Makalah Contoh Laporan Studi Kelayakan Bisnis Perusahaan Aspek Pasar dan Pemasaran, Aspek Manajamen, Aspek Teknik dan Teknologi

LAPORAN STUDI KELAYAKAN BISNIS
PT. NAFY GARMENT INDONESIA



Oleh Kelompok 9:
90200117012            Kurniah
90200117014            Nurul Asmi Asri
90200117028            Fadhila Sildano
90200117042            Yusril Dinata Kusuma


Dosen Pembimbing:
Rusdi Rapprayoga , SE., MM.


JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
TAHUN 2019/2020

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan laporan ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “ Laporan Studi Kelayakan Bisnis PT. Nafy Garment Indonesia Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan laporan ini.

Kami menyadari bahwa laporan yang kami susun masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan ke depan.

            Akhir kata, kami sampaikan terima kasih. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.


                                                                                       Makassar, 14 April 2020
                                                                                                                                                            
                                                                                                                                          Penulis


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………….
i
KATA  PENGANTAR…………………………….……………………….
ii
DAFTAR ISI…………………………………………………………..……
iii
BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Pendirian Proyek…………………………………………...
5
Tuuan Pendirian Proyek…………………………………………………….
5
Ruang Lingkup Penyusunan………………………………………………..
6
BAB II ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

Aspek Pasar………………………………………………………………….
7
Bentuk Pasar……………………………………………………………..
7
Permintaan dan Penawaran………………………………………………
7
Aspek Pemasaran……………………………………………………………
7
Segmentasi Pasar…………………………………………………………
7
Target Pemasaran………………………………………………………...
8
Strategi pemasaran…………………………………………………………
8
BAB III ASPEK MANAJEMEN

Landasan Pendirian Proyek………………………………………………….
9
Visi dan Misi………………………………………………………………...
9
Struktur Organisasi………………………………………………………….
12
Tugas dan Tanggung Jawab…………………………………………………...
12
Kebutuhan Tenaga Kerja………………………………………………………
14
Balas Jasa Tenaga Kerja……………………………………………………….
18
BAB IV ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI

Lokasi dan Lahan……………………………………………………………..
19
Luas Produksi………………………………………………………………...
19
Layout Bangunan……………………………………………………………..
19
Desain Produk atau Jasa………………………………………………………
20
Sarana dan Pra sarana…………………………………………………………
21
BAB V PENUTUP

Kesimpulan…………………………………………………………………...
22
Saran…………………………………………………………………………
22
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Pendirian Proyek
Pertumbuhan ekonomi dalam era globalisasi membuat banyaknya bisnis baru yang bermunculan. Perusahaan harus mampu bersaing dengan perusahaan lainnya untuk tetap bertahan dalam bisnis. Sebelum membuka sebuah usaha, perusahaan harus mengetahui bagaimana cara mengelola usaha dengan baik, sehingga perusahaan dapat bertahan dan bersaing serta memperoleh laba yang menguntungkan.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang harus dimiliki oleh  setiap orang untuk dapat hidup di dalam masyarakat. Secara umum, kebutuhan  primer dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sandang, pangan, dan pap an. Contoh sandang adalah pakaian yang dipakai sehari-hari, pangan adalah makanan yang dimakan sehari-hari agar bisa melakukan aktivitas, dan papan adalah tempat orang tinggal. Sandang atau pakaian merupakan kebutuhan primer yang sangat  penting pada kehidupan sehari-hari karena dipakai dari mulai beraktivitas sampai  berakhirnya aktivitas itu sendiri. Selain itu, pakaian juga berguna untuk melindungi diri pemakai dari cuaca serta berguna untuk mempercantik diri. Tidak diragukan lagi bahwa pakaian sangat dicari oleh orang-orang untuk mempercantik diri mereka. Semua orang di dunia ini memakai pakaian sesuai selera agar enak dilihat dan dianggap stylish oleh orang yang melihatnya.

Tujuan Pendirian Proyek
PT. Nafy Garment Indonesia hadir untuk memenuhi kebutuhan sandang masyarakat Indonesia serta berkontribusi dalam memajukan perekonomian  dan meningkatkan pertumbuhan negeri menjadi lebih baik.
  
