi komponen
: Tidak memenuhi komponen 


1.   konsumen
2.   produk atau jasa
3.   pasar
4.   teknologi
5.   focus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profitabilitas
6.   filosofi
7.   konsep diri
8.   focus pada citra public
9.   focus pada karyawan



KESIMPULAN :
Jadi otoritas jasa keuangan menjadi lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya, melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, dan mampu mewujudkan industri jasa keuangan menjadi dasar perekonomian nasional yang berdaya saing global serta dapat memajukan kesejahteraan umum

   Visi Otoritas Jasa Keuangan tidak memenuhi komponen singkat dan dapat diukur, hanya memenuhi 3 komponen yakni menarik, layak, dan bermakna. Sedangkan misi, telah memenuhi 9 komponen yaitu konsumen, produk atau jasa, pasar, teknologi, focus kelangsungan hidup, pertumbuhan, profitabilitas, filosofi, konsep diri, focus pada citra public, focus pada karyawan.


BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
1.     Jadi, visi misi yang ideal harus memenuhi komponen berikut ini:
Visi yang ideal adalah yang memenuhi 5 komponen, yaitu Singkat, Menarik, Layak, Bermakna, Dapat di ukur

Misi yang ideal menurut Fred R. David adalah yang memenuhi memenuhi 9 komponen, yaitu :
a.     Konsumen
b.     Produk atau jasa
c.     Pasar
d.     Teknologi
e.     Fokus kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan profitabilitas
f.      Filosofi
g.     Konsep diri
h.     Fokus pada citra public
i.      Fokus pada karyawan

2.     Untuk penilaian visi dan misi kelompok kami (kelompok 9) terhadap ketiga perusahaan yakni UIN Alauddin Makassar, PT. Mayora Indah, Tbk., dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghasilkan penilaian yang berbeda. Ada yang memenuhi beberapa komponen saja, ada yang memenuhi semua komponen. Semua didasarkan pada penilaian individu kami yang disimpulkan menjadi penilaian yang telah disajikan dalam makalah ini.

SARAN
Dalam penyusunan makalah ini penulis mencoba membuat makalah dengan baik, namun kami menyadari masih banyak kekurangan  dan kekeliruan, agar semakin lengkap dan sempurnanya, kami menerima saran dan kritik yang membangun agar menambah ilmu pengetahuan kita dan demi perbaikan ke depannya.



DAFTAR PUSTAKA

            Dharmawati, Made. 2016. Kewirausahaan. Jakarta. Rajawali Pers.
http://www.Mayoraindah.co.id/profil/visi-dan-misi/ diakses pada Hari Rabu, 1 April 2020 pukul  16.21 WITA
https://salamadian.com/pengertian-contoh-perbedaan-visi-dan-misi/ diakses pada Hari Kamis, 2 April 2020 pukul  21.25 WITA
https://uin-alauddin.ac.id/profil/visi-misi-dan-tujuan diakses pada Hari Rabu, 1 April 2020 pukul  16.08 WITA
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-perusahaan.html diakses pada Hari Kamis, 2 April 2020 pukul  21.22 WITA
https://www.ojk.go.id/id/tentang-ojk/Pages/Visi-Misi.aspx  diakses pada Hari Rabu, 1 April 2020 pukul  16.28 WITA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Segmentasi, Targeting, Positioning (STP)

Makalah Komunikasi Bisnis

Makalah Teori Biaya Produksi