Ruang Lingkup Penyusunan
            Ruang lingkup penyusunan studi kelayakan bisnis ini adalah dari segi :
1.     Aspek Pasar dan Pemasaran
2.     Aspek Manajemen
3.     Aspek Teknik dan Teknologi

BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

Aspek Pasar
1.     Bentuk Pasar
            Bentuk pasar perusahaan ini adalah pasar persaingan. Konsumen dapat membeli, memesan produk melalui distributor resmi perusahaan.

2.     Permintaan dan Penawaran
          Permintaan dan penawaran saat ini dikumpulkan dari catatan ststistik, sedangkan untuk masa yang akan datang perlu diadakan peramalan dengan menggunakan variable yang didasarkan pada informasi saat ini. Penawaran yang dilakukan adalah diutamakan dalam negeri, dan tidak menutup kemungkinan ke depan PT. Nafy Garment Indonesia akan melakukan ekspor ke luar negeri.

Aspek Pemasaran
1.     Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian kelompok konsumen / pembeli dengan kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda dalam pasar tertentu, sehingga nantinya menjadi unit pasar yang homogen dan dicari pasar dengan strategi bauran pemasarannya sendiri.
Segmentasi pasar adalah strategi perusahaan untuk mengidentifikasi minat dan kebutuhan konsumen dalam suatu pasar, yang kemudian menghasilkan produk baru (diversifikasi produk) yang memenuhi minat dan kebutuhan konsumen tersebut. Dengan kata lain, Pasar yang setelah segmentasi hanya mencakup satu dan beberapa pasar homogen.
Segmen pasar PT. Nafy Garment Indonesia dari segi geografisnya adalah pasar di wilayah Indonesia, baik perkotaan maupun pinggiran kota. Secara demografis menargetkan semua jenis kelamin dan kategori usia tertentu seperti remaja dan dewasa. Secara psikologis, produk kaos PT. Nafy Garment Indonesia menargetkan untuk kelas sosial menengah ke bawah.
2.     Target Pemasaran
Target pemasaran dari produk kaos ini adalah untuk masyarakat di Indonesia dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam kategori usia remaja akhir (18-25 tahun) dan dewasa awal (26-35 tahun).

3.     Strategi pemasaran
Strategi Pemasaran PT. Nafy Garment Indonesia adalah melalui distributor resmi perusahaan (secara luring/offline). Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberi dampak yang signifikan terhadap kemajuan ekonomi di Indonesia. Masyarakat sudah memulai melakukan perniagaan secara online (daring).

PT. Nafy Garment Indonesia pun juga melakukan pemasaran daring/online via website resmi perusahaan. Strategi lainnya yakni memberikan beberapa varian produk sehingga tidak monoton dan konsumen memiliki berbagai pilihan untuk mengambil keputusan.

BAB III
ASPEK MANAJEMEN

Landasan Pendirian Proyek
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ. تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ. يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan-Nya dengan harta dan jiwamu, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahuinya. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di surga ‘Adn. Itulah keberuntungan yang besar.” (QS. ash-Shaff: 10-12).

            Dari Al-Miqdam radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا قَطُّ خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ ، وَإِنَّ نَبِىَّ اللَّهِ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – كَانَ يَأْكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ
            “Tidaklah seseorang mengkonsumsi makanan yang lebih baik dari makanan yang dihasilkan dari jerih payah tangannya sendiri. Dan sesungguhnya nabi Daud ‘alaihissalam dahulu senantiasa makan dari jerih payahnya sendiri.” (HR. Bukhari, Kitab al-Buyu’, Bab Kasbir Rojuli wa ‘Amalihi Biyadihi II/730 no.2072).

            Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
التاجر الصدوق الأمين مع النبيين والصديقين والشهداء
            “Pedagang yang senantiasa jujur lagi amanah akan bersama para nabi, orang-orang yang selalu jujur dan orang-orang yang mati syahid.” (HR. Tirmidzi, Kitab Al-Buyu’ Bab Ma Ja-a Fit Tijaroti no. 1130)

            Dari Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
إن أطيب الكسب كسب التجار الذي إذا حدثوا لم يكذبوا و إذا ائتمنوا لم يخونوا و إذا وعدوا لم يخلفوا و إذا اشتروا لم يذموا و إذا باعوا لم يطروا و إذا كان عليهم لم يمطلوا و إذا كان لهم لم يعسروا).
            “Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak bohong, apabila diberi amanah tidak khianat, apabila berjanji tidak mengingkarinya, apabila membeli tidak mencela, apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), apabila berhutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi di dalam Syu’abul Iman, Bab Hifzhu Al-Lisan IV/221).

1.     Izin Usaha Industri (IUI) adalah izin operasional yang diberikan kepada setiap orang atau badan untuk melakukan kegiatan usaha bidang Industri yang mengolah suatu bahan baku menjadi suatu produk dengan komposisi dan spesifikasi baru.     Menurut Peraturan Pemerintah No.107/2015, IUI wajib bagi setiap pelaku usaha industri dan diklasifikasikan menurut skala usaha (yakni IUI Kecil, IUI Menengah dan IUI Besar). Namun demikian, masih terdapat usaha industri skala rumah tangga dan/atau yang tidak menghasilkan limbah berbahaya bagi lingkungan belum memiliki izin ini. Untuk memperbesar skala tempat produksi, IUI menjadi suatu keharusan dan kebutuhan dalam memenuhi kelengkapan administrasi yang sering dipersyaratkan dalam berbagai kerjasama bisnis (baik terkait penggalangan tambahan modal, kontrak pembelian bahan baku, kontrak penjualan produk, uji kualitas, dsb).

2.     Undang-undang Perindustrian, dalam Pasal 1 angka 2 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian (UU Perindustrian) dijelaskan bahwa industri adalah seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan/atau memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi, termasuk jasa industri. Pasal 2 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 107 Tahun 2015 tentang Izin Usaha Industri (PP 107/2015) mewajibkan setiap kegiatan industri untuk memiliki Izin Usaha Industri (IUI). Yang dimaksud dengan kegiatan industri itu sendiri pada Pasal 2 ayat (2) PP 107/2015 adalah kegiatan mengolah bahan baku dan/atau memanfaatkan sumber daya industri untuk menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi dan/atau menyediakan jasa industri. Sedangkan Pasal 2 ayat (3) PP 107/2015 mengklasifikasikan kegiatan industri menjadi 3 jenis, yaitu Industri kecil; Industri menengah; dan Industri besar.

3.     SIUP-Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 07/M-DAG/PER/2/2017 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 Tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (“Permendag 07/2017”) Surat Izin Usaha Perdagangan (“SIUP”) adalah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan, yang selanjutnya disebut SIUP. Kewajiban memiliki SIUP bagi setiap perusahaan perdagangan disebutkan dalam Pasal 2 ayat (1) Permendag 46/2009

4.     SITU-Menurut Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor: 46/-DAG/PER/9 tentang penerbitan Izin Usaha menurut Surat Izin Tempat Usaha “SITU” ialah surat untuk memperoleh ijin sebuah usaha di sebuah lokasi dengan maksud agar tidak menimbulkan adanya gagasan atau kerugian kepada pihak-pihak tertentu.

5.     AMDAL-Pasal 36 ayat (1) Undang Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH) menyebutkan bahwa "Setiap usaha dan/atau kegiatan yang wajib memiliki amdal atau UKL-UPL wajib memiliki izin lingkungan".

Visi dan Misi
VISI PT. Nafy Garment Indonesia
Menjadi industri garmen di Indonesia yang memenuhi kebutuhan konsumen, memberi harga yang kompetitif dan produk berkualitas.

MISI PT. Nafy Garment Indonesia
1.     Melakukan pekerjaan dengan professional, terbaik dan terpercaya.
2.     Senantiasa melakukan pengelolaan dan pembinaan sumber daya dengan baik berintergritas tinggi, dan kompeten.
3.     Menggunakan teknologi berkualitas untuk menciptakan efektifitas dan efisiensi pekerjaan.

Struktur Organisasi
Struktur organisasi diperlukan untuk membedakan batas-batas wewenang dan tanggungjawab secara sistematis yang menunjukan hubungan keterkaitan antara setiap bagian untuk  mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi tercapainya suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur seluruh aktifitas maupun kegiatan bisnis tersebut.

Pengaturan  ini dihubungkan dengan pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya, wadah tersebut disusun dalam struktur organisasi dalam bisnis. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja dapat diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai.

            Struktur organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan. Oleh karenanya setiap perusahaan ataupun suatu usaha akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan dan jenis perusahaannya.

Struktur Organisasi PT. Nafy Garment Indonesia



Tugas dan Tanggung Jawab
Posisi/Jabatan                         : Kepala Ruangan / Production Supervisor
1.     Menerima Intruksi kerja dari bagian perencana produksi
2.     Standar waktu yang dibutuhkan untuk pengelesaian order/style disesuaikan dengan keadaan ruangan.
3.     Tetapkan waktu mulai berjalannya produksi dan waktu selesainya order dikerjakan.
4.     Pertimbangkan di line mana order akan dijalankan sesuai dengan sumber daya.
5.     Rencanakan pemaiakain jam kerja yang akan digunakan disesuaikan dengan sumber daya.
6.     Lakukan PP meeting (Pre Produsction Meeting); rapat sebelum produksi mulai berjalan.
7.     Guna menghindari konflik, diskusikan dengan setiap Kepala Line pengaturan tersebut.
8.     Periksa/konfirmasi ke kepala line kesiapan sumber daya (operator dan mesin) di line.
9.     Awasi (kontrol) line produksi dan order-order yang sedang berjalan.
10.  Evaluasi pendapatan hasil produksi ruangan, sesuaikan dengan rencana produksi ruangan.
11.  Jika terjadi penyimpangan dalam pencapaian hasil produksi, segera informasikan kepada kepala line yang bersangkutan.
12.  Lakukan pengawasan (kontrol) terhadap bahan mentah/garment dan aksesoris yang datang ke line yang bersangkutan.
13.  Jika terjadi penyimpangan-penyimpangan, segera lakukan penyesuaian dengan ruangan.
14.  Buat shipment planning (rencana kirim) mingguan.
15.  Lakukan hubungan komunikasi langsung dengan personil di luar lingkungan ruangan.
16.  Lakukan pengawasan terhadap kebersihan dan ketertiban ruangan.

Posisi/Jabatan                                     : Kepala Line Jahit/ Production Foreman
Bertanggung jawab kepada      : Kepala Ruangan jahit
1.     Pelajari Order Produksi (OP) dari kepala ruangan. Pelajari mengenai urutan proses dan keterangan prosesnya.
2.     Atur mesin dari awal sampai akhir. Bila terjadi kekurangan mesin segera komunikasikan dengan Kepala Ruangan.
3.     Atur operator untuk mengerjakan tiap-tiap proses dan sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.
4.     Periksa kesiapan mesin yang akan digunakan sesuai dengan prosesnya, perhatikan:
1. Jenis mesin
2. Kondisi mesin; siap pakai atau perlu diservice ulang
3. Jumlah mesin

5.     Periksa kesiapan bahan baku dan aksesoris untuk order yang akan jalan.
6.     Buat 1 buah garment untuk ACC 1 (ACC : bahasa garment untuk diperiksa dan disetujui) sesuai contoh dari buyer (buyer : bahasa garment untuk pembeli). Kirimkan garment tersebut ke bagian Quality Control (QC) untuk diperiksa, yang perlu ditanyakan kemudian adalah:
a.     Apakah garment tersebut sesuai dengan permintaan Buyer.
b.     Bila disetujui (ACC) mintalah bukti ACC dari petugas QC.
c.     Bila tidak disetujui, mintalah penjelasan penyebabnya beserta buktinya dan saran untuk perbaikan.

7.     Informasikan komentar-komentar dari QC kepada operator, agar kesalahan tidak terulang ketika mengerjakan partai besar.
8.     Pastikan kembali cara kerja membuat garment sudah dimengerti atau belum oleh operator dan apakah cara kerjanya sudah benar atau belum.
9.     Pantau dan awasi kerja setiap operator, jika ditemukan kesulitan atau penyimpangan segera perbaiki dan beri contoh pengerjaan yang benar.
10.  Pada saat partai besar sudah dikerjakan, siapkan 3 buah garment dan serahkan kepada bagian QC untuk diperiksa (ACC-2). Mintalah laporan mengenai hasil pemeriksaan dan informasikan keterangan tersebut kepada operator jahit. Untuk menghindari kesalahan yang sama pada pengerjaan selanjutnya.
11.  Evaluasi target setiap 2 jam, bila ditemukan ada yang tidak mencapai target, maka lakukan;
a.     Tanyakan kesulitan operator, ditempat kerjanya.
b.     Perhatikan cara kerjanya apakah sudah sesuai dengan yang diajarkan.
c.     Berikan kemnali contoh cara kerja yang benar bila perlu.
d.     Pastikan suplai barang lancar,.
12.  Memberikan laporan kepada Kepala Ruangan

Posisi/Jabatan                                     : Operator Jahit / Production Operator
Bertanggung jawab kepada      : Atasannya masing-masing
1.     Lakukan pengecekkan sebelum mulai bekerja, terhadap hal-hal berikut:
a.     Bersihkan mesin agar bersih dari debu dan minyak, mesin siap pakai atau tidak rusak, pengaman jarum dan kaca pengaman mata dalam keadaan terpasang.
b.     Siapkan alat-alat/perlengkapan jahit seperti meteran yang sudah dikalibrasi, gunting, sekoci, pinset, jarum jahit yang sesuai dengan jenis kain yang akan dikerjakan.

2.     Untuk memulai menjahit, perlu diperhatikan hal-hal berikut:
a.     Lakukan pekerjaan sesuai dengan prosedur kerja yang terdapat dalam Order Produksi.
b.     Capai target per-proses per-jam sesuai dengan standar yang ditetapkan.
c.     Sesuaikan hasil jahitan dengan sampel dari buyer
d.     Potong benang sisa hasil jahitan, tidak boleh panjang dan harus bersih.

3.   Laporkan kepada Kepala Line mengenai kesulitan yang ditemui, seperti:
a.     Bila ada masalah pada saat mulai pekerjaan
b.     Bila terjadi kerusakan mesin yang terjadi pada saat proses jahit
c.     Bila hasil potong yang dijahit sedah habis atau menunggu proses selanjutnya
d.     Bila ditemukan kesulitan pada proses jahit.

4.   Perhatikan hal-hal berikut:
a.     Kerapihan dan kebersihan lingkungan kerja, menyapu secara berkala.
b.     Bila meninggalkan mesin, mesin harus dalam keadaan mati (tidak tersambung listrik).
c.     Dilarang mengubah, setelan mesin/memperbaiki mesin tanpa ijin dari atasan/montir (maintenance)
d.     Dilarang merubah susunan mesin/menukarnya tanpa ijin dari atasan.
e.     Dilarang merubah model jahitan.
f.      Dilarang menjahit bahan/melakukan pekerjaan yang bukan ditugaskan oleh atasan.
g.     Penukaran jarum yang patah harus disertai dengan semua bagian jarum yang patahnya dan sesuai dengan tipe ukuran jarum.
h.     Hasil jahitan harus disimpan dengan rapi dan terikat dalam bundel.
i.      Simpan segala sesuatu pada tempatnya.
j.      Berikan perlakuan khusus untuk garment dengan warna terang seperti putih, untuk menghindari banyaknya garment yang kotor.



Kebutuhan Tenaga Kerja
            Tenaga kerja membutuhkan kompetensi, khususnya keahlian dalam bidang ini seperti keahlian dalam mengoperasikan mesin, menjahit, mengobras, keahlian memotong, mengukur, dan lainnya, Selain balas jasa, tenaga kerja membutuhkan pembinaan melalui pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mereka agar bekerja secara efektif dan efisien. Tenaga kerja juga memerlukan sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk bekerja.

Balas Jasa Tenaga Kerja
            Tenaga kerja akan mendapatkan gaji, atau upah mingguan, asuransi kesehatan, bonus (bila melakukan kerja lembur atau melebihi standar target produksi)

BAB IV
ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI

Lokasi dan Lahan
JL Kima, Bira, Tamalanrea, Kawasan Industri Makassar, Kavling FF, No. 2, Bira, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 9024

Luas Produksi
            Penentuan luas produksi adalah berkaitan dengan berapa jumlah produksi yang di hasilkan dalam waktu tertentu dengan mempertimbangkan kapasitas teknis dan peralatan yang dimiliki serta biaya yang paling efisien.
Secara umum luas produksi ekonomis di tentukan antara lain oleh :
1.     Kecenderungan permintaan yang akan datang
2.     Kemungkinan pengadaan bahan baku, bahan pembantu, tenaga kerja dan lain-lain
3.     Daur hidup produksi dan produksi subtitusi dari produk tersebut
            PT. Nafy Garment Indonesia menargetkan luas produksi 1000-3000 lembar kaos per hari.

Layout Bangunan




Desain Produk atau Jasa
            Desain produk kaos PT. Nafy Garment Indonesia adalah polos atau bermotif yang memiliki varian lengan panjang atau lengan pendek, memiliki model round neck atau  v neck, memiliki berbagai varian warna mulai dari warna primer seperti merah, kuning, biru.

Sarana dan Pra sarana
            Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sarana lebih ditujukan untuk benda-bend atau peralatan bergerak. Dalam perusahaan ini misalnya mesin jahit, kain, benang, jarum, gunting, meteran, kertas pola, meja potong, mesin potong, meja stream, overdeck, komputer, mesin obras.

            Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Pada perusahaan PT. Nafy Garment Indonesia yang menjadi prasarana antara lain gedung, ruangan khusus, gudang, listrik, lahan, dan lainnya.

BAB V
PENUTUP

Kesimpulan
            Suatu bisnis perlu pengkajian dan melaksanakan studi kelayakan bisnis karena hendaknya suatu bisnis yang direncanakan memberikan manfaat positif bagi pihak lain dan mengukur suatu bisnis apakah bisnis layak untuk didirikan atau tidak untuk jangka panjang. Tentunya studi kelayakan bisnis ini dilakukan demi kelangsungan usaha suatu perusahaan.

            Namun, pendirian suatu Perusahaan bukan berarti hanya berfokus kepada sekedar mencari keuntungan, itulah tujuan adanya studi kelayakan bisnis, khususnya agar suatu Perusahaan atau organisasi dapat memenuhi beberapa aspek khusus yaitu Aspek Pasar dan Pemasaran, Aspek Teknik, Aspek Produksi, Aspek Manajemen dan SDM, Aspek Ekonomi, Aspek Sosial, dan Aspek Politik, Aspek Hukum, Aspek Lingkungan Hidup, dan Aspek Keuangan.

            Sehingga setelah perusahaan PT. Nafy Garment Indonesia ini telah di analisis terkait dengan studi kelayakan bisnis dari segi aspek pasar pemasaran, aspek manajemen, dan aspek teknik dan teknologi sudah dapat dikatakan baik.

Saran
            Dalam menjalankan bisnis garmen kita harus memahami terlebih dahulu ilmu mengenai bisnis itu sendiri Agar tenaga kerja tidak jenuh sebaiknya ditambahkan fasilitas lainnya yang mendukung peningkatan produktivitas kerja. Perusahaan tentu juga harus percaya dan yakin bahwa usaha ini dapat berjalan dengan baik dan senantiasa kritik dan saran dari orang lain, tidak mudah putus asa, memiliki kualitas baik. Dan seharusnya diberi penilaian tentang aspek lain seperti keuangan, lingkungan, hukum, dan lainnya agar lebih kompleks.


DAFTAR PUSTAKA

            Rionaldi, Alex, Abu: 2014. Usulan Perancangan Tata Letak Fasilitas Perusahaan Garmen CV. X dengan Menggunakan Metode Konvensional. Bandung. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional.

            http://feasibilitystudygroup5.blogspot.com/2016/12/analisis-studi-kelayakan-bisnis-pada.html diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 15.49 WITA.
            http://hannastefi.blogspot.com/2016/05/makalah-aspek-teknis-dan-operasi-dalam.html diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul17.58 WITA.

            http://saminolani.blogspot.com/2017/02/proposal-pendirian-perusahaan-konveksi.html diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 16.33 WITA.

            https://abufawaz.wordpress.com/2012/04/10/hadits-hadits-shohih-tentang-keutamaan-perniagaan-dan-pengusaha-muslim/ diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 18.25 WITA.
            https://adalah.co.id/segmentasi/ diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 16.17 WITA.

            https://areaperbedaan.blogspot.com/2015/01/perbedaan-sarana-dan-prasarana.html diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 18.10 WITA.

            https://carajadikaya.com/contoh-strategi-pemasaran/ diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 16.20 WITA.

            https://docplayer.info/47911751-Studi-kelayakan-bisnis-konveksi-kaos-di-kota-bandung-skripsi.html diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 15.52 WITA.

            https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/517/jbptunikompp-gdl-irmayunita-25844-2-unikom_i-2.pdf diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 17.00 WITA.

            https://pengusahamuslim.com/2053-perniagaan-yang-tidak-akan-merugi.html diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 18.20 WITA.

            https://www.temukanpengertian.com/2016/01/pengertian-perencanaan-tata-letak-pabrik.html diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul17.55 WITA.


            https://yhantiaritra.wordpress.com/2015/06/03/kategori-umur-menurut-depkes/ diakses pada Hari Selasa, 14 April 2020 pukul 16.14 WITA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Segmentasi, Targeting, Positioning (STP)

Makalah Komunikasi Bisnis

Makalah Teori Biaya Produksi